Cara Mudah Berbagi Jaringan WIFI dengan Code QR

Cara Mudah Berbagi Jaringan WIFI dengan Code QR – Pada era modern kita sekarang ini teknologi sudah semakin melesat maju, bisa kita bandingkan di tahun 2019 sekarang dengan 10 tahun yang lalu dimana dulu internet hanya lah sebatas media elektrik untuk melakukan telepon saja. Dan di masa kita ini internet tidak lagi cuman digunakan untuk menelpon saja, melainkan banyak hal yang bisa membuat orang terhubung satu dengan yang lain serta telah menjadi sebuah kebutuhan utama bagi sebagian besar manusia di seluruh dunia. Bahkan banyak juga aktifitas dan pekerjaan yang hanya bisa di selesaikan dengan menggunakan jaringan internet.

Cara Mudah Berbagi Jaringan WIFI dengan Code QR

Selain mengandalkan jaringan internet dari kartu sim provider, jaringan WiFi juga salah satu koneksi internet yang banyak sering di andalkan banyak orang dan mungkin juga termasuk kamu. Nah, bagi kalian yang ingin tidak lagi repot untuk berbagi password WiFi kepada teman, tenang kini sudah ada cara mudah agar dapat melakukan sharing koneksi WiFi tanpa harus membagi passwordnya lagi. Yaitu dengan cara memakai scan Barcode atau biasa disebut juga dengan kode QR melalui smartphone Android kesayangan kita. Untuk melakukannya terdapat 2 tipe cara yang bisa kamu lakukan, pertama ialah dengan memakai aplikasi pihak ketiga, kemudian kedua adalah dengan menggunakan fitur tersembunyi yang mungkin terdapat di dalam hp kamu.

Baca Juga:

Dengan adanya cara ini pasti akan mempermudah kalian juga yang biasanya datang ke warkop hanya untuk berwifian berbayar, dimana jika anda datang bersama teman 2 orang maka cukup satu saja yang membayar. Kemudian 2 teman lainnya tidak perlu lagi membayar dan tinggal menyambungkan koneksi melalui cara scan barcode milik anda. QR Code itu sendiri adalah kode 2-D yang berfungsi menyimpan banyak data informasi, sering juga di pakai dalam sarana marketing, advertising, dan masih banyak lagi. Walaupun nantinya jaringan wifi yang ada pada hp anda terbagi lagi dengan teman, tidak usah khawatir akan kehilangan kestabilan kecepatan akses, karena dengan cara ini sudah terbukti tidak akan banyak mempengaruhi kecapatan jaringan internet.

Cara Mudah Berbagi Jaringan WIFI dengan Code QR

Setelah membaca ringkasan seputar kode batang di atas tadi, kini saatnya kita lanjut dengan membahas tutorial berbagi wifi dengan scan kode batang pada smartphone. Berikut di bawah ini beberapa cara yang bisa untuk kalian gunakan.

1. Menggunakan Aplikasi InstaWiFi

InstaWifi merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan bagi para penggunanya dapat dengan mudah untuk membagi jaringan WiFi mereka kepada kerabat maupun teman dengan memanfaatkan kode QR dan NFC. InstaWiFi ini bisa dengan mudah kalian unduh melalui Google Play Store gratis, dan bisa dipakai tanpa memerlukan akses Root pada hp. Akan tetapi hal yang membedakannya dari user root ataupun nonroot yaitu terletak pada saat pengisian password dimana kalau handphone root akan terisi otomatis, sedangkan handphone nonroot akan selalu mengisi secara manual.

Menggunakan Aplikasi InstaWiFi

Langkah-langkah berbagi WiFi menggunakan InstaWifi:

  1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi InstaWifi melalui Google PlayStore
  2. Jika sudah memiliki aplikasi tersebut maka lanjut dengan membukanya, lalu akan muncul 2 pilihan yang dapat kalian pilih, yaitu QR dan NFC
  3. Pilih lah opsi QR, setelah itu isi kolom SSID, Security, dan Password yang kamu inginkan. Perlu di ketahui bahwa pengisian SSID dan Security harus sesuai dengan yang digunakan pada jaringan WiFi tersebut. Dan kalau hp anda belum memiliki akses root, maka wajib untuk mengisikan password.
  4. Lalu aktifkan apl Barcode Scanner pada smartphone yang mau kalian sambungkan WiFi dengan kode batang hp anda, selanjutnya akan tampil permintaan untuk tindakan scan kode QR.
  5. Arahkan kamera hp pada QR Code milik kamu tadi agar dapat melakukan pemindaian dan tersambung kedalam jaringan wifi, kemudian akan muncul sebuah informasi seputar jaringan dari wifi tersebut.
  6. Setelah menyelesaikan langkah di atas maka secara otomatis perangkat hp teman anda tadi akan tersambung kedalam Wifi.

2. Berbagi WiFi Melalui QR Code Khusus Xiaomi

Bagi kalian pengguna smartphone android Xiaomi yang sedang kebingungan untuk sharing wifi hp kepada teman tanpa susah payah berbagi password. Maka cara yang satu ini merupakan cara yang paling tepat untuk kalian gunakan sebab tanpa memerlukan aplikasi tambahan lagi agar dapat melakukannya, karena dari pihak xiaomi sendiri sudah memfasilitasi penggunanya dengan fitur share password wifi dari satu hp Mi dengan hp Mi lainnya dengan memanfaatkan Scan Barcode.

Berbagi WiFi Melalui QR Code Khusus Xiaomi

Langkah-langkah berbagi WiFi khusus Xiaomi:

  1. Buka menu Pengaturan pada smartphone Mi kalian
  2. Pilih opsi Wifi untuk masuk ke dalam pengaturan wifi
  3. Tap Nama Wifi yang sedang anda gunakan, setelah itu akan tampil kode QR yang nantinya bisa di scan oleh hp orang lain.

Setelah melakukan sharing di atas, lanjut dengan melakukan pemindaian barcodenya dengan hp yang mau di sambungkan ke jaringan wifi.

Langkah-langkah menyambungkan WiFi khusus Xiaomi:

  1. Pertama, buka aplikasi Pemindai (Scan) pada smartphone Xiaomi tersebut
  2. Kalau alat scan tadi sudah terbuka, maka langsung saja arahkan kamera hp kepada kode batang yang tadi
  3. Jika sudah sukses melakukannya lalu akan tampil informasi seputar jaringan dari wifi tersebut, berupa Password, SSID, dan sistem keamanan yang dipakai.
  4. Langkah terakhir untuk menghubungkannya cukup kalian klik pada pilihan “Hubungkan ke jaringan ini“.

Penutup

Baiklah itu dia tadi artikel seputar Cara Mudah Berbagi Jaringan WIFI dengan Code QR, semoga dengan ada nya ini dapat membantu menyelesaikan masalah kalian.