5 Cara Blokir Iklan di Android Paling Mudah dan Ampuh

Cara Blokir Iklan di Android – Munculnya iklan saat berselancar di internet memang cukup mengganggu bagi sebian besar pengguna. Apalagi iklan tersebut muncul secara tiba-tiba sehingga tidak jarang kita melakukan klik pada iklan tersebut. Selain itu, iklan yang muncul secara tiba-tiba tersebut menandakan HP android terserang oleh malware. Malware sendiri bisa memberikan dampak negatif terhadap HP android.

Cara Blokir Iklan di Android

Jangan sepelekan kemunculan iklan yang berisi malware seperti ini, karena risiko paling parahnya adalah membuat komponen HP menjadi rusak sehingga tidak bisa digunakan kembali. Sebelum hal tersebut kamu alami, sebaiknya lakukan pencegahan dengan lebih dini. Salah satu caranya adalah dengan menghilangkan iklan yang muncul di android.

Baca Juga:

Cara menghilangkan iklan di android tidak sulit untuk dilakukan, kamu hanya perlu memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk menanganinya. Aplikasi blokir iklan seperti ini tentunya tidak berguna lagi jika kamu menggunakan aplikasi atau game premium. Karena biasanya pihak developer akan langsung memblokir iklan bagi pelanggan premiumnya.

Cara Blokir Iklan di Android Paling Mudah dan Ampuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara blokir iklan di android bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi-aplikais ini memang dirancang khusus agar bisa menghilangkan iklan yang biasa muncul saat browsing di internet atau pada saat menjalankan game dan aplikasi tertentu. Adapun beberapa aplikasi khusus untuk memblokir iklan di HP android tersebut, di antaranya:

1. Menggunakan Adblocker Browser Gratis

Cara blokir iklan di android paling mudah yang pertama yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bernama Adblocker Browser Gratis. Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini bisa kamu install dan gunakan secara gratis di Hp android. Meskipun termasuk aplikasi gratis, namun fitur di dalamnya sangat lengkap dan ampuh memblokir iklan yang muncul saat browsing di internet.

Berbagai jenis iklan bisa diblokir tanpa ampun oleh aplikasi ini jika sudah diinsall di android, mulai dari iklan spanduk, iklan berupa video, hingga iklan pop up. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memblokir cookie iklan sehingga tidak bisa tayang lagi. Jika pun jika terdapat adware atau malware yang menyerang, aplikasi ini akan memberikan notifikasi. Hebatnya lagi, aktivitas browsing menjadi lebih cepat dan hemat baterai serta kuota.

2. Menggunakan Aplikasi Adguard

Adguard juga menjadi salah satu aplikasi blokir iklan di android yang paling ampuh dan populer digunakan. Tidak hanya memblokir iklan saja, aplikasi ini juga bisa mencegah dan melindungi HP android dari web pishing dan pelacakan secara online. Jadi, HP akan benar-benar aman dari hal-hal negatif yang bisa saja terjadi.

Jika menggunakan aplikasi Adguard ini kamu tidak perlu lagi takut HP dihack oleh hacker atau semacamnya. Menginstall Adguard di HP android juga akan mampu menghemat bandwith dan kamu tidak memerlukan akses root untuk bisa menggunakannya. Adguard sendiri tersedia dalam 2 versi yakni Adguard free dan Adguard premium alias berbayar. Untuk versi berbayar sudah pasti fitur di dalamnya lebih lengkap, salah satunya bisa menghilangkan iklan di aplikasi atau game.

3. Menggunakan Adblock Plus (ABP)

Cara blokir iklan di android paling ampuh dan mudah berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga bernama Adblock Plus. Aplikasi satu ini hadir khusus untuk menghilangkan segala jenis iklan yang muncul saat browsing, di dalam aplikasi atau bahkan game. Aplikasi Adblock Plus ini bersifat Open Source sehingga siapa saja bisa memodifikasi, mengembangkan, atau bahkan mendistribusikannya kembali.

Aplikasi Adblock Plus bisa dijalankan dengan mudah di HP android yang belum diroot. Tetapi fungsinya akan lebih spesial jika dijalankan di HP android yang sudah diroot. Karena kita harus mengsintallnya dari luar Google Play Store, maka terlebih dahulu aktifkan opsi Unkown Sorce di android. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan android.
  • Setelah itu, masuk ke opsi Keamanan atau Privacy.
  • Cari opsi Install Aplikasi Tidak Dikenal, kemudian aktifkan untuk memberi izin install.
  • Selesai.

4. Menggunakan Aplikasi UC Browser

UC Browser sejatinya merupakan aplikasi browser di android yang cukup populer dan banyak digunakan. Keunggulan UC Browser dibandingkan dengan Chrome adalah lebih cepat dan memungkinkan pengguna mengakses fitur-fitur spesial di dalamnya. Salah satu fitur canggih yang disediakan di UC Browser adalah bisa memblokir atau menghilangkan iklan saat browsing.

Tidak perlu melakukan rooting smartphone untuk bisa menggunakan aplikasi ini di HP android. Kamu juga bisa menginstallnya secara mudah dan gratis melalui Google Play Store. Berbagai jenis iklan bisa diblokir dengan mudah oleh UC Browser, baik itu iklan banner, iklan berbasis video, dan juga iklan pop up. Untuk mengaktifkan fitur blokir iklan di UC Browser, sebagai berikut:

  • Install dan jalankan aplikasi UC Browser di android.
  • Jika sudah, pada halaman utama browser kamu klik menu Pengaturan atau icon Gear.
  • Lakukan slide pada opsi Ad-Blocker dan juga Ad-Blocker yang kuat untuk mengaktifkannya.

5. Menggunakan Aplikasi Noroot Firewall

Cara memblokir iklan di HP android yang terakhir yakni dengan memanfaatkan aplikasi Noroot Firewall. Aplikasi ini tidak hanya mampu menghilangkan iklan saat browsing saja, melainkan juga iklan di aplikasi juga bisa dihilangkan dengan mudah. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa diinstall dengan mudah tanpa memerlukan akses root.

Setelah menginstall aplikasi Noroot Firewall, aplikasi ini tidak bisa secara langsung melakukan pemblokiran iklan. Kamu perlu melakukan pengaturan terlebih dahulu agar fungsinya dalam memblokir iklan bisa aktif. Untuk cara pengaturannya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama install terlebih dahulu aplikasi Noroot Firewall.
  • Setelah itu, jalankan aplikasinya. Di sana akan tampil beberapa aplikasi yang terinstall di HP androidmu.
  • Untuk memblokir iklan, kamu tinggal memilih aplikasi yang ingin dihilangkan iklannya. Dengan begitu, iklan tidak akan lagi muncul di dalamnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara blokir iklan di android paling mudah dan ampuh bisa coba kamu terapkan. Menggunakan aplikasi pihak ketiga, bukan berarti cara ini tidak efektif dalam hal memblokir iklan, justru sebaliknya. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?