3 Cara Berhenti Langganan NSP Telkomsel Paling Mudah

Cara Berhenti Langganan NSP Telkomsel РNSP atau yang memiliki kepanjangan Nada Sambung Pribadi merupakan nada yang biasanya diputar saat pengguna lain melakukan panggilan ke nomor yang berlangganan NSP. Setiap operator  menyediakan layanan NSP dengan pilihan lagu yang beragam. Salah satunya adalah Telkomsel yang juga menyediakan layanan NSP untuk para pelanggan setianya.

Cara Berhenti Langganan NSP Telkomsel
Cara Berhenti Langganan NSP Telkomsel

NSP ini sendiri bisa dibeli dengan cara berlangganan dan menggunakan pulsa sebagai alat pembayarannya. NSP biasanya juga memiliki durasi langganan, mulai dari 7 hari atau bisa juga lebih dari itu. Berlangganan NSP pada operator tertentu bertujuan agar pengguna yang menelpon tidak bosan dengan suara tuut tuut tuut pada umumnya. Tetapi terkadang langganan NSP suka menyedot pulsa secara tiba-tiba.

Baca Juga:

Ketika masa aktif NSP sudah habis, maka layanan tersebut akan diperpanjang secara otomatis dengan mengambil pulsa yang ada di kartu operator terdaftar. Ada kalanya juga pengguna secara tidak sengaja berlangganan layanan NSP ini. Alhasil pulsanya terus tersedot hanya untuk melakukan perpanjangan NSP. Agar ini tidak terjadi secara terus menerus, sebaiknya lakukan pemberhentian langganan NSP. Untuk cara menonaktifkan NSP Telkomsel bisa disimak selengkapnya di bawah ini.

Cara Berhenti Langganan NSP Telkomsel yang Mudah

Untuk menonaktifkan layanan NSP Telkomsel, setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu lakukan. Bisa dengan melalui kode dial/USSD, mengirim pesan, atau juga dengan trik mengosongkan pulsa. Ketiga cara ini diklaim sangat ampuh mencegah tersedotnya pulsa secara terus-menerus akibat berlangganan NSP Telkomsel. Adapun cara berhenti langganan NSP Telkomsel selengkapnya, bisa di simak di bawah ini:

1. Melalui Kode USSD

Cara berhenti langganan NSP Telkomsel yang pertama adalah dengan melalui kode dial up atau USSD. Cara ini dianggap yang paling mudah dan bisa melakukan penonaktifan layanan NSP Telkomsel dengan segera. Dengan begitu, pulsa Telkomsel tidak akan tersedot lagi. Untuk langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka menu Panggilan di HP android.
  • Setelah itu, ketikkan kode USSD *121*9#.
  • Kemudian klik tombol Panggil sesuai posisi kartu SIM (SIM1/SIM2).
  • Nanti akan muncul beberapa pilihan menu seputar NSP, mulai dari NSP yang masih aktif, NSP promo, hingga pilihan untuk berhenti langganan NSP.
  • Karena di sini kita akan menonaktifkan NSP Telkomsel, maka pilih opsi Berhenti Langganan NSP.
  • Jika sudah, beberapa saat pihak Telkomsel akan mengirimkan pesan yang memberitahukan kalau NSP kamu sudah berhasil dinonaktifkan.

2. Mengirim SMS ke Nomor 1212

Selain menggunakan kode dial up, cara lain untuk berhenti langganan layanan NSP Telkomsel adalah dengan mengirimkan pesan teks ke nomor 1212. Nomor ini memang dikhususkan pihak Telkomsel untuk menanggapi seputar layanan NSP, salah satunya ketika pengguna ingin berhenti langganan NSP.  Caranya juga sangat mudah, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Langkah pertama kamu buka menu Pesan di HP androidmu.
  • Ketikkan tulisan OFF pada kolom pesan, lalu masukkan nomor tujuan 1212.
  • Jika sudah, langsung klik Kirim untuk mengirimkan pesan UNREG NSP Telkomsel tersebut.
  • Nantinya kamu akan mendapat balasan berupa SMS yang menyatakan kalau semua langganan NSP-mu sudah dimatikan.

Cara di atas berguna jika kamu ingin berhenti semua langganan NSP Telkomsel. Namun jika kamu hanya ingin menonaktifkan salah satu langganan NSP dan membiarkan NSP dengan judul lagu lainnya, maka cara ini bisa diterapkan.

  • Langkah pertama buka menu Pesan di HP android.
  • Setelah itu, ketikkan tulisan OFF (spasi) Judul NSP langganan kamu pada kolom teks pesan.
  • Masukkan nomor tujuan 1212, kemudian klik Kirim.
  • Nantinya akan ada balasan dari pihak Telkomsel yang berisi pernyataan bahwa salah satu layanan NSP kamu sudah berhasil dihentikan.

Cara di atas sangat mudah untuk dilakukan, juga berguna bagi kamu yang punya beberapa langganan NSP dan ingin menghentikan salah satu langganan NSP tersebut. Perlu kamu tahu juga, berhenti langganan NSP melalui SMS ini tidak akan dikenakan biaya SMS sepeserpun alias gratis.

3. Mengosongkan pulsa Telkomsel

Cara berhenti langganan NSP di kartu Telkomsel paling mudah yang terakhir adalah dengan mengosongkan pulsa. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, langganan NSP Telkomsel biasanya punya durasi tersendiri. Jika sudah melewati waktu yang ditentukan, maka NSP Telkomsel akan diperpanjang secara otomatis dengan mengambil pulsa yang tersisa sesuai harga langganan  NSP tersebut. 

Agar NSP tidak diperpanjang secara otomatis, maka kamu perlu mengosongkan pulsa di kartu Telkomselmu. Ketika akan melakukan perpanjangan langganan NSP dan ternyata pulsa di kartu terdaftar tidak ada sisa, maka perpanjangan akan mengalami kegagalan. Itu artinya langganan NSP kamu secara otomatis berhenti dengan sendirinya. Pemberitahuan biasanya akan dikirim oleh pihak telkomsel melalui SMS. Di dalamnya akan tertera keterangan kalau langganan NSP kamu dibatalkan secara otomatis karena pulsa tidak mencukupi untuk melakukan perpanjangan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara berhenti langganan NSP Telkomsel paling mudah yang bisa kamu terapkan sendiri. Dengan melakukan beberapa cara di atas, tentu pulsa di kartu Telkomselmu tidak akan lagi tersedot secara terus-terusan. Entah benar atau tidak, terkadang kartu Telkomsel melakukan langganan NSP tanpa diketahui oleh pengguna.

Saya sendiri pernah mengalaminya, di mana sisa pulsa di kartu terus berkurang dengan sendirinya. Setelah dicek ternyata kartu Telkomsel saya berlangganan NSP sehingga terus-terusan melakukan perpanjangan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk pengguna Telkomsel lainnya.