Cara Cek HP OPPO Bekas yang Mudah

119
Cara Cek HP OPPO Bekas
Cara Cek HP OPPO Bekas

Cara Cek HP OPPO Bekas – HP OPPO merupakan satu di antar banyaknya merek atau brand HP lain yang ada di Indonesia. HP OPPO terkenal dengan inovasinya yang tiada batas, yang mana ini menjadi salah satu daya tariknya bagi banyak pecinta smartphone android di Indonesia. Selain itu, harga dari HP OPPO ini bisa dibilang cukup terjangkau untuk beberapa serinya. Meskipun beberapa seri HP OPPO lainnya ditawarkan dengan harga lumayan tinggi karena menyesuaikan dengan spesifikasi yang diusungnya. Sementara untuk soal kualitas dari HP OPPO tidak perlu diragukan lagi, di mana HP OPPO ini mampu melibas berbagai aktivitas berat dengan mudah.

Cara Cek HP OPPO Bekas
Cara Cek HP OPPO Bekas

Meskipun ditawarkan dengan harga yang terjangkau, namun tidak jarang orang-orang lebih memilih untuk membeli HP OPPO dalam kondisi bekas. Salah satunya adalah untuk lebih menghemat isi kantong, yang mana meskipun bekas namun kualitas HP OPPO masih cukup terjamin. HP OPPO second memang cukup mudah ditemukan di pasaran, baik di toko offline, toko online ataupun di media sosial. Kita bisa mencari tipe HP OPPO sesuai keinginan dan melakukan pembelian melalui metode yang diberikan oleh penjual. Lebih aman lagi membeli HP OPPO bekas ini dengan bertemu secara langsung atau mengunjungi tokonya. Dengan begitu kamu bisa lebih bebas dan pusa untuk melakukan pengecekan pada HP OPPO yang ingin dibeli tersebut.

Baca Juga:

Membeli HP OPPO dalam kondisi bekas atau sudah dipakai, sebaiknya kamu perlu melakukan pengecekan lebih mendalam dan teliti. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa mendapatkan HP OPPO dengan kualitas yang bagus dan normal. Terkadang memang pengguna menjual HP-nya dikarenakan ada kerusakan atau kinerja yang tidak normal. Sayangnya, masih banyak pengguna yang belum tahu cara cek HP OPPO bekas tersebut. Alhasil kebanyakan dari mereka tertipu dan mendapati masalah tertentu pada HP OPPO yang baru dibelinya. Informasi selengkapnya mengenai pengecekan HP OPPO second bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Cek HP OPPO Bekas yang Mudah

Cara Mengetahui Kondisi HP OPPO Bekas
Cara Mengetahui Kondisi HP OPPO Bekas

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi dari HP OPPO bekas yang ingin dibeli, apakah masih normal atau memang ada kerusakan. Hal ini penting untuk dilakukan sehingga kamu bisa mendapat HP dengan kondisi bagus. Adapun cara cek HP OPPO bekas yang mudah dan praktis untuk pemula selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Menggunakan Kode Dial

Cara yang pertama ini kita akan menggunakan kode rahasia untuk melakukan pengecekan pada kondisi komponen pada HP OPPO yang ingin dibeli. Dengan kode ini kita bisa mengakses berbagai fitur pengecekan yang disediakan di HP OPPO. Mulai dari mengecek kondisi layar, sensor, baterai, speaker, microphone dan lain sebagainya.

Untuk langkah-langkah mengecek kondisi HP OPPO bekas menggunakan kode dial tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di HP OPPO.
  2. Kemudian klik pada tap Keypad.
  3. Lalu ketik kode rahasia *#800# maka akan secara otomatis akan muncul halaman baru di HP yang dinamakan Engineer Mode.
  4. Di sana akan ditampilkan beberapa menu untuk mengetes fungsi komponen yang ada di HP OPPO. Kamu tes satu per satu untuk mengetahui kondisi dari masing-masing komponen tersebut.
  5. Selesai.

Disediakan beberapa menu tes komponen yang disediakan di halaman Engineer Mode di HP OPPO ini, di antaranya:

  • Bluetooth Test: Menu yang fungsinya untuk mengecek fungsi bluetooth, apakah bisa digunakan mengirim atau menerima file.
  • Camera Test: Menu untuk mengecek fungsi kamera, apakah dapat memotret dan merekam dengan baik atau sebaliknya.
  • Receiver Test: Menu untuk mengetes bunyi notifikasi pada HP OPPO. Kamu bisa mendengarkan bunyinya tersebut, apakah masih jernih atau sebaliknya.
  • SIM Card Test: Menu untuk mengecek kondisi slot SIM Card pada HP OPPO.
  • FM Test: Menu untuk mengecek kondisi pemancar gelombang radio, apakah dapat menangkap sinyal radio dengan baik atau sebaliknya.
  • Speaker Test: Menu untuk mengetes suara speaker dari HP OPPO.
  • Vibration Test: Menu untuk mengecek fungsi getar pada HP OPPO.
  • Wifi Test: Menu yang fungsinya untuk menguji fitur Wifi di HP, apakah bisa mendeteksi sinyal Wifi dengan baik atau tidak.
  • LCD Test: Menu untuk mengecek kondisi layar LCD, apakah dapat menampilkan warna yang akurat atau sebaliknya.
  • GPS Test: Menu untuk menguji kemampuan sinyal GPS dalam mendeteksi lokasi perangkat.
  • Battery Test: Menu untuk mengecek kondisi baterai, apakah dalam kondisi sehat atau sebaliknya.

Kamu bisa menguji satu per satu menu pengetesan yang disediakan di atas untuk memastikan fungsi dari HP OPPO masih dalam keadaan normal atau memang bermasalah.

2. Cek Keaslian HP OPPO

Selain mengecek kondisi dan fungsi dari setiap komponen di HP, tidak kalah penting juga untuk kamu mengecek keaslian dari HP OPPO. Jangan sampai saat sudah membelinya, ternyata HP OPPO tersebut merupakan HP KW atau palsu. Kalau pun HP OPPO yang dibeli tersebut asli, bisa jadi merupakan produk BM atau ilegal.

Untuk mengetahui apakah HP OPPO asli atau palsu (Black Market) yakni dengan mengecek IMEI-nya di situs resmi Cek IMEI Kemenperin. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di HP OPPO.
  2. Kemudian klik pada tab Keypad.
  3. Lalu ketik kode dial *#06# maka di layar akan muncul halaman pop up yang berisi informasi IMEI dari HP OPPO milikmu. Jika di HP OPPO tersebut memiliki 2 slot kartu SIM, maka IMEI yang muncul ada 2 yakni IMEI SIM1 dan IMEI SIM2.
  4. Sekarang kamu ketik atau salin salah satu nomor IMEI tersebut.
  5. Kalau sudah, selanjutnya kamu kunjungi situs Cek IMEI Kemenperin.
  6. Kemudian Anda masukkan Nomor IMEI HP OPPO tadi di bagian kolom yang disediakan. Jika sudah, selanjutnya klik Cek IMEI dan hasilnya akan muncul di sana.
  7. Selesai.

Jika memang Nomor IMEI HP OPPO yang dicek tadi sudah terdaftar di database pemerintah, biasanya akan muncul tulisan “Nomor IMEI Sudah Terdaftar di Database Kemenperin”. Ini menandakan kalau HP OPPO tersebut asli dan resmi, buka produk palsu, BM atau ilegal.

3. Cek Garansi HP OPPO

Yang juga harus diperiksa saat ingin membeli HP OPPO yakni soal masa garansinya. Apakah masa garansi untuk HP OPPO tersebut masih berlaku atau sudah habis. Untuk cara mengecek masa garansi HP OPPO tersebut, yakni:

  1. Pertama siapkan nomor IMEI HP OPPO yang ingin dicek. Caranya ketik kode *#06# di menu Panggilan.
  2. Setelah itu buka browser di HP OPPO.
  3. Kemudian kunjungi halaman Cek Garansi OPPO.
  4. Pada situs tersebut kamu masukkan nomor IMEI OPPO tadi pada kolom yang disediakan.
  5. Kemudian klik tombol Cek Sekarang.
  6. Nantinya akan ditampilkan informasi mengenai masa garansi HP OPPO tersebut.
  7. Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek HP OPPO bekas yang mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Melihat Teman Aktif di MiChat Android
Artikel Selanjutnya7 Aplikasi Sadap Kamera Android Terbukti Ampuh
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini