Cara Buat Catatan di HP Samsung yang Mudah

19
Cara Buat Catatan di HP Samsung
Cara Buat Catatan di HP Samsung

Cara Buat Catatan di HP Samsung – HP Samsung banyak dipilih dikarenakan ketangguhan dan keawetannya, yang mana HP Samsung ini tidak gampang rusak meskipun sering terjatuh. Material bodi yang digunakannya berkualitas tinggi sehingga sangat kokoh dan tidak mudah pecah. Sementara pada bagian layarnya, hampir semua HP keluaran baru dari Samsung sudah dibekali dengan pelindung layar bawaan, yakni corning gorilla glass. Adanya lapisan pelindung di layar ini, kita tidak perlu lagi memasang pelindung layar tambahan untuknya. Pelindung layar bawaan dari Samsung ini sudah cukup untuk melindungi LCD dari goresan atau pecah saat HP terjatuh.

Cara Buat Catatan di HP Samsung
Cara Buat Catatan di HP Samsung

Tidak hanya dari segi ketahanan, HP dari Samsung juga dibekali dengan beragam fitur canggih yang membuat pengguna nyaman mengoperasikannya. Fitur-fitur yang disediakan di dalamnya bahkan Cuma bisa ditemukan di HP Samsung saja, tidak di merek HP android lainnya. Misalnya saja fitur Perawatan Perangkat dan Baterai, di mana fitur ini memungkinkan untuk digunakan menjaga stabilitas HP agar performa kinerjanya tetap cepat dan responsive. Selain itu, tentunya masih ada banyak lagi fitur canggih yang bisa ditemukan di dalam HP Samsung tersebut.

Baca Juga:

Sebagai pengguna HP Samsung, mungkin saat ini Anda ingin mencatat sesuatu tetapi bingung mencatatnya di mana. Tenang saja, di HP Samsung sudah ada yang namanya aplikasi Note atau Catatan yang memungkinkan digunakan untuk mencatat sesuatu dan menyimpan di dalamnya. Catatan yang disimpan ini nantinya masih bisa kita buka atau edit ulang sesuka hati. Atau bisa juga menyimpan catatan menjadi file dokumen untuk diakses di perangkat lain. Meskipun mudah, namun ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara buat catatan di HP Samsung tersebut. Di bawah ini sudah diterangkan secara detail bagaimana cara membuat catatan di Samsung android tersebut.

Cara Buat Catatan di HP Samsung yang Mudah

Cara Buat Note di HP Samsung
Cara Buat Note di HP Samsung

Untuk membuat sebuah catatan di HP Samsung, kita tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Pasalnya di HP Samsung tersebut sudah ada aplikasi yang bernama Samsung Notes bisa digunakan untuk membuat catatan. Samsung Notes sendiri merupakan aplikasi resmi dari Samsung yang khusus dihadirkan untuk perangkat HP android Samsung. Meski begitu, para pengguna android dari merek lain juga memungkinkan untuk download dan install aplikasi ini melalui Google Playstore.

Selain menggunakan Samsung Notes, pengguna Samsung juga masih memungkinkan untuk menginstall aplikasi catatan lainnya yang ada di Google Playstore. Kita tahu ada banyak jenis aplikasi Catatan atau Notes yang bisa ditemukan di sana, dan sebagian besar aplikas bisa digunakan secara gratis.

Perihal cara buat catatan di HP Samsung, di sini akan dijelaskan tutorialnya menggunakan aplikasi Samsung Notes. Alasannya kita tidak perlu menginstall aplikasi tersebut karena ini merupakan aplikasi bawaan di android Samsung. Adapun langkah-langkah membuat note di HP Samsung dengan Samsung Notes selengkapnya, sebagai berikut:

Cara 1. Membuat Catatan dengan Menyimpan di Aplikasi

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Samsung Notes di perangkat HP Samsung. Jika memang tidak memiliki aplikasi tersebut, maka kamu perlu mengunduhnya melalui Google Play Store atau Samsung Galaxy Store.
  2. Pada halaman utama aplikasi Samsung Notes, sekarang kamu klik menu Pensil yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  3. Beri Judul Catatan sesuai keinginan, kemudian isi catatan di kolom bawahnya sesuai keinginan. Pada catatan tersebut kamu bisa menggunkan beberapa tools yang disediakan di sana. Kamu juga memungkinkan untuk menambahkan gambar, rekaman suara, file audio hingga file PDF jika diperlukan dengan melalui tool Sematan (PIN) yang ada di bagian kanan atas tampilan.
  4. Jika dirasa sudah selesai membuat catatan, sekarang kamu tekan tombol Kembali hingga masuk ke tampilan utama aplikasi. Secara otomatis catatan yang dibuat tersebut tersimpan sebagai draft di aplikasi Samsung Notes.
  5. Selesai.

Catatan: yang disimpan memungkinkan untuk diakses lagi melalui halaman utama aplikasi. Di sini kamu bisa mengedit ulang catatan tersebut jika ada yang perlu diubah.

Cara 2. Membuat Catatan dalam Bentuk File Dokumen

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Samsung Notes di perangkat HP Samsung milikmu.
  2. Pada tampilan utama aplikasi, kamu klik menu Pensil yang ada di bagian kanan bawah tampilan.
  3. Kemudian buat Judul Catatan dan Isinya sesuai keinginan, seperti dijelaskan di cara pertama di atas.
  4. Jika sudah, sekarang kamu bisa langsung menyimpannya ke dalam bentuk file dokumen. Baik menyimpannya dalam bentuk file Samsung Notes, PDF, Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, File Gambar ataupun File Teks.
  5. Untuk cara menyimpannya dengan klik ikon Tiga Titik Vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan. Kemudian pilih opsi Simpan Sebagai File (Spn sbg file).
  6. Selanjutnya kamu pilih salah satu format file dokumen yang diinginkan, seperti yang dijabarkan tadi.
  7. Kemudian tentukan lokasi untuk menyimpan file dokumen catatan tersebut, lalu klik tombol Selesai untuk mulai menyimpannya.
  8. Beri nama file dokumen tersebut sesuai keinginan, lalu klik lagi tombol Simpan.
  9. Selesai.

Nantinya file catatan yang sudah disimpan dalam bentuk file dokumen tersebut memungkinkan untuk dibagikan ke teman atau orang lain. File dokumen ini bisa diakses dengan mudah di perangkat lain, memungkinkan juga untuk mengeditnya sesuai keinginan.

Alternatif Aplikasi Note atau Catatan Terbaik Lainnya

Selain Samsung Notes, masih ada banyak jenis aplikasi yang bisa didownload dan diinstall di perangkat HP Samsung. Aplikasi-aplikasi ini bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store dan hampir semua aplikasi bisa digunakan secara gratis. Berikut beberapa pilihan aplikasi Catatan terbaik lain di android yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

1. Google Keep

Merupakan aplikasi gratis dari Google, aplikasi Google Keep ini memungkinkan untuk disinkronkan data di dalamnya langsung ke akun Google. Dengan demikian, data di Google Keep ini akan tersimpan secara otomatis di cloud Google dan bisa kamu akses dengan mudah melalui perangkat lain.

2. Easy Notes

Berikutnya ada Easy Notes yang merupakan aplikasi catatan terbaik dengan beragam fitur menarik di dalamnya. Salah satunya adalah fitur untuk mengubah tampilan aplikas, di mana di dalamnya disediakan sekitar 200+ template menarik yang bisa digunakan.

3. ColorNote

Kali ini ada aplikasi ColorNote yang juga tidak kalah menarik untuk digunakan. Aplikasi satu ini memungkinkan untuk diubah warna latarnya sesuai keinginan, di mana ini menjadi salah satu daya tarik dari aplikasi tersebut. Fiturnya cukup lengkap dan tentunya mudah serta praktis untuk digunakan.

Penutup

Itulah tadi cara buat catatan di HP Samsung yang mudah dengan dan tanpa aplikasi tambahan bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Buat Catatan di HP OPPO yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Melihat SMS yang Sudah Dihapus di HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini