Cara Mengatasi Bluetooth HP Nyala Sendiri dan Penyebabnya

9
Bluetooth HP Nyala Sendiri
Bluetooth HP Nyala Sendiri

Bluetooth HP Nyala Sendiri – HP android identik dengan kepintarannya yang membuat banyak orang tertarik untuk memiliki perangkat tersebut. Bagaimana tidak? HP android diklaim mampu memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna, mulai dari pekerjaan rumah, pekerjaan kantor, kegiatan sekolah dan masih banyak lagi yang lainnya. Perkembangan HP android terjadi dengan sangat cepat, bahkan saat ini banyak orang yang tidak bisa terlepas dari penggunaan perangkat gadget tersebut. Selain itu, HP android juga menjadi tren tersendiri di kalangan kawula muda.

Bluetooth HP Nyala Sendiri
Bluetooth HP Nyala Sendiri

Di HP android disematkan berbagai macam fitur canggih yang semakin mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah fitur Bluetooth, yang mana fitur ini tetap menjadi salah satu fitur penting dan cukup dibutuhkan oleh banyak pengguna. Ada banyak fungsi atau kegunaan dari fitur tersebut, mulai dari untuk memudahkan transfer file antar perangkat, menyambungkan HP ke headset atau earphone tanpa kabel, menyambungkan HP saat bermain game multiplayer berbasis bluetooth dan masih banyak lagi yang lainnya. Teknologi bluetooth juga semakin dikembangkan sehingga penggunaannya semakin cepat dan nyaman.

Baca Juga:

Namun, terkadang ada saja masalah yang dialami pada HP android terkait fitur bluetooth satu ini. Misalnya saja fitur bluetooth yang terus aktif dengan sendirinya pada HP, padahal pengguna tidak mengaktifkannya. Hal semacam ini memang bukan masalah yang cukup berarti, namun tentunya cukup membuat risih pengguna saat mengoperasikan HP. Ada banyak faktor yang membuat fitur bluetooth di HP android menyala dengan sendirinya. Dan yang terpenting di sini bagaimana cara untuk mengatasi bluetooth HP nyala sendiri tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Bluetooth Nyala Sendiri di HP Android

Penyebab Bluetooth HP Nyala Sendiri
Penyebab Bluetooth HP Nyala Sendiri

Sebelum lanjut sebaiknya kamu pahami dulu apa saja faktor yang menyebab bluetooth di HP nyala terus dengan sendirinya. Hal ini penting untuk diketahui agar kamu lebih mudah melakukan perbaikan dan juga mencegah agar masalah yang sama terulang lagi di lain waktu. Adapun beberapa penyebab bluetooth hidup sendiri di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Mengaktifkan fitur Bluetooth Scanning di Pengaturan Lokasi HP. Fitur ini biasanya digunakan untuk meningkatkan akurasi GPS dalam menentukan lokasi pengguna.
  2. Akibat aplikasi pihak ketiga yang sedang aktif atau berjalan di latar belakang, di mana aplikasi ini membutuhkan fitur bluetooth untuk menjalankan fungsinya. Misalnya saja aplikasi SHAREit, File by Google atau aplikasi sejenisnya.
  3. Kesalahan pada pengaturan konektivitas di HP android.
  4. Sistem bluetooth yang error, baik disebabkan file cache yang menumpuk, data corrupt atau yang lainnya.
  5. Bug atau error pada sistem operasi android.

Dari beberapa penyebab di atas, nantinya kita bisa lebih mudah untuk melakukan pengatasian fitur bluetooth yang sering aktif dengan sendirinya di HP android.

Cara Mengatasi Bluetooth HP Nyala Sendiri

Sekarang lanjut ke cara untuk memperbaiki bluetooth HP yang aktif sendiri dan tetap hidup lagi meskipun sudah dimatikan secara manual. Cara mengatasinya pun terbilang sangat mudah, bahkan kamu yang masih awam tidak akan kesulitan menerapkannya. Adapun cara mengatasi bluetooth HP nyala sendiri selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mematikan Fitur Bluetooth Scanning di Pengaturan Lokasi

Seperti yang dijelaskan di atas, fitur Lokasi membutuhkan bantuan fitur lain untuk meningkatkan akurasinya dalam menentukan lokasi. Hal ini membuat bluetooth secara otomatis aktif atau hidup dengan sendirinya ketika pengguna mengaktifkan fitur GPS di perangkat HP-nya.

Sebenarnya pengguna bisa saja mematikan fitur Bluetooth Scanning tersebut, sehingga hal semacam ini tidak akan dialami lagi. Untuk cara mematikannya sendiri sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Koneksi atau Connections.
  • Selanjutnya klik pada opsi Lokasi atau Location.
  • Di halaman pengaturan lokasi tersebut, kamu klik pada opsi Tingkatkan Akurasi atau Improve Accuracy.
  • Di sana kamu akan menemukan opsi Pemaindaian Bluetooth atau Bluetooth Scanning. Matikan saja opsi tersebut dengan menggeser tombol slidernya ke arah kiri.
  • Selesai.

Dengan demikian bluetooth di HP tidak akan lagi hidup dengan sendirinya, dikarenakan fiturnya sudah berhasil dinonaktifkan.

2. Paksa Berhenti Aplikasi Pihak Ketiga

Selain cara di atas, solusi lainnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan melakukan paksa berhenti pada aplikasi yang menjadi penyebab bluetooth aktif atau nyala dengan sendirinya di HP. Biasanya aplikasi yang menyebabkan hal ini yakni aplikasi yang membutuhkan fitur bluetooth dalam menjalankan fungsinya, seperti aplikasi SHAREit, File by Google, dan jenis aplikasi file transfer lainnya.

Biasanya aplikasi semacam ini sering berjalan di latar belakang dan menyebabkan bluetooth menyala sendiri. Sebaiknya lakukan paksa berhenti pada aplikasi tersebut dengan cara:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Application.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi yang ingin dihentikan.
  • Kemudian pada halaman pengelolaan aplikasi yang ditampilkan, kamu klik tombol Paksa Berhenti atau Force Close.
  • Selesai.

3. Lakukan Reset Pengaturan Konektivitas atau Jaringan

Bluetooth yang sering nyala dengan sendirinya juga bisa disebabkan oleh kesalahan pada pengaturan jaringannya. Untuk itu, cara mengatasi masalah ini paling ampuh dengan melakukan reset pada pengaturan konektivitas atau jaringannya tersebut. Caranya pun sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama buka menu Pengaturan atau Settings di perangkat smartphone android.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Umum atau General Management.
  • Selanjutnya klik pada opsi Reset, lalu pilih Opsi Reset atau Reset Options.
  • Pada pilihan reset, kamu pilih saja opsi Reset Pengaturan Jaringan atau Reset Network Settings.
  • Konfirmasi reset pengaturan jaringan dengan klik tombol Reset Pengaturan atau Reset Settings.
  • Tinggal menunggu sampai proses reset selesai.

Cara ini hanya akan mereset ulang pengaturan pada jaringan HP, sehingga file-file yang tersimpan di memori internal akan tetap aman.

4. Hapus Cache dan Data Aplikasi Bluetooth

Jika masih tetap bluetooth di HP menyala dengan sendirinya, maka cara satu ini bisa kamu terapkan. Bisa jadi bluetooth yang suka nyala sendiri diakibatkan adanya error atau bug pada aplikasi tersebut. Cara untuk mengatasinya yakni dengan menghapus file cache dan file data dari aplikasi Bluetooth yang ada di HP. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi atau Application.
  • Selanjutnya cari dan klik pada aplikasi Bluetooth. Jika tidak menemukannya, kamu bisa cek di bagian Aplikasi Sistem.
  • Pada halaman pegelolaan aplikasi Bluetooth, kamu klik pada opsi Penyimpanan atau Storage.
  • Kemudian klik tombol Hapus Cache atau Clear Cache.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan klik Hapus Data atau Clear Data.
  • Selesai.

5. Memperbaiki Bug pada Sistem Operasi Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi bluetooth hidup terus secara otomatis yakni karena adanya masalah error atau bug pada sistem android. Untuk mengatasi masalah satu ini salah satunya dengan melakukan update OS Android ke versi terbaru. Pada vendor HP biasanya secara rutin memberikan update OS Android terbaru pada setiap seri HP yang dikeluarkannya. Kamu bisa mengeceknya di menu Pengaturan dan lakukan update jika memang tersedia versi OS Android terbaru.

  • Cara untuk mengeceknya bisa dengan membuka menu Pengaturan.
  • Kemudian klik pada opsi Update Perangkat Lunak.
  • Klik opsi Unduh dan Install, di sana akan terlihat apakah ada versi OS Android terbaru yang tersedia atau tidak.
  • Jika ada, maka segera lakukan pengunduhan dan penginstalan.
  • Selesai.

Akan tetapi, jika HP sudah diupdate ke versi OS Android terbaru namun bluetooth masih tetap nyala sendiri, itu artinya kamu perlu melakukan reset data pabrik. Ini akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik, sehingga semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara permanen. Untuk itu, sebelum melakukan reset sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu. Jika sudah, selanjutnya lakukan Reset Data Pabrik pada HP tersebut.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi bluetooth HP nyala sendiri beserta penyebabnya yang harus kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mematikan Talkback di VIVO yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Telegram Lemot Paling Ampuh
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini