Cara Berbagi Password Wifi Terhubung di Realme

3988
Cara Berbagi Password Wifi Terhubung di Realme
Cara Berbagi Password Wifi Terhubung di Realme

Cara Berbagi Password Wifi Terhubung di Realme – Realme hadir untuk meramaikan pasar HP android dunia. Kehadirannya bahkan bisa dibilang cukup membuat ketar-ketir brand smartphone android lain. Bagaimana tidak? Realme dengan konsep smartphonenya mampu menarik minat para pecinta smartphone android di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. HP Realme hadir dengan desain modis yang dipadukan dengan performa smartphone yang cepat dan stabil. Hal ini ditujukan untuk menunjang penampilan penggunanya tanpa melupakan kenyamanan dalam mengoperasikan smartphone android. Selain itu, harga dari HP Realme ini bisa dibilang cukup terjangkau, yang tentunya ini menjadi daya tarik lain bagi pecinta smartphone.

Cara Berbagi Password Wifi Terhubung di Realme
Cara Berbagi Password Wifi Terhubung di Realme

Pada HP Realme disematkan berbagai fitur canggih yang semakin membuat nyaman dan puas para penggunanya. Misalnya saja fitur kamera yang mampu menangkap berbagai momen dengan sangat baik. Baik itu, pengabadian momen dalam bentuk foto maupun video. Yang pasti kenyamanan pengguna dalam menggunakan kamera sangat diutamakan oleh Realme. Selain itu, ada pula fitur khusus yang memudahkan pengguna untuk membagikan password wifi yang sudah terhubung di dalamnya. Cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk soal membagikan kata sandi wifi, juga tidak perlu memasukkan passwordnya secara manual. Perangkat HP lain akan secara otomatis terhubung langsung ke jaringan wifi yang sama dengan yang digunakan di Realme.

Baca Juga:

Untuk membagikan kata sandi wifi terhubung di HP Realme ini, kita bisa memanfaatkan fitur kode QR wifi. Jadi, pada HP Realme yang sudah terhubung ke salah satu jaringan wifi akan membuat kode QR khusus. Dari kode QR tersebut akan menyimpan informasi detail dari jaringan wifi yang terhubung, baik itu nama jaringan, kata sandi dan jenis jaringannya. Pada HP lain kita bisa memanfaatkan fitur scanner kode QR, lalu melakukan scanning kode QR wifi yang ditampilkan di HP Realme tersebut. Meskipun mudah dilakukan, nyatanya masih banyak pengguna yang belum tahu cara menerapkannya. Tidak perlu bingung, pasalnya pada artikel ini akan dijelaskan cara bebagi kata sandi wifi terhubung di Realme tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Berbagi Password Wifi Terhubung di Realme

Cara Menampilkan Password Wifi Terhubung di Realme
Cara Menampilkan Password Wifi Terhubung di Realme

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk bisa menyambungkan HP lain ke jaringan wifi yang sama di Realme dengan menggunakan kode QR. Di sini kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, karena fitur penampil kode QR dan scanning kode QR sudah disematkan di hampir semua tipe dan merek HP android.

Adapun cara berbagi password wifi terhubung di Realme selengkapnya, sebagai berikut:

1. Berbagi Password Wifi Terhubung di HP Realme dengan Kode QR

Cara satu ini akan membagikan kata sandi wifi terhubung di Realme dengan cara menampilkan kode QR wifi. Nantinya pada HP lain kita bisa menggunakan scanner kode QR dan melakukan scanning pada kode QR wifi tersebut. Dengan demikian HP lain yang melakukan scanning akan secara otomatis terhubung ke jaringan wifi yang sama dengan yang digunakan di Realme.

Langkah 1. Menampilkan Kode QR Wifi di HP Realme

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Realme.
  2. Kemudian masuk ke sub menu Wi-Fi.
  3. Lanjutkan dengan klik pada ikon ā€œiā€ yang ada di sebelah Nama Jaringan wifi terhubung di HP Realme tersebut.
  4. Pada halaman informasi jaringan wifi, selanjutnya kamu klik Bagikan atau Share.
  5. Nantinya di layar HP Realme akan ditampilkan kode QR atau barcode wifi-nya yang siap untuk discanning menggunakan HP lain.

Langkah 2. Scan Kode QR Wifi Lewat HP Lain

  1. Sekarang kamu siapkan HP lain yang ingin dibagikan password wifi terhubung di Realme tadi.
  2. Pada HP tersebut, kamu usap layar dari atas ke bawah untuk menampilkan halaman Quick Panel.
  3. Selanjutnya tekan dan tahan ikon Wifi selama beberapa detik. Nantinya kamu akan di bawah ke halaman pengelolaan jaringan wifi di HP android.
  4. Kemudian klik ikon Scanner yang ada di bagian pojok kanan atas.
  5. Kamera scanner akan ditampilkan, sekarang kamu arahkan kamera scanner tersebut ke tampilan kode QR wifi yang ada di Realme tadi.
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses scanning berhasil. Nantinya HP tersebut akan langsung terhubung ke jaringan wifi yang sama dengan yang terhubung di HP Realme.
  7. Selesai.

Cara ini hanya berlaku untuk HP Realme yang sudah disediakan fitur berbagi wifi dengan barcode atau kode QR. Pasalnya, ada beberapa seri HP Realme yang memang belum dilengkapi dengan fitur tersebut. Misalnya saja HP Realme C2, Realme C3 dan beberapa seri lainnya.

2. Berbagi Password Wifi Terhubung di HP Realme dengan Google Lens

Beberapa seri HP android mungkin belum disediakan fitur scan kode QR wifi di dalamnya. Untuk itu, sebagai alternatifnya kita bisa memanfaatkan Google Lens untuk melakukan scanning pada kode QR wifi tersebut. Berbeda dengan cara di atas, penggunaan Google Lens ini hanya akan menampilkan informasi dari kode QR wifi, meliputi nama jaringan, kata sandi dan jenis jaringan.

Jika sudah mengetahui password dari wifi, nantinya kita bisa menghubungkan HP android lain ke jaringan wifi dengan memasukkan kata sandinya secara manual. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama Anda perlu menampilkan kode QR wifi di HP Realme seperti cara pertama di atas.
  2. Jika sudah, sekarang kamu siapkan HP lain yang ingin dihubungkan ke jaringan wifi yang sama di HP Realme tersebut.
  3. Pada HP lain tersebut, kamu buka aplikasi Google.
  4. Pada halaman utama aplikasi, selanjutnya kamu klik ikon Kamera yang ada di sebelah kanan Kotak Pencarian. Maka Google Lens akan ditampilkan di layar HP.
  5. Selanjutnya klik ikon Kamera atau tulisan ā€œTelusuri dengan kamera Andaā€ untuk menampilkan kamera scanner.
  6. Sekarang arahkan kamera scanner tersebut ke tampilan kode QR atau barcode wifi di Realme tadi. Jika berhasil, nantinya akan ditampilkan nama jaringan wifi beserta kata sandinya.
  7. Selanjutnya tinggal kamu hubungkan HP tersebut ke jaringan wifi dan masukkan passwordnya.
  8. Selesai.

Catatan: Aplikasi Google biasanya akan tersedia sebagai aplikasi default di HP android semua tipe. Jika memang tidak ada, kamu bisa mengakses Google Lens melalui aplikasi Google Chrome.

3. Berbagi Password Wifi Terhubung di HP Realme dengan Aplikasi Tambahan

Sementara untuk cara yang ketiga ini bisa digunakan pada HP android yang tidak dilengkapi dengan fitur scanner kode QR wifi. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah WiFi QrCode Password scanner yang dikembangkan oleh Tech Tool. Aplikasi satu ini sudah didownload lebih dari 10 juta kali di Google Play Store dengan mendapat rating sebesar 4.5 dari 5 bintang.

Untuk langkah-langkah melakukan scanning kode QR wifi dengan aplikasi scanner tambahan tersebut, yakni:

  1. Langkah pertama kamu perlu menampilkan kode QR wifi di HP Realme seperti cara pertama di atas.
  2. Selanjutnya kamu download dan install aplikasi WiFi QrCode Password scanner di HP lain yang ingin dihubungkan ke jaringan wifi yang sama di Realme.
  3. Sekarang buka aplikasi tersebut. Jika aplikasi meminta izin akses, kamu perlu menyetujuinya dengan cara klik Izinkan.
  4. Pada halaman utama aplikasi akan ditampilkan kamera scanner.
  5. Sekarang arahkan kamera scanner tersebut ke kode QR wifi di Realme.
  6. Nantinya akan ditampilkan informasi jaringan wifi lengkap dengan passwordnya. Tinggal kamu hubungkan HP tersebut ke jaringan wifi yang sama dengan memasukkan password secara manual.
  7. Selesai.

Cara ini sebenarnya hampir sama konsepnya dengan cara kedua di atas. Hanya saja, di sini kamu akan menggunakan aplikasi scanner tambahan yang didownload melalui Google Play Store. Selain WiFi QrCode Password scanner di atas, masih ada banyak pilihan aplikasi serupa lainnya yang bisa kamu gunakan dan pastinya gratis.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara berbagi password wifi terhubung di Realme dengan dan tanpa aplikasi yang mudah bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCara Berbagi Password Wifi Terhubung di OPPO Semua Tipe
Artikel SelanjutnyaCara Berbagi Password Wifi Terhubung di Samsung Semua Tipe
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini