Cara Ampuh Reset HP Samsung Tanpa Menghilangkan Data

Cara Ampuh Reset HP Samsung Tanpa Menghilangkan Data – Pada saat kita baru saja membeli smartphone dengan merk apa pun itu, pasti pernah terlintas di benak kita bahwa si smartphone akan berjalan lancar dan tidak menimbulkan kerumitan dalam waktu dekat. Akan tetapi, pernyataan tersebut tidak lah selama nya benar, kita tidak bisa untuk berharap terus menerus kepada si smartphone agar bisa memberikan kinerja secara optimal serta halus mulus selama nya. Terkadang tanpa kita sangka sangka terjadi suatu hal yang rumit, yang mana hal tersebut bisa berdampak buruk pada kinerja handphone kita dengan cara merusak data file dan lain semacam nya.

Cara Ampuh Reset HP Samsung Tanpa Menghilangkan Data

Kerusakan pada perangkat lunak yang kita bicara kan tadi bisa saja di sebab kan karena banyak nya instalasi aplikasi berupa apk yang biasa nya kalian download melalui browser bukan dari Play Store langsung. Di mana pada apk itu biasa nya telah terinfeksi virus atau hal lain yang bisa menimbul kan masalah pada perangkat lunak di dalam smartphone kalian. Ketika sedang di dalam situasi seperti itu terkadang kita langsung saja mencoba beberapa trik dari browser, media sosial, dan lain sebagai nya agar bisa mengatasi masalah tersebut dan membuat kinerja hp menjadi normal. Namun, meskipun semua trik tersebut berhasil, akan tetapi tidak selalu bisa membuat kinerja handphone kita kembali menjadi normal sepenuh nya seperti pada saat kita pertama kali membeli nya, dan untuk mengatasi hal tersebut satu satu nya cara ampuh ialah dengan cara melakukan reset android atau biasa juga di kenal dengan istilah reset factory.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelas kan beberapa cara ampuh untuk kalian lakukan agar bisa mereset HP Samsung tanpa menghilangkan data nya. Yang mana pada brand terkenal seperti Samsung sekali pun tidak pernah luput dari serangan virus atau hal buruk lain nya. Banyak orang yang mau melakukan reset ulang pada hp Samsung mereka mungkin termasuk anda, tujuan dari factory reset itu sendiri adalah supaya bisa mengembalikan performa kinerja perangkat lunak kembali seperti sedia kala, seperti pada saat pertama kita membeli nya. Perlu anda ketahui bahwa untuk melakukan factory reset pada hp samsung itu sendiri mempunyai cara khusus, yang mana jika anda hanya menggunakan cara reset hp biasa maka resiko yang akan anda tanggung adalah kehilangan semua data yang ada di hp tersebut.

Ok sebelum lanjut ke langkah berikut nya yaitu melakukan factory reset, ada baik nya untuk kalian mengenal terlebih dahulu apa itu factory reset. Factory reset adalah salah satu cara untuk dapat menghapus semua data internal yang ada pada smartphone dan mengembalikan nya seperti sedia kala ketika pertama kita baru membeli nya. Jadi, mereka yang menggunakan cara ini akan kehilangan seluruh data file yang hanya tertinggal aplikasi dan sistem pabrik nya saja, penghapusan tersebut meliputi antara seperti game, aplikasi, dan beserta semua data pada memory internal handphone. Selain factory reset ini, masih ada lagi istilah metode reset antara lain seperti Hard Reset.

Baca Juga :

Hard reset merupakan salah satu fitur hp Xiaomi berbentuk sistem yang berada di dalam menu Recovery Mode Xiaomi yang bartujuan untuk mengembalikan sistem data ke dalam pengaturan awal pabrik. Dengan ada nya fitur hard reset tersebut akan memungkin kan para pengguna nya untuk bisa mengatasi masalah yang timbul itu sendiri. Sedikit tips dari saya jika kerabat atau teman anda sedang mengalami masalah pada smartphone Xiaomi mereka dan ingin melakukan Hard Reset, yaitu untuk mengantisipasi agar tidak kehilangan data file penting pada perangkat Xiaomi tersebut lebih baik melakukan backup terlebih dahulu pada semua data file yang ada di hp Xiamo ke dalam memory eksternal.

Cara Ampuh Reset HP Samsung Tanpa Menghilangkan Data

Ok tanpa basa basi lagi, di bawah ini sudah saya rangkum beberapa cara agar bisa melakukan reset pada smartphone android Samsung kamu tanpa harus khawatir akan hal yang buruk seperti kehilangan semua data file pada hp samsung yang kamu punya. Akan tetapi, tetap saja kalian wajib harus melakukan backup semua data anda yang ada pada smartphone yang akan di reset ke dalam memory eksternal atau lain sebagai nya, agar nanti bisa kalian pulihkan data file tersebut bila terjadi kesalahan dalam hal mempraktekkan cara di bawah ini.

1. Menggunakan Mode Recovery

Menggunakan Mode Recovery

  1. Hal pertama yang haru anda lakukan adalah mematikan terlebih dulu smartphone Samsung yang anda punya.
  2. Setelah itu tekan tombol home dan tombol volume bagian bawah atau bagian mengecilkan volume secara bersamaan pada smartphone Samsung kamu.
  3. Selanjut nya setelah menekan kedua tombol tersebut lalu di ikuti dengan menekan tombol power.
  4. Kemudian tahan lah ketiga kombinasi tombol tersebut sekitar 5-10 detik, lalu lepas tomol power sampai masuk ke dalam menu Recovery.
  5. Agar bisa melakukan pergerakan atau navigasi pada menu tampilan Recovery tadi cukup lah mudah, yaitu dengan menekan tombol volume atas untuk bergerak ke bagian atas dan volume bawah untuk bergerak ke bagian bawah menu.
  6. Dan untuk mengkonfirmasi pilihan menu cukup kalian menekan tombol power pada handphone.
  7. Lalu pilih lah opsi menu Factory Reset atau Wipe Data, setelah itu langsung saja konfirmasi dengan cara menekan tombol power.
  8. Langkah selanjut nya adalah memilih pilihan Yes dan klik juga tombol Delete All Data.
  9. Kemudian kalian hanya tinggal menunggu hingga proses factory reset tersebut selesai melakukan reset pada smartphone Samsung kamu.
  10. Jika telah selesai, langkah terakhir yang harus anda lakukan ialah tinggal memilih menu Home dan Reboot System Now supaya hp melakukan restart secara otomatis. Setelah restart selesai maka, selamat, anda telah berhasil menginstal ulang hp samsung anda.

2. Melalui Menu Setting Smartphone Samsung

Melalui Menu Setting Smartphone Samsung

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke dalam menu setting pada hp samsung.
  2. Lalu scroll ke bagian bawah menu dan pilih opsi Backup & Reset.
  3. Tidak lama itu akan muncul sebuah tampilan dari menu Backup & Reset, kemudian pilih opsi Factory Reset pada tempilan menu tadi.
  4. Setelah kamu pilih lalu jangan lupa untuk centang opsi Backup My Data pada halaman Factory Data, agar semua file yang di anggap pentign atau yang berada pad amemory internal tidak terhapus.
  5. Dan langkah terakhir yaitu kalian hanya perlu untuk memilih opsi factory Data Reset, lalu tunggu proses hingga selesai.

3. Memakai Kode Rahasia Samsung

Memakai Kode Rahasia Samsung

Seperti yang sudah kita tahu bahwa merk smartphone Samsung ini sendiri terkenal dengan vendor dan mempunyai banyak jenis kode kode rahasia nya. Dengan jumlah kode rahasia yang mencapai 26 kode, salah satu dari kode rahasia Samsung tersebut dapat kita gunakan untuk melakukan reset pada sistem android nya. Cara yang akan kita gunakan ini merupakan cara yang sangat mudah dan simple, akan tetapi sebelum anda menggunakan cara ini ada baik nya untuk melakukan backup terlebih dahulu terhadap data file penting yang anda punya. Sebab dengan menggunakan cara ini akan membuat semua data file yang terdapat di memory internal pada hp Samsung anda akan hilang dalam sekejap. Berikut di bawah ini langkah langkah nya.

  1. Masuk lah ke dalam menu telephone pada hp kamu.
  2. Setelah itu ketik kan kode rahasia ini ke dalam menu telephone tadi *2767*3855#, lalu tekan tombol Call atau ok pada hp kamu.
  3. Selanjut nya, smartphone Samsung kalian akan melakukan reset data secara otomatis, tunggu sampai proses selesai.

Penutup

Ok guys, itu lah tadi 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Samsung kamu tanpa harus kehilangan semua data file nya, baca dengan sangat teliti pada ketiga cara tersebut karena ada salah satu dari cari itu yang mengharus kan kalian untuk melakukan backup terhadap data file yang ada di dalam memory internal, untuk berjaga jaga siapa tau trik tersebut tidak berlaku pada smartphone yang kamu punya. Seperti biasa jangan lupa untuk share artikel ini, sekian dari saya.