Cara Aktifkan Auto Reply WhatsApp Android

4
Cara Aktifkan Auto Reply WhatsApp
Cara Aktifkan Auto Reply WhatsApp

Cara Aktifkan Auto Reply WhatsApp – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting online yang paling banyak digunakan sekarang ini, khususnya oleh pengguna android. Tidak heran karena memang WhatsApp memudahkan kita dalam hal mengirim pesan teks. Tidak seperti layanan SMS, di WhatsApp kita juga memungkinkan untuk saling berkirim file media, emoticon, hingga stiker untuk meramaikan aktivitas chattingan. Terlebih lagi pesan yang dikirim lewat WhatsApp akan langsung bisa diterima oleh penerima dalam hitungan detik saja, meskipun ini juga tergantung dari kecepatan koneksi internet di HP. Aplikasi WhatsApp bisa didownload secara gratis melalui Google Play Store, membuat akun WhatsApp hanya butuh nomor HP yang aktif.

Cara Aktifkan Auto Reply WhatsApp
Cara Aktifkan Auto Reply WhatsApp

Seiring berjalannya waktu, WhatsApp semakin berkembang dan telah disematkan banyak fitur canggih di dalamnya. Khususnya untuk fitur keamanan, chat yang dikirim di WhatsApp telah terenkripsi end-to-end, yang artinya yang bisa membaca chat hanyalah pengirim dan penerima saja. Selain itu, ada pula fitur Status yang memungkinkan pengguna mengirimkan cerita di dalamnya dan nantinya bisa dilihat oleh pengguna WhatsApp lain.  Kemudahan WhatsApp dan kekayaan fitur yang dibawanya ini membuat banyak orang beralih untuk menggunakannya. Bukan hanya untuk sekedar alat chattingan biasa, melainkan juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk menghubungkan pebisnis dengan pelanggannya.

Baca Juga:

Dalam hal bisnis, WhatsApp memang sangat membantu kita agar lebih mudah dalam berkomunikasi dengan calon pelanggan ataupun pelanggan setia. Baik itu, berkominikasi lewat chat ataupun panggilan suara dan panggilan video. Untuk menunjang aktivitas tersebut, WhatsApp telah menyediakan fitur yang bernama Auto Reply. Fitur ini memungkinkan sistem di WhatsApp langsung membalas chat yang masuk dari pengguna WhatsApp lain. Yang mana balasannya tersebut sesuai yang telah diketik dan diatur oleh pemilik WhatsApp. Meski demikian, nyatanya masih banyak pengguna yang belum tahu cara aktifkan auto reply WhatsApp di HP android tersebut. Apakah kamu juga salah satunya? Kalau begitu kamu wajib membaca ulasan ini sampai selesai!

Tentang Fitur Auto Reply WhatsApp

Sebelum lanjut ke cara penggunaan fitur Auto Reply WhatsApp, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu mengenai fitur tersebut. Auto Reply WhatsApp merupakan fitur balasan otomatis yang dihadirkan di WhatsApp Bisnis. Pada fitur ini pengguna bisa membuat template balasan otomatis WhatsApp yang nantinya akan dikirimkan langsung oleh sistem ketika ada pengguna WhatsApp lain mengirimkan pesan ke nomor WA-mu.

Template balasan otomatis WhatsApp ini bisa dibuat sendiri sesuai kebutuhan, atau bisa menggunakan template balasan default yang disediakan di WhatsApp Bisnis. Fitur semacam ini sangat cocok digunakan bagi kamu para pebisnis agar dapat memberikan respon cepat kepada pelanggan atau customer yang menghubungi lewat WhatsApp.

Seiring berjalannya waktu, fitur Auto Reply bukan hanya bisa digunakan di aplikasi WhatsApp Business saja, melainkan juga di aplikasi WhatsApp Reguler atau biasa. Akan tetapi, masih belum banyak pengguna yang tahu untuk cara penggunaannya di aplikasi WA biasa tersebut. Tenang saja, pada artikel ini kami juga akan membahas tutorialnya untuk kalian semua.

Cara Aktifkan Auto Reply WhatsApp Android

Untuk mengaktifkan fitur Auto Reply di WhatsApp Business ataupun WhatsApp Biasa, bisa dibilang sangat mudah. Bahkan kamu yang masih pemula pun tidak akan kesulitan untuk menerapkan cara ini. Kami akan membahasnya satu per satu dengan penjelasan yang detail dan mudah dipahami. Adapun cara aktifkan Auto Reply WhatsApp di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Auto Reply di WhatsApp Bisnis

Mengaktifkan Auto Reply di WhatsApp Bisnis
Mengaktifkan Auto Reply di WhatsApp Bisnis

Cara yang pertama ini bisa diterapkan bagi kamu yang menggunakan WhatsApp Bisnis untuk keperluan chattingan online. Tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, pasalnya fitur Auto Reply memang sudah disediakan di dalamnya. Hanya saja fitur ini secara default tidak dalam keadaan aktif, sehingga kamu perlu mengaktifkannya sendiri secara manual.

Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi WhatsApp Business di HP android dan masuk ke akun WA dengan nomor HP pribadimu. Jika sudah, maka bisa melanjutkan cara menggunakan Auto Reply WhatsApp Business ini. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp Business di HP androidmu.
  2. Pada halaman Obrolan WhatsApp, sekarang kamu klik menu Tiga Titik Vertikal yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  3. Ada beberapa opsi yang terlihat di sana, selanjutnya kamu pilih opsi Setelan atau Settings.
  4. Pada halaman Setelan, selanjutnya kamu pilih opsi Fitur Bisnis atau Business Feature.
  5. Kemudian masuk ke opsi Pesan di Luar Jam Kerja atau Send Away Message.
  6. Pastikan fitur Auto Reply tersebut sudah aktif dengan menggeser tombol slider yang ada di sebelah kanan tulisan Kirim Pesan di Luar Jam Kerja atau Send Away Message.
  7. Sekarang kamu atur template Auto Reply WA dengan klik opsi Pesan di Luar Jam Kerja, lalu ketik balasan pesan otomatis sesuai kebutuhan. Misalnya saja “Terima kasih telah menghubungi kami. Pesan Anda telah kami terima dan akan dibalas secepatnya. Mohon bersabar untuk menunggu.” Klik OKE untuk menyimpan template pesan otomatis.
  8. Di sini kamu juga bisa mengatur Jadwal Pengiriman dan juga Penerima pesan otomatis tersebut.
  9. Selesai.

Dengan mengaktifkan Auto Reply WhatsApp ini seolah-olah kita bisa memberikan respon yang cepat kepada pelanggan yang menghubungi kita, meskipun tidak secara langsung membalasnya.

2. Mengaktifkan Auto Reply di WhatsApp Reguler

Mengaktifkan Auto Reply di WhatsApp Reguler
Mengaktifkan Auto Reply di WhatsApp Reguler

Cara aktifkan Auto Reply WhatsApp bukan hanya bisa dilakukan di aplikasi WhatsApp Bisnis saja, melainkan juga bisa di aplikasi WhatsApp biasa. Karena di WhatsApp Biasa tidak disediakan fitur Auto Reply, maka kita bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk bisa menikmati fitur tersebut.

Di Google Play Store kita bisa menemukan banyak aplikasi Auto Reply WhatsApp dan hampir semuanya bisa digunakan secara gratis. Beberapa rekomendasi aplikasi Auto Reply WA terbaik bisa kamu gunakan, di antaranya:

Kamu tinggal pilih salah satu aplikasi di atas untuk mengaktifkan Auto Reply di WhatsApp. Cara menggunakannya pun terbilang sangat mudah, kamu juga bisa mengatur sendiri template pesan balasan sesuai keinginan layaknya di Auto Reply WA Business. Di sini kami contohkan penggunaan salah satu aplikasi Auto Reply WA di atas, yakni:

  1. Langkah pertama kamu download dan install salah satu aplikasi yang direkomendasikan di atas.
  2. Kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada tampilan utama aplikasi, kamu aktifkan fitur Auto Reply WhatsApp dengan menggeser tombol slidernya.
  4. Kemudian kamu buat template pesan balasan otomatis sesuai kebutuhan. Di sini kamu juga bisa mengatur template balasan pesan otomatis sesuai keyword.
  5. Sebelumnya kamu perlu memberikan izin pada aplikasi Auto Reply WA tersebut untuk bisa mengakses notifikasi WhatsApp dan memberikan balasan otomatis.
  6. Selesai.

Penutup

Itulah tadi cara aktifkan Auto Reoly WhatsApp di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya7 Aplikasi Nonton Bioskop Online Legal di Android
Artikel SelanjutnyaCara Bayar Kartu Kredit BCA Lewat HP Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini