Cara Belanja Online Aman Wajib Kamu Ketahui!

Cara Belanja Online Aman Wajib Kamu Ketahui Banyaknya toko online (e-commerce) hadir di internet kini, memang menjadi sebuah peluang bisnis yang besar. Di mana banyak pihak yang akan di untungkan. Seperti halnya sebagai pihak pembeli yang bertindak sebagai konsumen. Untuk mendapatkan barang yang konsumen inginkan cukup membelinya dengan menggunakan smartphone sebagai alat utama transaksi. Di mana konsumen akan di permudah dalam memilih marketplace, pembelian, pembayaran, serta penerima barang yang instant. Tak heran kini, jika berbelanja online telah menjadi pilihan utama sebagian besar masyarakat dunia khususnya Indonesia sendiri.

Cara Belanja Online Aman Wajib Kamu Ketahui!

Selain kemudahan bertransaksi, para pelaku marketplace toko online juga lagi gencarnya menawarkan banyak promo. Sehingga para masyarakat berantusias untuk membeli barang incarannya di toko online tersebut, dan itu merupakan keuntungan yang besar bagi pihak penjual yang menggunakan marketplace pada toko online sebagai lapak jualan mereka. Namun, di balik semua kemudahan berbelanja dari toko online terkadang juga masih ada tindak kecurangan yang di lakukan oleh si penjual terhadap produk jualannya lo. Jadi, walaupun cara bertransaksinya serba mudah mulai dari pemilihan barang sampai penerimaan barang, kamu juga masih harus waspada ya.

Baca Juga:

Di balik kemudahan berbelanja tanpa harus keluar rumah, tentu kita sebagai pembeli juga harus pintar dalam membeli setiap barang yang hendak kita inginkan. Jika tidak cukup pintar, mungkin kita akan merasa rugi setelah melakuakn transaksi akibat kita yang kurang teliti. Mungkin kalian bertanya-tany,a hal apa aja sih yang harus di perhatikan sebelum berbelanja online supaya aman dan nyaman. Nah, pada artikel kali ini Bukandroid sudah berhasil merangkum Cara Belanja Online Aman Wajib Kamu Ketahui. Dengan membaca rangkuman kita di bawah ini, mungkin bisa membantu anda supaya terus tetap berbelanja dengan rasa aman dan nyaman.

Cara Belanja Online Aman Wajib Kamu Ketahui!

Rasa nyaman dan aman akan timbul ketika kita merasa puas ketika membeli suatu produk jasa maupun barang. Tapi, ada beberapa hal yang dapat membuat kita merasa rugi setelah berbelanja. Seperti, produk yang tak sesuai yang di harapkan, pelayanan seller yang kurang memuaskan, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sangat saya sarankan untuk menyimak habis topik kita berikut ini.

1. Mengetahui Reputasi Toko

Mengetahui Reputasi Marketplace Penjual

Semua toko online pastinya mengharapkan yang terbaik bagi Buyer terhadap Seller pada e-commerce mereka. Oleh karena itulah di sediakan beberapa fitur penting yang dapat di jadikan patokan bagi pembelian lainnya untuk menilai seberapa bagus marketplace dari penjual tersebut. Fitur yang saya maksud adalah Rating Toko (toko), Ulasan Pembeli dan juga Kolom Diskusi pada setiap produk yang ada. Melalui Rating Toko pada menu utama, kita akan mudah mengetahui seberapa besar penjualan yang sudah di raih oleh toko penjual tersebut. Di mana semakin banyak ratingnya maka akan membuat reputasinya menjadi lebih terpercaya.

Lanjut untuk fitur Ulasan Pembeli, di sana kamu akan bisa menemukan komentar dan bintang yang di berikan oleh pembeli sebelumnya mengenai produk tersebut. Entah itu komentar bersifat buruk atau pun baik, dari sana lah kamu akan dapat menilai sendiri bagaimana kualitas serta pelayanan dari marketplace itu. Sedangkan pada fitur Kolom Diskusi itu akan mempermudah kamu mencari jawaban serta bertanya langsung mengenai apapun tentang produk dan layanan toko itu sendiri. Nah itu dia tadi fitur yang wajib kamu pahami untuk dapat mengetahui reputasi sebuah toko online yang baik.

2. Teliti Membaca Deskripsi Produk

Teliti Membaca Deskripsi Produk

Banyak dari konsumen juga terkadang terkecoh dengan apa yang dia beli pada marketplace di suatu toko online tak sesuai sama yang ia harapkan. Hal itu terjadi karena si pembeli tak teliti membaca deskripsi produk yang di berikan oleh penjual pada halaman produknya. Di mana pada deskripsi produk terkadang penjual melakukan sebuah perjanjian transaksi atas pembelian barang tersebut, atau mengenai kondisi barang, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebelum melakukan pembelian barang sangat wajib untuk kamu membaca deskripsi produk hingga habis yaa.

3. Bandingkan Harga Sama Toko Lain

Bandingkan Harga Sama Toko Lain

Selain harus teliti dalam membaca deskripsi, kita sebagai konsumen juga harus cermat membandingkan harga dengan toko lainnya ya. Tak ada salah nya kok untuk kita membandingkan harga sama produk yang serupa, sebab hal ini akan sangat berguna dalam menghindari manipulasi harga yang tak jarang di temukan. Jika sudah berhasil membandingkan harga dengan barang yang serupa di toko berbeda, maka anda akan dapat memperkirakan. Misalnya produk dari toko mana yang memberikan kualitas yang sama tapi dengan harga yang cukup berbeda dari sekian banyak toko. Melalui tahap ini maka kalian akan mendapatkan barang dengan harga terbaik.

4. Gunakan Metode Pembayaran Cash on Delivery

Gunakan Metode Pembayaran Cash on Delivery

Bagi kamu yang khawatir apabila transaksi berhenti di tengah jalan dan tak mau repot menarik uang dari dompet digital toko online, maka lebih di sarankan menggunakan metode pembayaran COD. Melalui Cash on Delivery ini akan menjaga uang anda tetap aman sampai barang pesanan anda terima di rumah. Gak usah bingung untuk mencari metode pembayaran ini ya. Karena hampir di semua e-commerce besar seperti Shopee dan Tokopedia telah memberikan layanan COD pada metode pembayarannya. Melalui cara ini di pastikan uang kamu akan aman dan tak perlu khawatir lagi deh.

5. Merobek Alamat Pada Paket

Merobek Alamat Pada Paket

Tips aman agar terhindar dari tindak kejahatan penipuan dengan mengatas namakan kita dan lain sebagainya ialah dengan cara merobek alamat atau identitas dari paket pembelian. Akan sangat bahaya apabila identitas pribadi kita di salah gunakan orang lain. Oleh sebab itulah ketika sudah membeli barang, segeralah untuk merobek data alamat kamu yaa, sebelum di buang ke kotak sampah.

6. Jangan Ragu Melakukan Komplain

Jangan Ragu Melakukan Komplain

Jika barang yang di terima tak sesuai dengan pesanan anda, maka jangan ragu untuk mengajukan komplain terhadap penjual tersebut ya. Perbincangkan kepada penjual barang tersebut mau ditukarkan kembali dengan produk yang sama apa lebih baik uang kembali jika itu murni kesalahan penjual. Dan juga transaksi barang itu jangan dulu kamu klik Selesai, biar proses komplain milikmu berjalan cepat. Setelah komplain anda di setujui sesuai sama apa yang telah di sekapati oleh seller, maka jangan lupa untuk mengisi Ulasan Pembelian anda. Agar itu menjadi pertimbangan bagi pembeli lain.

Penutup

Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini, jangan lupa untuk share artikel kita yaa, terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini