Cara Buat HP Menjadi STB TV Digital yang Mudah

306
Cara Buat HP Menjadi STB TV Digital
Cara Buat HP Menjadi STB TV Digital

Cara Buat HP Menjadi STB TV Digital – Di beberapa daerah di Indonesia sudah mulai mematikan sinyal siaran TV analog dan berganti ke sinyal siaran TV Digital. Ini akan terus dilakukan hingga siaran TV analog di seluruh wilayah di Indonesia dimatikan secara total. Ini memaksa para masyarakat untuk segera menyiapkan alat tambahan pada TV analognya agar tetap bisa menikmati tayangan televisi. Dibandingkan siaran TV analog, sinyal TV digital diklaim lebih efisien sehingga gambar yang ditampilkan akan lebih jernih dan tajam.

Cara Buat HP Menjadi STB TV Digital
Cara Buat HP Menjadi STB TV Digital

Sayangnya pada TV tabung atau TV tanpa dukungan sinyal digital, mengharuskan pengguna memasang perangkat tambahan bernama STB atau Set Top Box. Perangkat satu ini bisa kamu beli di marketplace atau toko elektronik offline, kemudian memasangkannya pada TV analog. Dibutuhkan juga antena UHF atau VHF sebagai penangkap sinyal TV digital. Jika tidak, kamu bisa membeli antena khusus tambahan yang biasanya dijual satu paket dengan set top box atau STB. Dengan demikian kamu tetap bisa menikmati tayangan siaran TV dengan nyaman dan gambar yang lebih jernih.

Baca Juga:

Set top box sendiri dijual dengan harga sekitar Rp 100 ribu – Rp 500 ribuan, tergantung merek dan tipe dari set top box tersebut. Namun, hal ini ternyata cukup menjadi beban bagi banyak kalangan masyarakat. Banyak dari mereka yang belum mampu untuk membeli perangkat tersebut, sehingga TV-nya tidak dapat lagi menayangkan siaran seperti biasanya. Dalam hal ini kamu bisa mencari alternatif lain sebagai STB, yakni dengan memanfaatkan perangkat smartphone android. Berikut ini cara buat HP menjadi STB TV Digital agar dapat menikmati tontonan TV yang mudah dan nyaman bisa kamu terapkan. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Tentang STB TV Digital yang Harus Kamu Tahu

Sebalum lanjut ke pembahasan utama, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa itu STB atau Set Top Box. STB merupakan perangkat khusus yang memungkinkan untuk menangkap sinyal siaran TV digital, kemudian mentransfernya dalam bentuk gambar ke TV. STB biasanya digunakan pada TV yang masih berbasis analog, baik itu TV tabung atau LCD TV yang belum support sinyal digital.

Pemasangan STB biasanya diberi tambahan antena khusus sebagai penerima sinyal siaran TV digitalnya. Antena tersebut bisa berupa antena UHF, antena VHF atau antena khusus yang dijual satu paket dengan perangkat STB. Nantinya antena dengan kabel coaxial bisa disambungkan ke perangkat STB melalui port Antena In. Kemudian STB dihubungkan ke TV dengan menggunakan kabel RCA yang biasanya disertakan dalam satu paket STB.

Tidak perlu langkah instalasi rumit untuk penyambungan ketiga perangkat tersebut, hanya perlu menyambungkan kabelnya saja. Setelah terhubung, tinggal dinyalakan perangkat STB dan TV-nya. Biasanya kamu perlu mengubah mode tampilan di TV ke Mode AV agar bisa menampilkan tayangan siaran TV digital dari STB. Mengubah ke mode AV ini bisa dengan menekan tombol AV yang ada di TV atau di remote control.

Saat sudah terdeteksi, biasa pada awal tampilan kamu akan diminta untuk memilih resolusi layar yang ingin ditampilkan. Pilih sesuai luas TV yang digunakan agar tampilannya pas dan tidak ada bagian yang terpotong. Sekarang kamu sudah bisa menikmati tayangan TV digital menggunakan perangkat STB tambahan ini.

Cara Buat HP Menjadi STB TV Digital yang Mudah

Cara Bikin HP Menjadi STB TV Digital
Cara Bikin HP Menjadi STB TV Digital

Tahukah kamu? Bukan hanya perangkat STB saja yang bisa menayangkan siaran TV digital, melainkan juga perangkat smartphone android. Di sini kamu bisa menikmati berbagai tayangan TV digital dengan nyaman dan mudah, serta bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk membuat HP dapat menjadi STB TV digital tersebut yakni dengan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Kamu bisa pilih cara mana saja yang dianggap paling mudah untuk diterapkan. Adapun cara buat HP Menjadi STB TV Digital selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menjadikan HP Sebagai STB TV Digital dengan Aplikasi

Cara yang pertama kita bisa menggunakan aplikasi khusus yang bisa diakses untuk menampilkan tayangan TV digital. Ada banyak aplikasi yang bisa ditemukan dan kamu gunakan, beberapa ada yang bisa diinstall melalui Google Play Store dan ada pula dari situs penyedia aplikasi android lain.

Beberapa pilihan aplikasi untuk nonton TV online di HP android, di antaranya:

Vision Plus

Ini merupakan aplikasi yang memungkinkan untuk menayangkan berbagai channel TV terpopuler, baik itu channel TV lokal maupun internasional. Untuk channel TV lokal yang bisa dinikmati, seperti RCTI, MNC, iNews, Trans TV, ANTV dan lain sebagainya. Siaran TV yang ditampilkan cukup jernih dan tajam, pastinya sangat memanjakan mata.

Vidio

Selain itu, ada pula aplikasi Vidio yang juga bisa kamu gunakan secara gratis untuk bisa nonton siaran TV digital secara online melalui HP. Vidio menyediakan beragam Saluran TV Indonesia hingga Internasional yang gratis untuk dinikmati. Namun, terdapat beberapa tayangan di dalamnya yang khusus diberikan pada pengguna berbayar saja.

SBO TV

Sementara jika kamu mencari aplikasi nonton TV di HP yang sepenuhnya gratis, maka bisa memilih aplikasi SBO TV. Aplikasi ini  menyediakan beragam saluran TV lokal hingga mancanegara yang sepenuhnya gratis untuk diakses. Kita bahkan bisa memilih sendiri kualitas video yang ditampilkan untuk menyesuaikan dengan sinyal yang ada di HP.

TV Indonesia

Pilihan lainnya yakni aplikasi bernama TV Indonesia dan TV Indonesia Go yang juga cukup populer digunakan. Aplikasi ini memberikan tayangan TV gratis selama 24 jam non-stop, bahkan juga siaran langsung berbagai pertandingan olahraga. Baik itu pertandingan live sepak bola, bulu tangkis, voli dan lain sebagainya.

UseeTV Go

Dan yang terakhir ada aplikasi bernama UseeTV Go yang juga rekomended untuk kamu pilih dan gunakan. Tidak hanya untuk menonton TV saja, di UseeTV Go juga disediakan layanan untuk memutar radio, menonton film, hingga karaoke online.

Catatan: Kamu bisa memilih salah satu dari aplikasi yang disebutkan di atas dengan mengunduh dan menginstallnya melalui Google Play Store atau lewat situs penyedia APK android di internet.

2. Menjadikan HP Sebagai STB TV Digital Tanpa Aplikasi

Sementara untuk cara yang kedua ini yakni dengan memanfaatkan situs online yang ada di internet. Kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, cukup dengan mengaksesnya melalui browser bawaan di HP android.

Salah satu situs penyedia siaran TV online bisa kamu kunjungi yakni UseeTV. Cukup mengunjungi halaman situs tersebut, lalu pilih channel TV yang ingin ditonton. Nantinya tayangan TV akan ditampilkan di layar HP.

Cara Menampilkan Layar HP ke TV untuk Nonton Siaran TV Digital

Setelah memiliki aplikasi nonton TV atau situs nonton TV online di atas, kamu bisa membuat tampilan layar HP agar ditampilkan di layar TV agar lebih nyaman nontonnya. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan alat tambahan yang bernama Chromecast. Untuk cara menggunakannya sendiri, yakni:

  1. Pertama pasangkan Chromecast pada TV yang ingin digunakan untuk menayangkan layar HP.
  2. Kemudian hidupkan Chromecast, lalu sambungkan ke jaringan wifi yang sama dengan yang digunakan di HP. Atau jika tidak ada jaringan wifi, maka kamu bisa menghubungkan Chromecast ke HP melalui fitur tethering di HP.
  3. Sebelumnya, pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Google Home di HP agar bisa melakukan mirroring ke TV lewat Chromecast.
  4. Jalankan aplikasi tersebut, lalu tekan Cast untuk mulai menampilkan layar HP di layar TV.
  5. Jika sudah, sekarang kamu buka aplikasi nonton TV di HP dan putar channel TV sesuai keinginan.
  6. Selesai.

Cara di atas bisa diterapkan di semua jenis TV, termasuk di TV analog atau TV biasa. Sementara untuk kamu yang memiliki SmartTV, tinggal mengakses sendiri siaran TV melalui salah satu aplikasi nonton TV digital yang sudah disebutkan di atas.

Penutup

Itulah tadi cara buat HP menjadi STB TV Digital yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Bayar Iconnet PLN Lewat OVO di Android
Artikel SelanjutnyaCara Sembunyikan Komentar di WeTV HP
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini