Cara Backup Kontak di Android yang Simple dan Mudah

Cara Backup Kontak di Android – Sebuah HP sejatinya difungsikan sebagai alat komunikasi antar satu pengguna dengan pengguna lain. Hanya saja, sekarang ini fitur di HP khususnya HP android sudah diperlengkap. Tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga bisa digunakan untuk berbagai hal, termasuk juga sarana hiburan bagi pengguna. Di HP android khususnya, sudah tersedia berbagai macam game seru yang pastinya membuat pengguna ketagihan memainkannya.

Cara Backup Kontak di Android
Cara Backup Kontak di Android

Kembali ke fungsi utama HP, untuk bisa terhubung dengan pengguna lain kita membutuhkan yang namanya nomor telepon. Nomor telepon ini sendiri biasanya disimpan di menu kontak agar lebih mudah saat ingin menghubunginya nanti. Khususnya bagi pelaku bisnis atau usaha, kontak telepon menjadi hal penting yang harus disimpan dengan baik. Tidak hanya pelaku bisnis, beberapa pengguna umum terkadang juga menganggap nomor kontak yang disimpan di HP-nya sangat penting.

Baca Juga:

Pada beberapa kasus, kontak di android bisa saja terhapus atau hilang secara tiba-tiba. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya HP mati total dan harus diflash atau reset, ganti HP baru dan lain sebagainya. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa melakukan backup kontak telepon agar tetap aman saat terjadi hal-hal yang disebutkan tadi. Lantas, bagaimana cara backup kontak di android tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Backup Kontak di Android yang Paling Mudah

Cara Backup Kontak Android
Cara Backup Kontak Android

Untuk melakukan backup kontak di android, kamu perlu media sebagai tempat penyimpanannya. Ada banyak pilihan media penyimpanan yang bisa kamu manfaatkan untuk membackup kontak telepon, seperti SIM card, memori eksternal atau microSD, akun Google Drive, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa cara backup kontak di android yang mudah dan cepat, di antaranya:

Cara Backup Kontak Telepon ke SIM Card

SIM card atau kartu SIM operator tidak hanya berisi nomor saja, melainkan juga bisa difungsikan untuk tempat membackup data kontak di android. Dengan melakukan cara ini, kamu tidak perlu lagi bingung saat ingin berganti HP, karena kontak telepon sudah tersimpan dengan aman di kartu SIM. Untuk langkah-langkah membackup kontak di android ke SIM card, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka menu Kontak di HP android.
  • Pada tampilan list kontak, kamu klik tiga garis horizontal yang ada di bagian pojok kiri atas. Kemudian klik opsi Kelola kontak.
  • Akan muncul beberapa opsi untuk mengelola kontak, untuk melanjutkan kamu klik opsi Impor/ekspor kontak.
  • Pada halaman berikutnya, kamu klik pada tombol Ekspor.
  • Di sini akan muncul beberapa pilihan tempat sebagai penyimpanan data backup kontak. Karena kita akan membackup ke SIM card, maka pilih opsi kartu SIM 1 atau SIM 2.
  • Berikutnya pilih kontak yang ingin dibackup. Jika ingin membackup seluruh kontak maka beri centak pada opsi Semua yang ada di pojok kanan atas.
  • Dan terakhir klik tombol Selesai. Secara otomatis kontak akan langsung dibackup ke kartu SIM.

Cara Backup Kontak Telepon ke Memori Internal atau Memori Eksternal

Cara backup konta di android berikutnya ini hampir sama dengan cara sebelumnya. Hanya saja di sini kamu memilih opsi lain sebagai tempat penyimpanan data kontak, yakni memori internal ataupun eksternal. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka menu Kontak di HP android.
  • Selanjutnya klik tiga garis horizontal di pojok kanan atas, lalu klik opsi Kelola kontak.
  • Pilih opsi Impor/ekspor kontak, kemudian pilih tombol Ekspor.
  • Kamu bebas memilih apakah ingin menggunakan memori internal atau eksternal sebagai tempat penyimpanan data kontak. Lebih aman jika kamu memilih memori eksternal. Namun, pastikan di HP-mu sudah terpasang microSD dan ruang kosong masih tersedia.
  • Selanjutnya pilih kontak yang ingin dibackup atau centang pada opsi Semua jika ingin membackup seluruh kontak.
  • Klik Selesai untuk melanjutkan pembackupan.

Cara Backup Kontak Telepon ke Akun Google

Selain cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan akun Google sebagai tempat untuk membackup data kontak di HP android. Caranya juga tidak begitu sulit, lihat langkah-langkahnya berikut ini:

  • Sebelum mulai membakcup data kontak di android, pastikan kamu sudah punya akun Google pribadi. Jika memang sudah punya, sekarang kamu masuk ke menu Pengaturan.
  • Setelah itu, scroll ke bawah lalu pilih opsi Akun dan pencadangan.
  • Pada halaman berikutnya, kamu klik opsi Pencadangan dan pemulihan.
  • Mulai mencadangkan data telepon dengan klik opsi Data Cadangan.
  • Di sini akan muncul beberapa opsi data yang bisa dicadangkan atau dibackup. Karena disini kita akan mencadangkan data kontak, maka beri centang pada opsi Kontak saja.
  • Selanjutnya klik tombol Cadangkan, tunggu hingga proses pencadangan data kontak selesai dilakukan.

Pada cara ini kamu juga bisa memilih akun Google yang ingin dijadikan sebagai tempat penyimpanan data backup. Ini berlakuk jika di HP androidmu login dengan beberapa akun Google. Cara mengatur dan memilih akun Google yang ingin dijadikan tempat backup sangat mudah, yakni:

  • Masuk ke menu Pengaturan, kemudian klik opsi Akun dan pencadangan.
  • Setelah itu masuk ke opsi Pencadangan dan pemulihan.
  • Selanjutnya klik pada opsi Backup akun, dan sekarang kamu bisa pilih akun Google mana yang ingin digunakan.
  • Selain memilih akun yang sudah tersedia, bisa juga memilih menambahkan akun Google baru dengan cara klik Tambahkan akun.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara backup kontak di android yang paling mudah dan simple bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?