Cara Blokir Iklan Pop up di Android yang Ampuh

31
Blokir Iklan Pop up di Android
Blokir Iklan Pop up di Android

Blokir Iklan Pop up di Android – Bagi pengguna HP android, kenyamanan dalam mengoperasikan perangkat tersebut menjadi hal utama. Jadi, jika ada sesuatu hal yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna, pastinya hal tersebut harus dihilangkan. Misalnya saja munculnya iklan pada HP android, baik itu iklan banner, iklan pop-up, iklan video, dan jenis iklan lainnya. Iklan semacam ini biasanya muncul ketika kita mengakses browser dan mengunjungi situs tertentu. Jenis iklan yang ditampilkan bermacam-macam, tergantung di pemilik situs.

Blokir Iklan Pop up di Android
Blokir Iklan Pop up di Android

Selain saat mengakses web, iklan juga sering muncul ketika kita menggunakan aplikasi dan game yang berbasis free atau gratis. Developer aplikasi atau game tentunya butuh apresiasi dalam pembuatannya tersebut. Karena itulah, biasanya mereka akan menyematkan iklan di dalam aplikasi dan game-nya sebagai cara untuk mendapatkan imbalan berupa uang. Sayangnya, iklan yang muncul di aplikasi ini terkadang membuat resah dan mengganggu kenyamanan pengguna. Misalnya saja munculnya iklan pop-up secara tiba-tiba dan tidak jarang sampai menutupi seluruh layar HP. Paling menyebalkan lagi jika iklan pop-up tersebut tidak dapat ditutup, melainkan menunggu hingga iklan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai iklan pop up, biasanya juga sering muncul di layar HP bahkan ketika pengguna tidak membuka aplikasi atau menu apa pun. Hal ini tentunya akan semakin mengganggu kenyamanan kita sebagai pengguna. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan pemblokiran pada iklan jenis pop up tersebut agar mengoperasikan HP lebih nyaman. Sayangnya belum semua pengguna HP android tahu cara blokir iklan pop up di android ini. Apakah kamu juga salah satunya? Kalau begitu, kamu perlu simak ulasan di bawah ini sampai selesai!

Cara Blokir Iklan Pop up di Android yang Ampuh

Blokir Iklan Pop up di HP
Blokir Iklan Pop up di HP

Sangat mudah sebenarnya untuk memblokir iklan jenis pop up yang muncul secara tiba-tiba di HP android. Hanya saja memang belum semua pengguna mengetahui cara tersebut. Dan pada artikel kali ini akan saya bahas secara tuntas bagaimana cara mudah dan ampun untuk memblokir iklan pop up di android tersebut. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya bisa kamu terapkan, di antaranya:

1. Blokir Iklan Pop Up di Google Chrome

Cara yang pertama ini bisa diterapkan jika kamu ingin menghilangkan iklan pop up saat mengakses browser, dalam hal ini browser Google Playstore. Biasanya iklan pop up memang sering muncul ketika kita mengunjungi situs tertentu. Tetapi, Google sangat mengerti yang diinginkan oleh pengguna. Buktinya ia menyediakan fitur khusus di browser miliknya untuk memblokir iklan jenis pop up.

Mengenai langkah-langkah untuk menghilangkan atau menonaktifkan iklan pop up di Google Chrome selengkapnya, sebagai berikut:

  • Pertama buka Google Chrome yang ada di HP android.
  • Kemudian klik ikon Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas tampilan, kemudian pilih opsi Setelan.
  • Lanjutkan dengan masuk ke opsi Izin.
  • Kemudian pilih opsi Pop-up dan Pengalihan.
  • Tinggal kamu pilih opsi Non-aktifkan pada opsi Pop-up dan Pengalihan tersebut.
  • Sekarang tutup Google Chrome dan buka lagi. Kamu bisa melakukan browsing tanpa terganggu iklan pop up lagi.
  • Selesai.

2. Uninstall Aplikasi Tertentu

Berbeda dengan cara pertama di atas, cara ini bisa kamu lakukan untuk memblokir iklan pop up yang sering muncul tiba-tiba di layar HP, bahkan ketika kamu tidak membuka halaman apa pun. Munculnya iklan semacam ini biasanya disebabkan karena kamu telah menginstall aplikasi tertentu, di mana aplikasi yang diinstall ini didownload dari luar Google Playstore. Terlebih lagi jika yang kamu install merupakan aplikasi MOD atau hasil modifikasi. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan juga aplikasi yang diinstall dari Google Playstore juga bisa menyebabkan masalah satu ini.

Untuk mengatasi masalah satu ini, kamu perlu melakukan uninstall atau penghapusan pada aplikasi tersebut. Untuk cara melakukan uninstall pada aplikasi di android ini sendiri, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Selanjutnya kamu cari dan pilih aplikasi yang ingin diuninstall dan dicurigai sebagai penyebab munculnya iklan pop up di HP android.
  • Untuk menghapusnya, kamu tinggal klik tombol Hapus Instalasi atau Uninstall.
  • Selesai.

Catatan: Alternatif lain untuk melakukan uninstall aplikasi di android yakni dengan tekan dan tahan ikon aplikasi yang ingin diuninstall. Kemudian pilih Uninstall atau Hapus Instalasi pada opsi yang muncul.

3. Menggunakan Aplikasi Antivirus

Sudah melakukan uninstall aplikasi yang dicurigai menjadi penyebab munculnya iklan pop up, tetapi iklan masih tetap muncul? Kalau begitu kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus. Bisa jadi munculnya iklan pop up di android ini dikarenakan virus atau malware yang menyerang sistem android.

Sebagai langkah terbaik untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menggunakan aplikasi antivirus di perangkat HP androidmu. Lakukan scanning dengan antivirus tersebut, kemudian hapus virus jika ditemukan. Mengenai aplikasi antivirus untuk HP android, ada beberapa pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

4. Menggunakan Aplikasi Blokir Iklan

Selain menggunakan cara di atas, alternatif lainnya yang juga terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan iklan di HP android yakni dengan menggunakan aplikasi blokir iklan. Aplikasi semacam ini biasa disebut juga dengan AdBlock. Ada banyak jenis aplikasi AdBlock yang bisa kamu temukan di Google Playstore atau di situs penyedia aplikasi android lainnya. Salah satu yang paling direkomendasikan untuk kamu gunakan yakni bernama AdAway.

Aplikasi AdAway ini sendiri merupakan satu dari banyaknya aplikasi pemblokir iklan yang populer digunakan. Tidak hanya bisa memblokir iklan pop up saja, melainkan jenis iklan lainnya juga memungkinkan untuk diblokir. Mulai dari iklan banner, iklan video, dan jenis iklan lainnya. Bahkan aplikasi ini juga memungkinkan untuk memblokir iklan dari aplikasi dan game. Sayangnya, untuk menggunakan aplikasi ini kamu perlu melakukan rooting HP terlebih dahulu.

5. Lakukan Reset HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi munculnya iklan pop up di HP android yakni dengan melakukan reset. Bisa jadi virus atau malware yang menjadi penyebab munculnya iklan sudah merusak fungsi sistem, sehingga iklan tidak bisa dihilangkan dengan cara apa pun. Namun, dengan melakukan factory reset HP diklaim akan mampu mengatasinya.

Untuk cara melakukan factory reset HP android ini sendiri, yakni dengan masuk ke Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Reset Data Pabrik. Seketika HP akan dihapus dan dikembalikan ke pengaturan awal pabrik. Sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu sebelum menerapkan cara ini.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara blokir iklan pop up di android yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel Sebelumnya7 Cara Mengatasi RH-01 Google Playstore Error Terampuh
Artikel SelanjutnyaCara Update Aplikasi Android untuk Pemula
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini