Cara Buat Catatan di HP OPPO yang Mudah

20
Cara Buat Catatan di HP OPPO
Cara Buat Catatan di HP OPPO

Cara Buat Catatan di HP OPPO – Ada banyak brand smartphone ternama yang memasarkan produknya di Indonesia. Salah satunya adalah brand OPPO yang sudah menjadi pilihan brand favorit bagi banyak kalangan masyarakat. OPPO sendiri telah merilis banyak seri HP android dengan keunggulannya masing-masing. Mulai dari HP OPPO dengan harga yang murah hingga mahal, kamu bisa memilihnya sesuai keinginan dan budget yang dimiliki. Beberapa HP OPPO ini memang menargetkan segmen yang berbeda-beda, ada yang khusus untuk segmen menengah ke bawah dan juga segmen menengah ke atas.

Cara Buat Catatan di HP OPPO
Cara Buat Catatan di HP OPPO

Salah satu yang paling melekat di pikiran banyak orang tentang HP OPPO adalah inovasi kameranya. OPPO sering merilis HP android dengan dukungan desain kamera yang berbeda dari HP lainnya. Bahkan desainnya tersebut sangat unik dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Misalnya yang terbaru adalah Kamera Pop Up Samping, di mana kamera ini memungkinkan untuk kita masukkan atau keluarkan sesuka hati. Selain kamera, dukungan hardware lain dari HP OPPO juga sangat berkualitas, sehingga tidak hanya awet tapi juga mampu menghasilkan performa kinerja yang maksimal.

Baca Juga:

Membeli HP biasanya di dalamnya sudah ada beberapa aplikasi bawaan yang bisa digunakan tanpa menginstallnya. Salah satunya adalah aplikasi Catatan, di mana aplikasi ini berguna untuk menulis catatan pribadi dan menyimpannya di sana. Kita masih memungkinkan untuk membuka catatan yang tersimpan tersebut di lain waktu. Berbicara mengenai catatan atau Note di HP OPPO, ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara mengaksesnya. Tidak heran, karena pada beberapa seri OPPO aplikasi Catatan ini sedikit tersembunyi. Mengenai cara buat catatan di HP OPPO tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Buat Catatan di HP OPPO yang Mudah

Cara Bikin Catatan di HP OPPO
Cara Bikin Catatan di HP OPPO

Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk membuat catatan atau note di HP OPPO semua tipe, baik itu HP OPPO keluaran lama atau keluaran terbaru. Yang pasti cara ini bisa dilakukan oleh semua pengguna, bahkan bagi kamu yang masih awam. Kamu bisa memilih sendiri cara mana yang ingin digunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Adapun cara buat catatan di HP OPPO semua tipe atau all series yang mudah bisa kamu terapkan selengkapnya, yakni:

1. Buat Catatan dengan Aplikasi Bawaan

Seperti yang disinggung di atas, pada HP OPPO keluaran lama maupun yang baru, di dalamnya sudah disediakan aplikasi Catatan atau Note bawaan. Aplikasi ini sendiri diberi nama Catatan Keep yang merupakan aplikasi catatan gratis dari Google. Dikenal juga dengan sebutan Google Keep, fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk membuat dan menyimpan catatan penting.

Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut, kamu membutuhkan akun Google atau Gmail. Di HP OPPO yang biasanya sudah login ke akun Google, maka akan secara otomatis mengakses Catatan Keep dengan akun tersebut. Meski begitu Anda masih bisa menggantinya ke akun Google lain jika diinginkan. Mengenai cara membuat catatan di aplikasi Catatan Keep tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu cari aplikasi Catatan Keep di layar menu HP OPPO, kemudian klik pada ikon aplikasi tersebut untuk membukanya.
  2. Halaman utama aplikasi akan ditampilkan di sana, kamu juga akan secara otomatis login menggunakan akun Google yang digunakan di HP OPPO.
  3. Untuk mulai membuat catatan, kamu klik menu Buat Catatan yang ada di kiri bawah tampilan.
  4. Sekarang kamu isi bagian Judul Catatan dan tulis isi catatan di bagian kolom Catatan.
  5. Pada catatan tersebut Anda juga bisa menambahkan Gambar, Foto langsung dari kamera, Buat Gambar, Merekam Suara, hingga Menambah Kotak Centang dengan cara klik ikon Tambah di bagian kiri bawah tampilan.
  6. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Kembali dan catatan akan secara otomatis tersimpan.
  7. Selesai.

Pada beberapa tipe HP OPPO mungkin aplikasi Catatan ini tidak bisa ditemukan di layar menu utama. Ini karena letaknya agak sedikit tersembunyi dan kamu perlu mengeluarkannya sebagai widget. Untuk cara mengeluarkan widget Catatan di HP OPPO yang tersembunyi tersebut, yakni:

  1. Pada layar Home HP OPPO, Anda lakukan gerakan seperti mencubit layar. Gunakan jari jempol dan telunjut dan gerakkan seperti mencubit.
  2. Layar akan mengecil dan muncul opsi di bagian bawahnya, selanjutnya kamu pilih opsi Widget.
  3. Kemudian cari widget Catatan Keep yang ada di bagian bawah tampilan. Jika sudah ketemu, kamu klik pada widget Catatan Keep tersebut.
  4. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih akun Google yang ingin digunakan untuk mengakses Catatan Keep tersebut. Pilih salah satu akun Google milikmu, lalu pilih opsi Semua Catatan.
  5. Nantinya di layar utama HP OPPO akan muncul widget baru berupa Catatan. Kamu juga bisa mengatur posisi serta ukurannya sesuai keinginan.
  6. Untuk mulai membuat catatan, kamu klik tombol Tambah yang ada di tampilan widget Catatan Keep tersebut.
  7. Selesai.

Aplikasi catatan bawaan di HP OPPO untuk seri keluaran lama yakni bernama Color Note yang dikembangkan oleh developer Note. Sementara untuk seri terbaru atau dengan dukungan ColorOS 6 ke atas biasanya sudah menggunakan aplikasi Catatan Keep milik Google.

2. Buat Catatan dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk cara yang kedua ini bisa dilakukan jika kamu ingin menggunakan aplikasi Catatan lain yang didownload melalui Google Playstore. Ada banyak jenis aplikasi catatan terbaik yang bisa kamu gunakan. Salah satunya Easy Notes: Catatan Note Memo yang dikembangkan oleh QR Scanner & QR Code Generator & Radio & Note. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Playstore dan pastinya gratis untuk digunakan.

Dibandingkan dengan Google Keep yang dibahas di atas, Easy Notes: Catatan Note Memo ini mengusung tampilan antarmuka yang lebih menarik dan mewah. Kamu bisa mengatur sendiri warna tema dari aplikasi sesuai keinginan. Yang menarik lagi, di dalam aplikasi disediakan fitur Kunci yang memungkinkan catatan yang sudah dibuat hanya bisa dibuka oleh kamu sendiri.

  1. Pertama kamu download dan install aplikasi Easy Notes: Catatan Note Memo dari Google Playstore.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Sekarang klik menu Tambah untuk membuat Catatan Baru. Dan tulis catatan sesuai keinginan lalu simpan.
  4. Di sini Anda juga bisa mengubah tampilan tema aplikasi dengan memilih salah satu dari 200+ pilihan latar belakang.
  5. Sementar untuk mengunci catatan, kamu bisa membuat Pola Kunci terlebih dahulu melalui menu Setelan Keamanan dan terapkan kunci pada aplikasi tersebut.
  6. Selesai.

Selain aplikasi Easy Notes: Catatan Note Memo, kamu masih bisa menggunakan aplikasi serupa lainnya yang bisa ditemukan dengan mudah di Google Playstore.

Penutup

Itulah tadi cara buat catatan di HP OPPO yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Ampuh Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Penuh
Artikel SelanjutnyaCara Buat Catatan di HP Samsung yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini