Cara Buka IG yang Terblokir Karena Usia di Bawah 13 Tahun

68
Cara Buka IG yang Terblokir Karena Usia di Bawah 13 Tahun
Cara Buka IG yang Terblokir Karena Usia di Bawah 13 Tahun

Cara Buka IG yang Terblokir Karena Usia di Bawah 13 Tahun – Instagram awalnya hadir sebagai platform untuk membagikan foto atau video dalam bentuk feed. Namun, seiring berjalannya waktu fitur di Instagram semakin kaya dan menjadikannya sebagai salah satu platform jejaring sosial yang paling populer di seluruh negara. Di Instagram kita tidak hanya bisa mengungah foto atau video di feed saja, melainkan juga bisa mengunggahnya di Instagram Stories dan juga Reels Instagram. Penggunanya yang semakin banyak dari waktu ke waktu, menjadikannya sebagai paltform media sosial paling ramai saat ini.

Cara Buka IG yang Terblokir Karena Usia di Bawah 13 Tahun
Cara Buka IG yang Terblokir Karena Usia di Bawah 13 Tahun

Untuk memiliki akun Instagram tentunya sangat mudah untuk dilakukan, yakni dengan cukup mendaftar akun saja. Tidak ada syarat khusus untuk pembuatan akun Instagram, kamu hanya perlu memiliki akun email atau nomor HP sebagai syarat utamanya. Akun email dan nomor HP yang digunakan tersebut harus dalam keadaan aktif dan bisa kamu akses. Ini karena Instagram akan menjadikan media untuk mengirimkan kode verifikasi, sebelum akun nantinya akun tersebut akan diaktifkan dan bisa pengguna gunakan. Pengguna juga bisa menentukan sendiri Nama Pengguna/Username dan Password dari akun IG tersebut.

Baca Juga:

Namun, ada ketentuan khusus yang harus dipenuhi oleh pengguna jika ingin membuat akun Instagram. Salah satunya adalah masalah umur atau usia, di mana Instagram hanya diperbolehkan untuk digunakan oleh pengguna yang usianya sudah mencapai 13 tahun. Ketentuan ini mulai diberlakukan oleh Instagram di tahun 2019 lalu dan tetap berlaku hingga sekarang dan seterusnya. Karena itulah, akun Instagram yang penggunanya berumur di bawah 13 tahun akan secara otomatis dinonaktifkan atau diblokir. Lantas, bagaimana cara buka IG yang terblokir karena usia di bawah 13 tahun tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Tentang Akun Instagram Terblokir Karena Faktor Umur

Tentang Akun Instagram Terblokir Karena Faktor Umur
Tentang Akun Instagram Terblokir Karena Faktor Umur

Berbagai peningkatan dan pembaruan kebijakan diterapkan oleh Instagram guna untuk membuat nyaman para penggunanya. Salah satunya dalam hal pembatasan umur bagi pengguna yang ingin memiliki akun Instagram. Dalam hal ini Instagram memberikan kebijakan usia minimal 13 tahun untuk bisa mengakses Instagram. Kebijakan ini mulai diberlakukan pada tahun 2019 akhir lalu.

Akun Instagram yang sudah terlanjur dibuat dan aktif, dan ternyata umur pengguna terdeteksi masih di bawah 13 tahun maka Instagram akan melakukan pemblokiran secara otomatis. Saat login ke akun IG di bawah umur tersebut, pengguna akan menemukan notifikasi yang memberitahuan bahwasannya akun tersebut telah diblokir karena faktor usia yang belum cukup atau dibawah 13 tahun.

Pada halaman pemberitahuan tersebut, Instagram akan memberikan tenggat waktu selama 30 hari untuk pengguna melakukan konfirmasi. Jika sudah melewati waktu tersebut dan pengguna tidak melakukan apa pun, maka secara otomatis akan diblokir. Baru setelah umur pengguna mencapai 13 tahun, maka akun IG tersebut bisa diaktifkan kembali.

Namun, selain menunggu hingga cukup usia kamu juga bisa mengajukan banding jika memang ini adalah kesalahan. Nantinya pihak Instagram akan melakukan pemeriksaan ulang. Jika memang benar kesalahan dari pihak Instagram, maka nantinya akun IG akan diaktifkan kembali. Dalam waktu tenggat ini kamu juga bisa melakukan pengunduhan data di akun Instagram milikmu sebagai jaga-jaga jika memang akunmu terblokir permanen.

Cara Buka IG yang Terblokir Karena Usia di Bawah 13 Tahun

Cara Ajukan Banding Akun IG Terblokir Karena Faktor Umur
Cara Ajukan Banding Akun IG Terblokir Karena Faktor Umur

Untuk bisa membuka akun Instagram yang terblokir karena faktor usia, setidaknya ada satu cara yang bisa kamu lakukan. Cara yang dimaksud yakni dengan melakukan pengajuan banding, lalu kamu berikan informasi selengkap-lengkapnya agar akunmu bisa diaktifkan kembali.

Cara membuka kembali akun Instagram yang diblokir karena usia di bawah 13 tahun akan lebih mudah jika sebelumnya kamu telah menghubungkannya ke akun Facebook. Karena saat akun IG terlanjur diblokir, maka kamu bisa mengubah tanggal lahir di akun Facebook yang terhubung tersebut. Maka secara otomatis tanggal lahir di akun IG juga akan mengikuti tanggal lahir dari akun Facebook. Kemudian kamu bisa lanjut mengajukan banding ke pihak Instagram agar akun tersebut diaktifkan kembali.

Mengenai cara untuk mengajukan banding ke Instagram saat akun IG terblokir karena faktor umur selengkapnya, sebagai berikut:

Formulir Pengajuan Banding
Formulir Pengajuan Banding
  1. Langkah yang pertama kamu kunjungi halaman Instagram, baik melalui browser maupun aplikasi Instagram di HP android.
  2. Pada halaman login akun IG, kamu masukkan username dan password akun dan klik Login.
  3. Setelah berhasil login, nantinya di layar aplikasi akan muncul pemberitahuan kalau akun diblokir karena faktor usia.
  4. Selanjutnya kamu lakukan pengajuan banding ke pihak Instagram dengan klik tombol Ajukan Banding. Atau jika tidak muncul link tersebut, maka kamu bisa mengunjungi halaman pengajuan banding tersebut melalui LINK INI.
  5. Pada halaman pengajuan banding tersebut, kamu isi kolom yang disediakan. Mulai dari Nama Lengkap, Alamat Email Akun IG, Nama Pengguna akun IG, Nomor HP yag Digunakan dan juga Alasan Ingin Mengajukan Banding.
  6. Pada bagian kolom alasan mengajukan banding tersebut, kamu berikan informasi secara lengkap dan sebenar-benarnya. Yakinkan pihak Instagram bahwasannya ini adalah kesalahan dan umurmu sudah mencapai atau lebih dari 13 tahun.
  7. Jika sudah diisi semuanya, sekarang klik Kirim dan tunggu hingga ada balasan dari pihak Instagram. Biasanya balasan akan diterima setidaknya 3×24 jam atau lebih cepat.
  8. Cek balasan dari pihak Instagram di email yang kamu masukkan tadi. Jika proses banding sukses, maka bisa mengakses kembali akun Instagram milikmu.
  9. Selesai.

Pengajuan banding akun Instagram yang diblokir karena usia di bawah 13 tahun memang tidak menjamin sukses. Namun ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar proses banding tersebut diterima. Beberapa tips yang dimaksud tersebut, di antaranya:

  • Pastikan data yang dimasukkan saat pengajuan banding sudah lengkap. Bisa juga melampirkan kartu identitas dan foto wajah agar proses banding disetujui dan akun diaktifkan lagi.
  • Tulisan alasan dan pembelaanmu secara jelas dan juga dengan tata bahasa yang benar, serta dapat dimengerti.
  • Jika melampirkan file foto, pastikan file tersebut jelas dan tidak blur.

Penutup

Itulah tadi cara buka IG yang terblokir karena usia di bawah 13 tahun yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengubah Jaringan Luar Negeri ke Indonesia di HP
Artikel SelanjutnyaCara Buka Facebook Lupa Password Tapi No HP dan Email Mati/Gak Aktif
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini