Cara Buat Polling di Grup WA Android

46
Cara Buat Polling di Grup WA
Cara Buat Polling di Grup WA

Cara Buat Polling di Grup WA – Dapat dipastikan hampir semua pengguna smartphone pasti sangat mengenal WhatsApp. Dikenal juga dengan sebutan aplikasi WA, ini merupakan aplikasi chatting online terpopuler sekarang ini. WhatsApp dibekali enkripsi end-to-end yang membuat semua pesan yang dikirim terenkripsi dengan aman dan hanya pengirim dan penerima saja yang bisa membacanya. Enkripsinya ini bahkan terus diupdate dan diperbarui untuk menunjang sistem keamanan dari WhatsApp tersebut. Bukan hanya sekedar aplikasi chatting saja, di WhatsApp kita juga memungkinkan untuk melakukan panggilan suara dan panggilan video.

Cara Buat Polling di Grup WA
Cara Buat Polling di Grup WA

Di WhatsApp juga disediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat grup sendiri. Siapa pun bisa diundang dan dimasukkan ke dalam grup WA yang telah dibuat. Grup WhatsApp bisa diisi maksimal hingga 512 anggota, yang awalnya hanya diperbolehkan menampung sekitar 256 anggota saja. Satu grup WhatsApp bisa dikelola oleh satu atau beberapa admin, atau bisa juga semua anggota dalam grup bertindak sebagai admin. Selain mengirim chat, di grup WhatsApp kita juga memungkinkan untuk melakukan panggilan grup. Setiap anggota grup berhak dan boleh ikut dalam panggilan grup yang dilakukan, baik itu panggilan suara atau panggilan video.

Baca Juga:

Berbicara mengenai grup WhatsApp, kita juga bisa membuat polling atau pengambilan suara untuk hal tertentu. Kamu bisa membuat pertanyaan atau pilihan yang nantinya dibuat polling dan masing-masing anggota grup berhak untuk memberikan suaranya. Fitur semacam ini sebenarnya sudah hadir terlebih dahulu di Telegram, namun sekarang juga hadir di WhatsApp. Meskipun mudah, namun ternyata masih banyak pengguna WhatsApp yang belum tahu cara buat polling di grup WA tersebut. Informasi selengkapnya mengenai pembuatan polling di grup WhatsApp bisa kalian simak di bawah ini.

Tentang Fitur Polling di Aplikasi WhatsApp

Fitur Poll atau Polling merupakan salah satu fitur teranyar dari WhatsApp yang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan kepada anggota grup, kemudian anggota grup bisa menentukan pilihan sekaligus jawabannya. Fitur ini bisa dimanfaatkan bagi kamu yang sedang keadaan sulit untuk menentukan pilihan. Tinggal manfaatkan fitur Polling di WA dan lihat berapa banyak suara yang dihasilkan untuk masing-masing pilihan dan kamu bisa dengan mudah menentukannya.

Fitur Polling atau Vote di grup WhatsApp ini memang baru-baru ini diperkenalkan oleh Meta, selaku perusahaan induk dari WhatsApp. Fitur ini sudah bisa diakses di WhatsApp iOS maupun Android, dan pastinya sangat menarik untuk digunakan. Pertanyaan bisa dibuat, serta menambahkan pilihan jawaban yang akan di vote oleh anggota grup.

Sementara untuk hasil vote atau pollingnya nanti bisa dilihat dalam bentuk angka untuk masing-masing pilihan yang tersebut. Tidak hanya itu, pada masing-masing pilihan juga disediakan foto profil dari anggota yang memilihnya. Jadi, kamu juga bisa tahu siapa saja yang telah memilih masing-masing pilihan yang kamu tambahkan.

Cara Buat Polling di Grup WA Android

Cara Bikin Polling di Grup WA
Cara Bikin Polling di Grup WA

Untuk membuat polling atau vote di grup WhatsApp bisa dibilang sangat mudah dan praktis. Bahkan di sini kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan, karena memang fiturnya sudah tersedia langsung di aplikasi WhatsApp. Adapun cara buat polling di grup WA android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama buka aplikasi WhatsApp di HP androidmu.
  2. Kemudian klik pada salah satu grup WhatsApp yang ingin kamu buat polling atau vote di dalamnya.
  3. Pada halaman grup, sekarang kamu klik menu Attach atau Lampirkan yang ada di sebelah kanan kolom untuk mengetik chat.
  4. Nantinya akan muncul beberapa menu di sana, kamu pilih saja menu Polling atau Vote.
  5. Kamu akan dibawa ke halaman Buat Polling. Sekarang kamu tulis pertanyaan pada bagian kolom Ajukan Pertanyaan. Kemudian masukkan pilihan di bagian kolom Pilihan. Secara default kolom pilihan yang disediakan hanya 2 kolom saja, namun kamu bisa menambah sendiri jumlah pilihan sesuai keinginan. Kolom pilihan baru akan muncul dengan sendirinya setelah mengisi pilihan.
  6. Jika sudah, sekarang klik tombol Kirim yang ada di pojok kanan bawah tampilan. Dengan begitu polling akan langsung terkirim di grup WhatsAppmu.
  7. Selesai.

Pastikan kamu telah menulis pertanyaan beserta pilihan yang tepat agar hasilnya lebih akurat. Menentukan keputusan yang sulit sekarang akan terasa lebih mudah dengan bantuan suara atau polling dari anggota grup di WhatsApp.

Cara Melihat Hasil Polling di Grup WhatsApp

Sudah membuat polling di grup WA, tetapi tidak tahu bagaimana cara melihat hasil pollingnya? Tidak perlu bingung, di sini akan dijelaskan juga cara melihat hasil vote di grup WhatsApp yang sudah dibuat tersebut. Untuk langkah-langkah melihat hasil vote atau polling tersebut, yakni:

  • Pertama buka aplikasi WhatsApp di perangkat HP androidmu.
  • Kemudian buka grup tempat kamu mengirim dan membuat polling tadi.
  • Scroll untuk mencari pertanyaan atau polling yang sudah dibuat.
  • Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu klik tombol View Vote atau Hasil Suara yang ada di bagian bawa pilihan polling tersebut.
  • Nantinya akan terlihat jumlah suara untuk masing-masing pilihan yang tersedia beserta siapa saja anggota grup yang menyumbangkan suaranya untuk pilihan tersebut.
  • Selesai.

Cukup mudah bukan cara membuat vote atau polling di grup WA di atas? Selain di android, cara ini juga bisa diterapkan di WhatsApp iPhone.

Alternatif Membuat Polling di WhatsApp Android

Cara Buat Vote di Grup WA
Cara Buat Vote di Grup WA

Selain menggunakan fitur polling seperti yang dijelaskan di atas, ada juga alternatif lain yang bisa digunakan untuk membuat polling di WhatsApp. Kita bisa memanfaatkan fitur Reaksi Emoji yang disediakan di WhatsApp. Fitur ini bisa kita gunakan untuk memberikan reaksi pada sebuah chat yang dikirim, baik itu chat pribadi maupun grup. Jadi, polling ini bisa kamu kirimkan ke teman secara pribadi.

Nantinya kamu bisa membuat pertanyaan seperti “Pilih yang mana,,, kasih jempol untuk pilihannya ya!”. Kemudian diikuti dengan beberapa pilihan yang dikirim satu per satu. Nantinya teman bisa memilih salah satu dengan cara memberikan reaksi emoji. Caranya dengan tekan dan tahan pada chat pilihan, lalu pilih salah satu emoji yang diinginkan.

Untuk melihat hasilnya, tinggal kamu lihat berapa reaksi emoji yang didapat dari setiap pilihan yang disediakan. Pilihan dengan jumlah emoji paling banyak, berarti pilihan tersebutlah yang paling banyak divote atau dipilih oleh teman di grup.

Sama seperti cara di atas, di sini kamu juga bisa tahu dan melihat siapa saja anggota yang telah memberikan pilihannya. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi bingung menentukan pilihan yang menurutmu sangat sulit untuk dipilih. Dengan bantuan teman di grup kamu akan lebih mudah untuk menentukan pilihan tersebut.

Penutup

Itulah tadi cara buat polling di grup WA yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu. 

Artikel SebelumnyaCara Live di Snack Video Lewat HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini