Cara Tersembunyi Agar Aplikasi Bawaan Android Terhapus Tanpa Root

Cara Tersembunyi Agar Aplikasi Bawaan Android Terhapus Tanpa Root – Ok guys kembali lagi bersama saya Bukandroid, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara jitu agar bisa menghapus aplikasi bawaan hp android kita atau yang biasa di sebut bloatware. Pemasangan aplikasi bawaan atau Bloatware tersebut memang sengaja di lakukan karena beberapa faktor dari produsen vendor android itu sendiri, faktor tersebut yaitu seperti mempunyai tujuan dalam hal promosi, supaya bisa mempermudah multitasking untuk pengguna nya, serta memiliki kerjasama antar developer android, dan lain sebagai nya.

Cara Tersembunyi Agar Aplikasi Bawaan Android Terhapus Tanpa Root

Bloatware atau aplikasi bawaan pabrik ini merupakan software yang sudah terpasang secara default dari awal pembuatan nya di pabrik. Bisa di bilang kalau Bloatware ini adalah suatu aplikasi pembuat kembung, arti nya yaitu aplikasi yang tidak terlalu berguna serta lebih memakan ruang memori dan RAM pada Android, yang mana hanya membuat smartphone kembung saja. Terkadang, bagi sebagian orang hal ini merupakan suatu hal yang sangat mengganggu, sebab seperti yang sudah saya terang kan di atas tadi kalau penyebab berkurang nya kinerja smartphone, cepat nya daya baterai berkurang, boros kuota, serta penyebab menyempit nya ruang memori dan RAM yang juga sebagian di isi oleh aplikasi bloatware tersebut.

Perbedaan dari aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan pabrik dengan aplikasi yang biasa terkadang kita download melalui Play Store mau pun Apk dari Google. Berikut di bawah ini beberapa perbedaan yang harus kalian ketahui sebelum menghapus nya :

  • Aplikasi yang berawal dari pabrik bisa saja menguntung kan dan terkadang juga bisa merugikan, tidak seperti aplikasi biasa yang kita download dari Play Store yang pasti dapat menguntung kan kita.
  • Pada dasar nya pada aplikasi bawaan pabrik juga tidak bisa sembarang di hapus, sebab ia merupakan sebuah sistem. Tidak seperti aplikasi biasa yang dapat kalian hapus kapan pun kalian mau.
  • Dan yang terakhir yaitu aplikasi bawaan dari pabrik tersebut biasa nya juga saling berkaitan dengan layanan yang telah di sediakan oleh vendor pembuat nya.

Mari kita perdalam beberapa perbedaan yang sudah saya sebutkan satu persatu di atas tadi. Pada dasar nya aplikasi default dari pabrik tersebut tidak dapat kita uninstal atau hapus sembarangan. Aplikasi tersebut memiliki cara nya tersendiri agar bisa kita hapus, karena aplikasi itu merupakan bagian dari sebuah sistem android yang di berikan oleh vendor smartphone itu sendiri, tapi tidak usah kawatir lagi, pada artikel ini akan saya bahas secara detail dan rinci bagaimana cara ampuh untuk menghapus nya.

Untuk keuntungan nya juga kalian sudah di sediakan berupa layanan gratis tanpa mengharus kan kita untuk mendownload nya lagi melalui play store, yaitu seperti aplikasi kamera, music player, play store itu sendiri, kalender, browser, dan lain sebagai nya. Kalau untuk kerugian yang kita dapat adalah ada nya beberapa aplikasi bawaan yang jarang atau tidak pernah sama sekali kita gunakan, yang mana aplikasi tersebut hanya akan memboroskan baterai dan memakan ruang kinerja dari smartphone kita, sehingga dapat memperlambat performa dari si android. Tidak jarang juga Bloatware tersebut terkadang di selipkan sebuah iklan dari vendor pembuat nya dan bahkan bisa juga sebuah virus yang mereka manfaatkan untuk mengambil hak privasi kalian dalam hal berinternet, tapi tidak usah kawatir sebab hal tersebut hanya terjadi pada smartphone berkualitas rendah.

Baca Juga :

Sebelum anda melakukan tindakan penghapusan pada salah satu aplikasi bloatware ada baik nya terlebih dahulu mencari tahu tentang kegunaan serta manfaat dari aplikasi tersebut pada android kalian. Mungkin bisa saja perusahaan smartphone tersebut sengaja memberi sebuah aplikasi default pabrik nya atau bloatware di dalam ponsel yang mereka produksi itu sendiri dengan tujuan dan fungsi khusus yang memang mereka lontarkan dan hanya tersaji pada smartphone mereka. Bisa juga semua aplikasi bloatware tersebut mempunyai fungsi yang berkaitan dengan sistem android yang telah di rancang sedemikian khusus, sehingga apabila kalian hapus malah akan menimbulkan suatu kerugian seperti dapat mempengaruhi performa si android, kinerja sistem hardware, dan bahkan bisa saja menyebabkan bootloop.

Cara Tersembunyi Agar Aplikasi Bawaan Android Terhapus Tanpa Root

Banyak para pengguna smartphone android yang menghapus aplikasi default pabrik pada android mereka dengan cara melakukan proses root pada hp mereka. Akan tetapi, ada beberapa alasan yang membuat sebagian orang tidak mau melakukan rooting pada hp android nya, mungkin saja termasuk anda. Tapi tenang saja bagi kalian para pembaca bukandroid yang hendak ingin melakukan penghapusan aplikasi bloatware pada hp kalian tanpa mau melakukan proses root, maka di bawah ini sudah saya sajikan beberapa cara ampuh agar bisa menghapus sebuah bloatware yang bandel.

1. Melalui Menu Pengaturan

  1. Langkah pertama adalah pergi menuju Menu Pengaturan pada smartphone kamu.
  2. Kemudian tinggal kamu pilih Menu Aplikasi. Ok setelah masuk ke dalam menu tersebut lanjut Scroll kebawah sebab semua aplikasi termasuk bloatware dapat terlihat di dalam menu satu ini.
  3. Setelah itu tinggal kamu pilih saja aplikasi mana yang mau di nonaktifkan, contoh nya saja seperti saya di bawah ini memiliki bloatware kalender lalu tinggal klik Nonaktifkan.

    Melalui Menu Pengaturan

  4. Aplikasi yang telah kita nonaktifkan tadi tidak akan lagi berjalan atau pun muncul pada android. Tapi dengan menggunakan cara ini kalian tidak menghapus nya, melainkan hanya mematikan sistem yang ia miliki.
  5. Ok untuk bisa mengaktifkan nya kembali cukup mudah, lakukan lah tahap ke 1 dan 2 yang sudah saya berikan di atas tadi. Kemudian tinggal kamu pilih aplikasi mana yang mau kamu Aktifkan kembali seperti sedia kala.

2. Menghapus Bloatware Menggunakan Aplikasi CCleaner

  1. Yang pertama adalah mengunduh dan memasang aplikasi CCleaner di Play Store pada hp kamu. Bukan hanya apl CCleaner, tetapi semua aplikasi pembersih jenis lain nya di Play Store.
  2. Setelah selesai mendownload dan memasang nya, kini kita lanjut masuk ke menu CCleaner. Lalu klik garis tiga yang berada di kiri sudut atas pada layar hp mu. Kemudian scrol ke bawah pilih App Manager.

    Menghapus Bloatware Menggunakan Aplikasi CCleaner

  3. Kalau sudah masuk ke app manager, maka akan muncul sebuah penampilan scan memori dari daftar lengkap aplikasi. Selanjut nya tinggal anda klik tombol System.
  4. Lalu akan muncul sebuah tampilan baru yang berisikan banyak sekali aplikasi tambahan atau bloatware pada hp android kamu. Setelah itu silahkan pilih aplikasi mana yang hendak anda hapus, dengan cara memberi sebuah tanda centang.

    Menghapus Bloatware Menggunakan Aplikasi CCleaner

  5. Sekali lagi saya ingat kan kepada kalian, bahwa cek dan pastikan terlebih dahulu manfaat atau juga fungsi dari aplikasi yang mau kalian hapus tersebut.
  6. Maka setelah kamu memutuskan mana bloatware yang segera di hapus segera klik Tombol Biru pada kanan sudut bawah, lalu tekan Uninstall Updates, kemudian klik Stop.
  7. Setelah semua langkah di atas kamu lakukan akan muncul sebuah notifikasi yang berisikan sebuah peringatan tentang tindakan penghapusan aplikasi yang sedang di lakukan tadi. Untuk melanjutkan nya cukup kamu tekan tombol perintah Continue.

    Menghapus Bloatware Menggunakan Aplikasi CCleaner

  8. Jika kamu telah melakukan semua tindakan di atas, maka selamat kamu telah menyelesaikan penghapusan sebuah bloatware yang telah tertanam secara default pada perangkat nya. Pilihan melakukan penghapusan bloatware tanpa harus rooting merupakan pilihan yang sangat tepat, sebab untuk melakukan root pada hp sendiri itu memiliki resiko besar yang dapat membuat hp kita error.

Cara Tersembunyi Agar Aplikasi Bawaan Android Terhapus Root

Jika dua cara di atas kurang efektif karena ia melakukan proses penghapusan tanpa rooting, maka anda bisa juga menggunakan beberapa cara alternatif di bawah ini dengan melakukan root terlebih dahulu ke dalam smartphone yang nanti nya akan di hapus aplikasi bloatware nya. Perlu di ingat bahwa untuk bisa melakukan cara jitu di bawah ini memerlukan akses ROOT terlebih dahulu pada hp kamu ya, jangan sampai lupa, jika tidak di root maka beberapa cara ini tidak akan berfungsi.

1. Menghapus Bloatware Menggunakan Aplikasi Root App Deleter

Dengan menggunakan cara yang pertama ini kalian tidak akan hanya bisa menghapus sebuah bloatware saja, tetapi juga bisa untuk menonaktifkan atau freeze semua aplikasi yang ada di dalam android, sehingga akan bisa meminimalis penggunaan RAM dan Baterai agar lebih hemat. Berikut langkah langkah nya :

  1. Download dan install terlebih dahulu aplikasi bernama Root App Deleter melalui Google Play Store atau pun berbentuk apk melalui Google.
  2. Setelah beres melakukan langkah di atas, maka lanjut dengan membuka aplikasi Root App Deleter tersebut. Lalu beri ijin dalam penggunaan root dengan klik Allow, kalau kurang jelas silahkan cek gambar yang ada di bawah ini.

    Menghapus Bloatware Menggunakan Aplikasi Root App Deleter

  3. Selanjut nya silah kan pilih opsi System Apps seperti yang tertera pada gambar di atas. Maka setelah itu akan muncul suatu halaman, langsung saja pilih opsi Uninstall, lalu klik Ok.
  4. Tinggal tunggu proses nya hingga selesai.

2. Melakukan Penghapus Menggunakan Lucky Patcher

Sebenar nya aplikasi lucky patcher ini juga bisa kita gunakan untuk melakukan tindakan hack pada semua aplikasi yang kita inginkan, seperti membuka fitur pro atau premium pada apk, melakukan kecurangan pada apk bergenre game, dan masih banyak lagi. Tapi bukan itu yang akan kita bahas kali ini, melainkan kita akan membahas bagaimana cara nya agar bisa menghapus sebuah bloatware dengan menggunakan aplikasi Lucky Patcher. Sebelum itu, perlu saya ingat kan sekali lagi, kalau untuk bisa menggunakan cara ini memerlukan akses root pada hp anda.

  1. Download dan install terlebih dulu apl Lucky Patcher nya melalui Google Play Store mau pun Apk nya dari Google.
  2. Setelah di download dan install, langkah selanjut nya adalah membuka aplikasi tersebut. Tampilan menu utama nya akan seperti gambar di bawah.

    Melakukan Penghapus Menggunakan Lucky Patcher

  3. Pilih opsi Search yang tertera pada barisan pilihan di bawah layar, kemudian klik Filters yang terletak di atas pojok kanan.
  4. Selanjut nya silahkan kamu centang System App, dan klik Apply.
  5. Maka setelah itu semua aplikasi bawaan pabrik yang terdapat pada handphone kamu muncul. Lanjut dengan memilih aplikasi yang mau anda hapus, jika sudah ketemu silahkan klik, lalu pilih Uninstall App, kemudian klik Ok.
  6. Langkah terakhir tinggal kamu tunggu proses nya sampai selesai.

Penutup

Demikian lah postingan kali ini yang mana kita telah membahas seputar info Cara Tersembunyi Agar Aplikasi Bawaan Android Terhapus Tanpa Root yang mana aplikasi jenis ini sendiri lebih terkenal dengan kata bloatware. Perlu anda ketahui cara root yang telah saya kasih di atas berikut merupakan cara alternatif nya saja jika cara tanpa root yang saya berikan di atas kurang efektif untuk kalian gunakan.