Cara Bikin Suara Google di TikTok Android

89
Cara Bikin Suara Google di TikTok
Cara Bikin Suara Google di TikTok

Cara Bikin Suara Google di TikTok – TikTok masih menjadi platform berbagi video pendek yang paling populer digunakan sekarang ini, khususnya di Indonesia. Kehadiran TikTok bahkan membikin ketar-ketir pemilik platform media sosial lainnya. Khawatir semua orang akan beralih ke TikTok dan meninggalkan platform jejaring sosial lain, dalam hal ini beberapa fitur serupa dihadirkan pada beberapa platform tersebut. Sebut saja Youtube dengan fitur video pendeknya yang dikenal juga dengan sebutan Youtube Short. Di Youtube Short ini kita bisa menemukan berbagai video pendek yang menarik untuk dijadikan tontonan.

Cara Bikin Suara Google di TikTok
Cara Bikin Suara Google di TikTok

Kembali ke TikTok, kita sebagai pengguna juga memungkinkan untuk berkontribusi dalam hal distribusi konten di dalamnya. Kita dibolehkan untuk mengunggah video menarik di akun TikTok, video postingan ini nantinya bisa dilihat atau ditonton oleh pengguna lain. Disarankan untuk membuat video yang menarik agar menjadi video rekomendasi oleh TikTok atau yang sebut juga dengan FYP. Video yang sudah FYP ini memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak pengguna sehingga peluang video ditonton akan lebih besar. Untuk durasi video yang FYP ini bervariasi, ada yang hanya bertahan 1 hari, 7 hari atau lebih lama dari itu.

Baca Juga:

Perihal pembuatan konten video di TikTok, kita bisa memanfaatkan fitur editing yang disediakan di TikTok. Atau juga menggunakan fitur kamera dan template video yang disedikan di TikTok untuk lebih praktisnya. Kurang lengkap rasanya kalau video TikTok tidak dilengkapi dengan audio atau musik. Dalam hal ini TikTok sudah menyediakan berbagai pilihan musik menarik yang bisa digunakan secara gratis. Agar semakin unik, kita bisa menggunkan suara Google sebagai pelengkap video. Ini juga bisa dijadikan alternatif bagi kamu yang kurang pede menjadi pengisi suara di video TikTok yang dibuat. Berikut cara bikin suara Google di TikTok yang mudah bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Bikin Suara Google di TikTok Android

Sangat mudah sebenarnya untuk membuat suara Google yang nantinya dijadikan sebagai suara latar pada video TikTok. Setidaknya ada 3 metode yang bisa digunakan, yakni membuat suara Google langsung di aplikasi TikTok, dengan aplikasi tambahan dan tanpa aplikasi tambahan. Kamu bisa memilih sendiri cara mana yang paling mudah untuk diterapkan dan sesuai kebutuhan.

Adapun cara bikin suara Google di TikTok melalui HP android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membuat Suara Google Langsung di TikTok

TikTok hadir dengan mendukung berbagai fitur canggih di dalamnya, termasuk fitur untuk membuat suara Google. Fitur ini diberi nama Text-to-Speech dan bisa kamu langsung akses di TikTok secara gratis. Untuk menggunakan fitur tersebut, kamu perlu memasukkan teks dan nantinya akan diubah menjadi suara Google. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

Membuat Suara Google Langsung di TikTok
Membuat Suara Google Langsung di TikTok
  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi TikTok di perangkat HP android.
  • Pastikan kamu sudah login ke akun TikTok milikmu.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Tambah yang ada di bagian tengah bawah tampilan.
  • Sekarang kamu klik Shutter untuk merekam video atau pilih Unggah Video jika sudah membuat video sebelumnya.
  • Video sudah berhasil dibuat atau diunggah, sekarang pada halaman pengeditan video kamu klik pada menu Teks atau ikon Aa di samping kanan tampilan.
  • Selanjutnya ketik teks atau kalimat yang ingin dijadikan suara Google. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Selesai di pojok kanan atas tampilan.
  • Untuk menjadikannya sebagai suara Google, kamu klik pada tulisan yang sudah dibuat tersebut. Maka akan muncul beberapa opsi di atasnya, lalu klik opsi Text-to-Speech. Suara Google akan terdengar mengucapkan kalimat yang ditulis tadi.
  • Kamu juga bisa mengatur posisi tulisan, gaya fotn dan warna fontnya sesuai keinginan.
  • Tinggal lanjut memposting video tersebut ke akun TikTok milikmu.
  • Selesai.

Catatan: Saat diputar, suara yang dihasilkan rasanya kurang mirip dengan suara Google yang biasa kita dengar, meskipun suaranya sama-sama perempuan.

2. Membuat Suara Google Menggunakan Aplikasi Tambahan

Membuat Suara Google Menggunakan Aplikasi Tambahan
Membuat Suara Google Menggunakan Aplikasi Tambahan

Sementara untuk cara yang kedua ini kita bisa menggunakan aplikasi pihak yang ketiga yang bisa didapatkan dari Google Play Store. Ada banyak pilihan aplikasi untuk membuat suara Google yang bisa kamu gunakan secara gratis. Salah satunya adalah aplikasi bernama Teks ke Suara yang dikembangkan oleh Health & Fitness AI Lab. Untuk cara menggunakannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi Teks ke Suara melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Biasanya aplikasi akan meminta beberapa izin akses, cukup setujui dengan klik Izinkan.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu tinggal memasukkan teks yang ingin dijadikan suara Google. Teksnya sendiri bisa dimasukkan dengan beberapa metode, yakni dengan mengetik secara manual, input via file TXT ataupun input via file PDF. Tinggal kamu pilih salah satu caranya sesuai keinginan dan kebutuhan.
  • Tekan ikon Play untuk menguji suara Google yang dibuat. Jika memang sudah pas, selanjutnya kamu simpan sebagai file Mp3.
  • Sekarang kamu buka aplikas edit video, dan masukkan suara Google yang sudah dibuat sebagai suara latarnya. Simpan videonya lalu bisa langsung kamu posting di akun TikTok milikmu.
  • Selesai.

Catatan: Kamu bisa memilih aplikasi serupa lainnya yang disediakan di Google Play Store, jika merasa kurang cocok dengan aplikasi di atas. Hampir semua aplikasi pengubah teks menjadi suara Google disediakan secara gratis.

3. Membuat Suara Google Tanpa Aplikasi

Membuat Suara Google Tanpa Aplikasi
Membuat Suara Google Tanpa Aplikasi

Dan cara yang terakhir untuk membikin video dengan suara Google di TikTok yakni dengan memanfaatkan situs online di internet. Ada banyak pilihan situs yang memiliki layanan untuk mengubah teks menjadi suara Google. Salah satunya adalah situs bernama Sound of Text yang bisa kamu akses secara gratis. Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka browser di perangkat smartphone.
  • Kemudian kunjungi halaman situs Sound of Text melalui LINK INI.
  • Pada halaman tersebut, kamu masukkan teks yang ingin dijadikan sebagai suara Google. Perlu diketahui, teks yang bisa dimasukkan dibatasi hingga 200 karakter huruf saja.
  • Selanjutnya ubah bahasa yang diinginkan, misalnya Bahasa Indonesia. Sebagai catatan, suara yang dihasilkan untuk masing-masing bahasa berbeda-beda. Jadi, pastikan kamu memilih bahasa yang tepat.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Submit. Maka hasil suaranya akan ditampilkan di bawahnya. Kamu bisa klik PLAY untuk memutar suara, atau klik DOWNLOAD untuk mendownload hasil suara Google dalam bentuk file audio.
  • Tinggal kamu gunakan file audio Suara Google tersebut sebagai latar video yang nantinya ingin diposting di TikTok.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara bikin suara Google di TikTok Android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengunci WhatsApp di HP Samsung Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Mengubah Rekaman Suara Menjadi Teks di Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini