Cara Agar Post Jadi Cepat Viral di Instagram

Cara Agar Post Jadi Cepat Viral di Instagram – Buat anda yang suka aktif dalam hal menggunakan aplikasi berupa sosial media, pasti tidak lah asing lagi jika mendengar kata instagram. Yups, instagram merupakan salah satu sosial media terpopuler pada saat ini, Carolyn selaku Vice President Marketing Facebook dari perusahaan induk instagram mengemukakan, jika pada tahun ini instagram memiliki jumlah pengguna aktif yang mencapai 800 juta di seluruh dunia. Jadi bisa anda bayangkan betapa banyak pengguna smartphone yang aktif bersosial media di negara kita ini, dan tidak hanya instagram, tetapi juga yang lain nya seperti facebook, twitter, dan telegram.

Cara Agar Post Jadi Cepat Viral di Instagram

Indonesia sendiri menduduki posisi ke 3 dengan jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia, terdapat kurang lebih 53 juta pengguna aktif di sosial media instagram di indonesia, dan hanya selisih 4 juta dari posisi ke 4 yaitu Brazil. Dengan jumlah pengguna yang sebanyak itu memang telah menjadikan instagram sebagai ladang bisnis yang sangat menjanjikan bagi para usahawan yang membukak kedai shop online hingga selebram yang mana sudah sangat sering kita temui di dalam instagram. Mulai dari online shop sepatu, pakaian, serta masyarakat yang mendadak viral dengan tingkah unik nya.

Selain menjadi tempat yang tren, saat ini sosial media juga telah menjelma menjadi suatu wadah untuk orang yang ingin berkarya. Tidak hanya di gunakan untuk berkomunikasi dan tempat pamer, tetapi sebenar nya sosial media masih mempunyai banyak fungsi yang bermanfaat. Karena pada dasar nya media sosial merupakan suatu platform yang masih bisa di kembang kan dan di gunakan untuk suatu hal yang lebih bermanfaat. Seperti beberapa akun anonim yang dapat kita jumpai di aplikasi instagram, yang postingan nya terkadang berisi beragam informasi dan juga konten lucu yang mana hal tersebut jauh lebih bermanfaat. Tetapi sekarang ini kerap kita jumpai beberapa akun unik yang mendadak viral karena tingkah laku dari foto nya ataupun segala hal yang ada di postingan akun tersebut, sehingga banyak menarik perhatian netizen untuk di follow.

Jika sekarang sosial media instagram telah anda jadikan sebagai wadah promosi bisnis anda, maka penting untuk anda memposisi kan produk menjadi yang paling populer di instagram agar banyak menarik minat masyrakat yang akitf di media sosial. Anda harus dapat bersaing dengan pemasar lain nya di dalam instagram untuk menjadi top post di beranda instagram. Tops post pada instagram adalah suatu postingan yang akan di tampilkan pada bagian paling atas di mesin pencarian instagram. Karena kalau postingan pemasaran produk anda menempatkan posisi teratas di beranda mesin pencarian, maka akan membuat nya menjadi yang pertama di lihat oleh pengunjung pada mesin pencarian aplikasi instagram.

Cara Agar Post Jadi Cepat Viral di Instagram

Dengan cara sering mengupload foto atau video dengan berisikan caption yang bersifat positif dan unik, maka secara tidak langsung akan mengundang banyak peminat para pengguna sosial media instagram untuk ngefollow akun anda dan akan berdampak naik nya jumlah followers secara drastis. Bukan itu saja, anda juga dapat menaikkan jumlah followers secara drastis dengan cara membuat postingan menjadi viral di dalam instagram. Oleh karena itu pada kali ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa membuat konten kita viral di sosial media instagram. Berikut di bawah ini sudah saya ringkas beberapa cara yang dapat kalian pelajari untuk menviralkan suatu postingan.

1. Gunakan Hashtags Sesuai Dengan Isi Postingan

Sama hal nya dengan Google, algoritma mesin pada aplikasi instagram juga mengutamakan suatu engagements dari user nya, yaitu seperti comments, reply comments, dan likes. Karena, dengan ada nya engagements yang seperti itu akan dapat menunjukkan bahwa postingan tersebut benar banyak di sukai oleh pengguna lain. Selain meningkat kan engagement rate, hashtags juga berperan penting dalam hal menviralkan suatu postingan yang nanti nya akan dapat bertengger pada top post. Seperti yang bisa anda lihat melalui gambar di bawah ini, foto yang di posting memiliki hashtags yang saling berkaitan, dengan jumlah hashtags yang banyak juga akan bisa meluaskan postingan anda hingga dapat mencapai banyak user, serta akan mempermudah user untuk mencari postingan anda tersebut.

Gunakan Hashtags Sesuai Dengan Isi Postingan

Dalam hal mencari hashtag, cari lah yang benar benar sesuai dengan niche atau isi dari postingan anda. Jangan sesekali menggunakan hashtag yang tidak sesuai dengan isi postingan anda, contoh nya saja seperti akun atau postingan yang mempromosikan sepatu tetapi malah menggunakan hashtag #anekamakanan, itu tadi contoh yang salah dan tidak ada sangkut paut nya dengan isi yang di upload. Jika sudah seperti itu maka akan menimbulkan suatu effek negatif seperti secara tidak langsung akan menurunkan tingkat brand pada barang yang anda pasar kan. Jika online shop anda terpaut baru, maka tips yang bisa saya berikan yaitu gunakan lah hashtag yang tingkat populer nya sedikit maksimal memiliki 90,000 jumlah post. Sehingga nanti nya postingan yang anda upload akan mudah menguasai tingkat persaingan pada hashtag tersebut.

2. Sering Melakukan Comments, Likes, dan Follow

Sering Melakukan Comments, Likes, dan Follow

System algoritma pada instagram sangat mementingkan kualitas suatu engagements. Seperti yang sudah saya kata kan pada cara sebelum nya tadi kalau hal tersebut menunjukkan kalau suatu postingan itu memang benar di sukai oleh banyak pengguna. Sebalik nya juga, kalau jumlah like dan komen yang sering kalian berikan itu akan dapat juga berpengaruh kepada algoritma di dalam instagram, agar bisa menentukan apakah akun yang anda miliki tersebut benar aktif atau tidak. Oleh sebab itu luangkan lah sedikit waktu untuk memberi tanggapan kepada postingan orang lain berupa komen atau juga like, dengan melakukan hal tersebut maka secara tidak langsung akan membuat engagement akun instagram kalian bertambah aktif. Keuntungan lain yang bisa kalian dapat kan yaitu balasan berupa like dan koment juga dari orang yang tadi kalian berikan tanggapan, dengan begini maka postingan yang anda punya akan cepat jadi top post.

3. Menjaga Konsistensi

Menjaga Konsistensi

Mungkin semua nya akan terlihat sepele karena mengira hanya bermain di dalam instagram. Tapi, siapa sangka kalau konsistensi tersebut ternyata cukup sulit untuk di lakukan. Terlebih lagi jika akun yang kalian gunakan masih tergolong baru, dimana setiap post yang anda posting belum ada yang viral. Tantangan dari semua itu pastilah respon yang di dapat dari user lain dimana pada semua respon tersebut  masih bersifat masive dan akan menjadi tantangan tersendiri nanti nya. Tetapi bukan oleh karena respon yang di dapat masih masive akan membuat jatuh konsistensi konten postingan anda, melainkan tetap lah menjaga konsisten dalam suatu konten agar bisa terus berkembang dan menjadi viral.

4. Posting Berbentuk Video

Posting Berbentuk Video

Di tahun ini algoritma pada instagram sangat menyukai postingan berbentuk video. Kalian bisa melihat nya sendiri dengan cara memperhatikan top post pada kolom search kalau postingan video sedikit lebih di tonjolkan pada masing masing kategori nya. Dengan begitu jadi sangat membuktikan ke ekfektifan dari posting berupa video di dalam instagram akan bisa meningkatkan engagements secara melesat jauh dan menjadi prioritas bagi algoritma instagram serta yang pasti nya akan menjadi suatu kesempatan yang besar untuk bisa meraih top post. Tantangan nya sendiri jika ingin mengupload video adalah anda harus dapat menentukan tema, tipe, dan jenis video apa yang bisa memikat banyak user lain agar tertarik.

5. Batas Minimal Post Satu Hari

Batas Minimal Post Satu Hari

 

Upload lah minimal satu posting dalam waktu satu hari jika memang anda berniat serius untuk menciptakan suatu konten yang viral di sosial media instagram. Tapi jangan juga bingung dalam hal menentukan postingan apa yang mau di upload, anda bisa memanfaatkan hashtag harian untuk menentukan konten yang akan di buat dan di gunakan di dalam caption postingan. Misal nya saja seperti di hari minggu kalian bingung mau menentukan konten apa, maka contoh nya saja posting lah konten tentang travelling dan tentu pada caption gunakan seperti ini #minggutraveling di setiap postingan nya. Begitu juga dengan hari hari lain nya, seperti senin maka berilah tema berupa budaya contoh nya dan gunakan lah hashtag #seninbudaya pada caption posting yang di upload tersebut nanti.

6. Perhatikan Waktu Terbaik Untuk Mengupload

Perhatikan Waktu Terbaik Untuk Mengupload

 

Agar bisa membuat postingan menjadi viral, kalian tidak boleh sembarang mengunggah suatu post. Karena kalain harus dapat memperhatikan prime time atau waktu terbaik untuk mengupload suatu postingan di akun instagram. Kebanyakan orang memberikan pendapat kalau jadwal yang pas untuk mengupload dan membuat pos yaitu di sekitar jam 7 dan 11, dimana pada jam jam tersebut mayoritas orang beristirahat atau memiliki banyak waktu senggang.

Penutup

Dengan membuat postingan menjadi viral, maka hal tersebut bisa kalian manfaatkan untuk kebutuhan sendiri, seperti meluaskan jangkauan konsumen, mencari uang sebagai selebram atau pun akun anonim yang menebarkan postingan unik dan banyak membuat user lain tertarik. Ok sampai sini dulu pembahasan kita kali ini, jika artikel ini bermanfaat bagi anda maka akan lebih bermanfaat juga bagi orang lain, oleh karena itu jangan lupa untuk membagikan artikel ini kedalam akun sosial media kalian.