Cara Buat Chatbot WhatsApp yang Paling Mudah

219
Cara Buat Chatbot WhatsApp
Cara Buat Chatbot WhatsApp

Cara Buat Chatbot WhatsApp – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting online paling populer di dunia sekarang ini. Hampir semua pengguna HP android pasti memiliki aplikasi WhatsApp di perangkatnya. Tidak lain karena WhatsApp memberikan kemudahan bagi pengguna dalam urusan berkomunikasi. Fungsinya tidak hanya untuk chattingan saja, melainkan juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara maupun panggilan video. Di dalamnya sudah disediakan banyak sekali fitur terbaik yang pastinya akan memanjakan para penggunanya.

Cara Buat Chatbot WhatsApp
Cara Buat Chatbot WhatsApp

Berbicara mengenai aplikasi WhatsApp, apakah kamu pernah berpikir ini membuat chatbot di dalamnya? Hal ini memang sangat penting bagi beberapa pengguna, khususnya mereka yang mempunyai bisnis tertentu. Chatbot akan sangat membantu pengguna ketika ada seorang pelanggan atau pengguna lain yang mengirim chat. Hal ini tentu akan meningkatkan respon pebisnis terhadap pelanggan atau calon pelaggan. Dengan adanya chatbot tentunya kita juga tidak perlu lagi membalas satu per satu pesan yang masuk. Pasalnya, bot akan membalasnya secara otomatis tanpa harus mengetik seperti biasa.

Baca Juga:

Namun, sayangnya tidak semua pengguna WhatsApp tahu bagaimana cara membuat chatbot di WhatsApp tersebut. Padahal cara ini sangatlah efektif untuk mempercepat reponsivitas dalam hal membalas chatting yang masuk dari pelanggan. Jika memang kamu juga salah satu pengguna yang belum tahu cara tersebut, di bawah ini saya sudah merangkumkannya. Berikut ini cara buat chatbot WhatsApp untuk para pebisnis yang mudah dan cepat.

Cara Buat Chatbot WhatsApp yang Paling Mudah

Cara Buat Chatbot WA
Cara Buat Chatbot WA

Di dalam aplikasi WhatsApp memang belum disediakan fitur auto-replay yang cukup dibutuhkan banyak orang sekarang ini. Apalagi sekarang ini sudah jamannya era digital, hampir semua pekerjaan dilakukan menggunakan bantuan perangkat digital. Bagi para pebisnis, WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan. WhatsApp dipilih karena kemudahannya dalam hal menjalin komunikasi dengan para pelanggan atau calon pelanggan.

Meskipun di WhatsApp tidak disediakan fitur auto-replay, tapi kamu masih bisa menggunakan aplikasi lain untuk mendukungnya. Di sini kamu diharuskan untuk membuat chatbot WhatsApp agar bisa memberi balasan secara cepat saat ada chat masuk. Nantinya saat ada pesan masuk maka bot akan langsung memberikan balasan sesuai dengan kalimat yang dimasukkan dalam database yang sudah dibuat sebelumnya.

Untuk membuat chatbot WA atau WhatsApp ini sendiri kamu masih membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa pilihan aplikasi untuk membuat chatbot WhatsApp yang bisa kamu gunakan. Namun, hanya ada beberapa aplikasi saja yang diklaim paling efektif untuk membuat chatbot. Adapun cara buat chatbot WhatsApp paling mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Aplikasi WABOT

Cara membuat WhatsApp bot yang pertama yakni menggunakan aplikasi bernama WABOT. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh PT. Klik Quick Indonesia, di mana sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali di Google Play Store. Aplikasi satu ini juga cukup ringan, ukurannya hanya sebesar 5.7MB saja.

Di dalamnya sudah disediakan setidaknya 6 fitur utama, yakni fitur untuk kirim pesan otomatis, kirim pesan terjadwal, chatbot WhatsApp / Auto-Replay, manajemen kontak, notif WhatsApp, dan juga keyboard tool. Mengenai cara untuk membuat chatbot WhatsApp dengan WABOT selengkapya, yakni:

  • Langkah yang pertama pastinya kamu install aplikasi WABOT di HP androidmu.
  • Jika sudah, sekarang langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Lakukan pendaftaran akun WABOT agar kamu bisa mengakses semua fitur yang ada di dalamnya. Isi kolom pendaftaran sesuai dengan instruksi yang disediakan.
  • Jika sudah, selanjutkan kamu login ke akun WABOT menggunakan email dan password yang digunakan tadi.
  • Pada halaman utama aplikasi, selanjutnya kamu masuk ke menu Pengaturan.
  • Sekarang aktifkan Aksesibilitas Wabot. Caranya masuk ke halaman Aksesibilitas, lalu kamu pilih opsi Layanan Terinstall. Selanjutnya pilih opsi Aksesibilitas Wabot dan klik OK untuk mengaktifkannya.
  • Kembali ke menu Pengaturan, lalu masuk ke opsi Auto Replay. Klik Bolehkan pada halaman Izinkan Notification Monitoring yang muncul di layar.
  • Kemudian kembali ke menu Pengaturan lagi. Sekarang aktifkan opsi Status Bulk Sender, Auto Replay Personal, dan Auto Replay Business dengan cara menggeser slider ke kanan.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik ikon tiga garis di pojok kanan atas lalu masuk ke opsi Group Auto Replay. Selanjutnya klik tombol Plus (+), kemudian isi nama dan deskripsi pada kolom yang disediakan.
  • Jika sudah, sekarang klik grup yang sudah dibuat tadi, kemudian aktifkan status Auto Replay. Sekarang isi keyworn dan pesan balasan sesuai keinginan pada kolom yang disediakan. Jika sudah, selanjutnya klik Simpan.
  • Sekarang kamu sudah berhasil membuat chatbot di WhatsApp.

2. Menggunakan Aplikasi AutoResponder for WhatsApp

Aplikasi satu ini juga memungkinkan kamu untuk membalas pesan yang masuk di WhatsApp secara otomatis. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh TK Studio dan sudah digunakan oleh banyak pengguna. Cara penggunaannya juga terbilang mudah sehingga cocok untuk kamu para pengguna awam. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi AutoResponder fot WhatsApp.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu masuk ke menu Pengaturan Notifikasi.
  • Selanjutnyakan kamu aktifkan akses notifikasi untuk aplikasi dengan cara klik tombol Bolehkan.
  • Selanjutnya klik tombol Plus (+) yang ada di bawah layar. Selanjutkan masukkan kalimat atau keyword sesuai keinginan, kemudian klik tombol Centang.
  • Kemudian masukkan kalimat balasan untuk chat yang masuk sesuai keyword yang dibuat. Kemudian klik tombol Centang.
  • Aktifkan kedua tombol slider dengan cara geser ke kanan.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara buat chatbot WhatsApp paling mudah yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial probadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Kartu XL Gangguan Paling Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Notifikasi yang Tidak Muncul di Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini