Cara Cek HP Asus Zenfone Asli atau Palsu yang Akurat

Cara Cek HP Asus Zenfone Asli atau Palsu – Asus menjadi salah satu brand ternama yang juga menghadirkan banyak seri smartphone yang bertajuk Asus Zenfone. Produk Hp android dari Asus terkenal dengan spesifikasinya yang mumpuni dengan kinerja maksimal saat digunakan untuk berbagai kegiatan. Selain itu, harga banderol HP Asus Zenfone juga cukup kompetitif dengan HP dari brand lainnya.

Cara Cek HP Asus Zenfone Asli atau Palsu

Karena hal inilah, tidak heran setiap produk smartphone dari Asus selalu laku keras di pasar Indonesia. Akan tetapi, populernya HP Asus Zenfone di kalangan pengguna justru dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab dengan menghadirkan HP android versi KW atau replika. Sama seperti HP brand lainnya, seri HP Asus Zenfone juga banyak yang ditiru.

Baca Juga:

Kondisi ini cukup membuat banyak orang khawatir ketika akan membeli sebuah smartphone, khususnya Asus Zenfone. Agar tidak tertipu membeli HP KW atau palsu, sebaiknya ketahui dulu cara cek HP Asus Zenfone asli atau palsu.Untuk lebih jelasnya mengenai cara tersebut, bisa disimak di bawah ini.

Cara Cek HP Asus Zenfone Asli atau Palsu yang Akurat

Cara Cek HP Asus Asli atau Palsu

Bagi sebagian orang mungkin akan cukup mudah mengetahui apakah HP android asli atau pun palsu. Tetapi, bagi pengguna awam pasti akan terkecoh akan hal ini. kebanyakan dari mereka tidak tahu sama sekali perbedaan HP Asus Zenfone asli dan palsu tersebut. Karena itulah, supaya lebih tahu banyak tentang hal tersebut, berikut ini cara cek HP Asus Zenfone Asli atau palsu selengkapnya.

1. Mengecek Fisik HP Asus Zenfone

Cara cek HP Asus Zenfone asli atau palsu paling akurat yang pertama adalah dengan mengecek kondisi fisik smartphone. Lebih gampang lagi dengan membandingkan HP Asus Zenfone yang benar-benar asli dengan HP Asus yang baru atau akan kamu beli. Pada fisik kedua smartphone tersebut pasti akan tampak beberapa perbedaan, seperti pada bagian tombol, layar, hingga material bodi HP.

Pada HP Asus Zenfone asli sudah dilakukan cek fisik secara ketat dan menggunakan alat-alaat canggih sehingga bodinya dan tombol-tombolnya sangat persisi. Beda dengan HP Asus Zenfone replika, umumnya bodinya kurang persisi dan tombolnya pun tidak terpasang dengan tepat.

2. Cek Melalui IMEI HP Asus

Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing dengan nomor IMEI. Ya, IMEI merupakan sekumpulan nomor unik yang berisi tentang informasi dari HP android itu sendiri. Nomor IMEI  setiap smartphone berbeda-beda, jadi mustahil untuk dipalsukan. Nomor IMEI diciptakan guna untuk meminimalkan distribusi HP replika atau HP ilegal. Bahkan beberapa waktu lalu pemerintah menetapkan peraturan bahwa HP yang nomor IMEI-nya tidak terdaftar akan diblokir sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Untuk mengetahui nomor IMEI HP Asus Zonfone sangat mudah, bisa dilihat di kotak dus HP, di bagian belakang baterai, atau juga dengan cara ketik dial *#06# di menu panggilan. Setelah mengetahui nomor IMEI HP, selanjutnya lakukan cek di situs resmi untuk cek IMEI HP di alamat ini.

Pastikan nomor IMEI terdeteksi dan menampilkan informasi seputar HP Asus yang kamu miliki. Jika tidak, maka berarti HP tersebut palsu. Selain cara ini, cara mudah lain untuk menentukan HP Asus Zenfone asli atau palsu adalah dengan mencocokkan nomor IMEI yang dicek melalui dial (*#06#) dengan nomor IMEI yang tertera di dus HP. Jika berbeda, bisa dipastikan HP tersebut palsu atau replika, bisa juga HP ilegal.

3. Cek dengan Kode Rahasia Asus Zenfone

Car cek HP Asus Zenfone asli atau palsu berikutnya adalah dengan menggunakan kode rahasia. Sama seperti HP lainnya, HP Asus juga memiliki kode rahasia untuk melakukan pengecekan kondisi fisik maupun software HP. Salah kode rahasia tersebut adalah .12345+=, ketikkan kode tersebut di menu dial.

Jika saat diketikkan kode tersebut muncul menu tes di layar HP, maka berarti HP tersebut benar-benar asli. Kode tersebut memang diciptakan khusus untuk melakukan tes pada komponen HP, mulai dari WIFi BUS_Test, Touch Testm Battery Test, Vibrator_Test, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kode ini biasanya digunakan seseorang ketika akan membeli HP Asus Zenfone bekas untuk mengetahui kondisi HP tersebut.

4. Melihat Garansi HP

Asus juga memberikan garansi resmi selama satu tahun untuk setiap produk HP yang dikeluarkannya. Karena itu, jika saat akan membeli HP Asus Zenfone baru dan justru hanya diberikan garansi toko yang di bawah satu tahun, maka kamu perlu mencurigai hal tersebut.

Meskipun HP yang dijual merupakan HP Asus asli, tetapi mungkin saja HP tersebut ilegal yang tidak melalui jalur penjualan resmi. Perlu waspada karena HP ilegal sekarang ini sudah diblokir aksesnya di Indonesia sehingga kamu tidak bisa lagi menggunakan HP tersebut.

5. Lihat Harga yang Ditawarkan

Jangan pernah tergiur dengan HP Asus Zenfone khususnya yang dibanderol dengan harga murah. Karena biasanya, HP Asus yang dijual dengan harga murah tersebut merupakan HP KW atau palsu alias ilegal.

Hindari pula membeli HP Asus khususnya di sembarang tempat, sebaiknya langsung ke gerai HP Asus agar bisa mendapatkan HP original. Hati-hati juga bagi kamu yang ingin membeli HP secara online. Karena kamu tidak tahu fisik sesungguhnya dari HP, bisa jadi kamu tertipu membeli HP KW atau palsu.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara cek HP Asus Zenfone asli atau palsu yang paling akurat bisa kamu terapkan. Agar lebih aman, sebaiknya membeli HP Asus hanya di gerai resminya langsung. Jangan lupa share informasi ini ke akun jejaring sosial pribadimu ya?