Cara Blokir Nomor HP di Android Paling Mudah

Cara Blokir Nomor HP – HP Android sudah menjadi salah satu perangkat gadget yang paling diminati sekarang ini. Berbagai merek HP hadir dengan produk unggulannya untuk memanjakan para pecinta gadget, khususnya di Indonesia. HP android banyak dipilih dikarenakan penggunaannya yang mudah serta bisa membantu berbagai aktivitas harian pengguna. Meski begitu, sejatinya HP android berguna sebagai alat komunikasi.

Cara Blokir Nomor HP di Android
Cara Blokir Nomor HP di Android

Agar bisa terhubung dengan orang lain, kita membutuhkan kartu operator yang nantinya dipasangkan di HP android. Melalui nomor tersebut memungkinkan kita mengirim pesan teks atau melakukan panggilan. Tetapi terkadang beberapa pengguna merasa resah ketika ada nomor yang selalu menghubunginya. Mungkin saja ada teman yang jahil, orang iseng, atau yang lainnya. Yang pasti, sebagai pengguna kita ingin tetap nyaman dalam mengoperasikan smartphone.

Baca Juga:

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memblokir nomor HP tersebut. Dengan melakukan blok nomor HP, maka nomor tersebut tidak lagi bisa menghubungi HP-mu baik melalui SMS atau panggilan telepon. Jika masih belum tahu, berikut ini beberapa cara blokir nomor HP di android yang bisa coba kamu terapkan.

Cara Blokir Nomor HP di Android Paling Ampuh (Aplikasi dan Tanpa Aplikasi)

Untuk memblokir nomor HP di android sebenarnya sangat mudah. Semua HP android yang ada saat ini sudah dibekali dengan fitur khusus untuk memblokir nomor telepon. Dengan begitu, nomor yang sudah diblokir tersebut tidak akan bisa menghubungi nomormu lagi. Tetapi, jika fitur bawaan ini dirasa kurang maksimal, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Fungsinya juga tidak jauh berbeda, namun dibekali dengan fitur yang lebih lengkap.

Adapun cara blokir nomor HP di android dengan atau tanpa aplikasi, di antaranya:

Cara Blokir Nomor HP di Android Tanpa Aplikasi

Cara Blokir Nomor  HP Tanpa Aplikasi
Cara Blokir Nomor HP Tanpa Aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, melakukan blok nomor HP bisa dilakukan tanpa aplikasi alias menggunakan fitur bawaan HP. Kamu bisa bebas memilih ingin blokir SMS atau panggilan, atau kedua-duanya. Untuk langkah-langkahnya sendiri sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu masuk ke menu Kontak, kemudian cari nomor telepon yang ingin kamu blokir.
  2. Jika sudah ketemu, selanjutnya klik tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas tampilan nomor kontak.
  3. Akan ada beberapa opsi yang muncul, kamu tinggal pilih opsi Blokir Kontak untuk langsung memblokirnya.
  4. Selesai, nomor tersebut sekarang tidak akan lagi bisa melakukan panggilan ke nomor HP kamu.

Jika kamu hanya ingin memblokir nomor HP agar tidak bisa mengirim SMS ke nomormu, caranya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu buka menu Pesan di HP android.
  2. Cari pesan dari nomor yang ingin kamu blokir, buka pesan tersebut.
  3. Selanjutnya kamu klik tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas.
  4. Untuk memblokir nomor, kamu tinggal klik opsi Blokir Nomor.
  5. Selesai, sekarang nomor tersebut tidak bisa lagi menghubungi nomormu.

Cara Blokir Nomor HP di Android dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Blokir Nomor Telepon di Android
Cara Blokir Nomor Telepon di Android

Selain menggunakan fitur bawaan HP, untuk memblokir nomor telepon seseorang kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memblokir nomor kontak seseorang di HPandroid. Salah satu aplikasi blokir nomor HP yag bisa kamu gunakan adalah Call Blocker Free – Blacklist. Untuk cara menggunakannya, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi Call Blocker Free – Blacklist melalui Google Play Store.
  2. Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut di HP androidmu.
  3. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu yang ada di paling kanan layar.
  4. Di dalam menu tersebut terdapat beberapa opsi yang bisa kamu pilih yakni opsi Blacklist, Whitelist, dan Blocking Mode. Untuk memblokir nomor HP, kamu pilih opsi Blacklist lalu klik tanda + (Plus).
  5. Nantinya akan muncul lagi beberapa opsi yakni From Call Log (blokir nomor dari daftar panggilan), From Contact (blokir nomor dari daftar kontak), From Message (blokir nomor dari daftar pesan, dan Manually (dengan memasukkan nomor HP secara manual). Kamu bebas memilih mana yang kamu anggap paling mudah untuk menemukan nomor yang ingin di-block, di sini saya memilih opsi From Contact.
  6. Pilih nomor yang ingin diblokir dengan cara memberinya Centang. Jika sudah, langsung klik tombol Add.
  7. Selesai, secara otomatis nomor yang dipilih tadi sudah berhasil diblokir.

Selain menggunakan aplikasi Call Blocker Free – Blacklist, ada aplikasi lain yang juga tidak kalah ampuh untuk memblokir nomor telepon. Aplikasi tersebut yakni Call Blacklist besutan developer bernama Vlad Lee. Untuk langkah-langkah menggunakannya juga cukup mudah, yakni:

  1. Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi Call Blacklist melalui Google Play Sore.
  2. Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut di HP androidmu.
  3. Pada halaman utama, muncul beberapa menu yang bisa kamu manfaatkan. Untuk melakukan blokir nomor HP, silahkan kamu pilih menu BLACKLIST.
  4. Untuk mulai memblokir nomor, kamu klik tombol (+) yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan. 
  5. Akan muncul beberapa opsi untuk memilih nomor yang ingin diblock, di antaranya opsi From calls log, From contacts, From messages log, Input number, dan Begins with. Jika nomor yang ingin diblok sudah terdaftar di list kontak, silahkahkan kamu pilih opsi From contacts.
  6. Selanjutnya kamu pilih nomor yang ingin diblokir, kemudian klik ikon Cheklist yang ada di pojok kanan bawah layar. Secara otomatis nomor sudah berhasil diblokir.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara blokir nomor HP di smartphone android yang bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?