Beberapa Cara Screenshot di HP Huawei

Beberapa Cara Screenshot di HP Huawei Siapa yang tak kenal vendor smartphone satu ini. Yup, Huawei adalah salah satu perusahaan telekomunikasi asal Tiongkok yang merupakan pemasok perangkat telekomunikasi serta jaringan besar di Cina. Dari sekian banyak produknya seperti router modem dan lain-lain, pada Huawei sendiri lebih di kenal di perangkat smartphonenya. Pada pasar telepon genggam sendiri Huawei telah lama mengibarkan sayapnya, yang mana pada tahun 2003 dengan handphone tipe C300 merupakan produk HP pertamanya. Dan sampai kini di era ponsel pintar dengan sistem Android, Huawei masih mampu bertahan dan mengibaskan sayapnya di penjuru dunia melalui pasar smartphone.

Beberapa Cara Screenshot di HP Huawei

Yang bikin menarik dari HP Huawei ini, ketika kita hendak ingin melakukan screenshot pada HP Huawei bisa di lakukan dengan beragam macam cara. Sehingga hal ini akan sangat mempermudah para penggunanya dengan cara menggunakan kombinasi tombol ataupun gesture. Screenshoot sendiri merupakan sebuah istilah teknologi yang artinya tangkapan layar. Dengan melakukannya kita dapat menyimpan tampilan layar kita pada saat itu juga dengan format gambar. Sedangkan pada perangkat laptop dan PC, praktik tangkapan layar ini sendiri di kenal dengan istilah Printscreen. Walaupun penyebutannya hampir berbeda, tapi proses kerjanya sama saja lho.

Baca Juga:

Secara umum semua brand ponsel pintar pastinya mempunyai fitur bawaan dalam melakukan tangkapan layar pada layar smartphone mereka. Akan tetapi, sayangnya tidak semua merk smartphone tersebut mempunyai mekanisme screenshot yang sama. Ya, pada setiap merk HP tersebut condong memiliki akses fitur screenshot berbeda-beda. Tapi tenang, bagi kamu para pengguna smartphone Huawei yang ingin mengetahui cara melakukan tangkapan layar tidak perlu pusing. Karena, pada artikel kali ini kita akan mengupas lengkap beberapa cara screenshot di HP Huawei yang bisa untuk anda lakukan dengan mudah.

Beberapa Cara Screenshot di HP Huawei

Salah satu kemudahan yang di berikan smartphone Huawei sendiri ialah fitur screenshot yang sangat mudah di lakukan. Oleh karena itu bagi teman-teman semua yang penasaran sama cara-caranya bisa simak isi artikel kita di bawah ini ok.

1. Menggunakan Gesture Tiga Jari

Cara pertama yang akan kita bahas yakni dengan menggunakan tangkapan gestur 3 jari saja. Cara ini tentunya akan sangat mudah di lakukan ya, pasalnya hanya dengan mengusap tiga jari kita sudah bisa melakukan tangkapan layar ketika sedang membuka aplikasi apapun. Namun, sebelum bisa menggunakan cara ini, terlebih dulu kita harus mengaktifkan fitur tersebut melalui pengaturan smartphone Huawei. Jika sudah aktif, baru deh fitur tangkapan layar ini dapat di gunakan kapan saja bahkan ketika layar sedang terkunci sekalipun.

Bagi kamu yang sudah penasaran sama langkah-langkahnya, bisa simak rangkuman kita berikut ini:

  1. Pertama-tama buka menu Pengaturan pada smartphone Huawei
  2. Setelah itu kita lanjut dengan masuk ke menu Smart Assistance and Motion Control
  3. Lanjut dengan memilih opsi Motion Control
  4. Kemudian cari dan tekan menu Three Finger Screenshot, dan aktifkan fitur tersebut dengan cara menekan tombol di sampingnya
  5. Setelah fitur tiga jari ini aktif, silahkan coba melakukan screenshotnya dengan cara mengusap layar smartphone anda dengan menggunakan 3 jari
  6. Jika berhasil maka layar akan berkedip dan terdengar bungi shutter
  7. Untuk melihat hasil tangkapan layar tersebut, buka galeri HP dan cek di bagian folder tangkapan layar.

2. Melalui Knuckle Gesture

Selain opsi menggunakan gesture usapan 3 jari tadi, masih ada lho opsi lainnya yang melalui gesture tangan. Fitur ini sendiri jarang di temui pada merk smartphone lain, maka dari itu kenapa Huawei di kenal dengan kelengkapan fitur yang ia usung. Baiklah, cara tangkapan layar yang akan kita bahas kali ini ialah dengan knuckle gesture. Dengan kata lain, cukup dengan mengetuk layar kita sudah bisa melakukan screenshot layar smartphone. Jadi, melalui knuckle gesture dari Huawei ini merupakan cara tercepat yang bisa jadi opsi kamu untuk di gunakan.

Sebelum bisa menggunakan metode ini. Terlebih dahulu kita aktifkan fiturnya melalui pengaturan HP. Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Terlebih dulu kita buka menu Pengaturan smartphone Huawei
  2. Setelah itu kita masuk ke dalam menu Smart Assistance and Motion Control
  3. Pada sederetan opsi yang tersedia kita tekan opsi Motion Control, dan lanjut tekan Smart Screenshot
  4. Kalau sudah masuk ke halaman selanjutnya kita langsung aktifkan fitur Knuckle Gesture dengan menekan tombol aktif di sampingnya
  5. Sekarang waktunya untuk kita coba. Untuk bisa menangkap layar, lakukan ketukan sebanyak 2x dengan tulang jari mu
  6. Jika berhasil maka layar akan berkedip dan terdengar bunyi kalau tangkapan telah berhasil di lakukan
  7. Untuk melihat hasil screenshot ini bisa kamu cek melalui galeri foto.

3. Menggunakan Tombol Fisik

Cara yang ketiga ini berbeda sama cara sebelumnya yang mana tadi kita telah memanfaatkan fitur gesture dari Huawei. Kali ini kita akan memakai kombinasi dari tombol fisik untuk bisa melakukan tangkapan layar pada HP Huawei. Untuk fitur ini sendiri banyak di bawa oleh vendor HP lainnya ya, tapi ya itu, untuk pengaplikasiannya kombinasi tombol yang di gunakan tentu saja berbeda. Nah untuk memakai metode ini kita tidak perlu mengaktifkannya melalui menu pengaturan HP. Dari awal kita beli sudah bisa kok melakukan screenshot dengan menggunakan kombinasi tombol.

Bagi kamu yang masih bingung sama kombinasi screenshot pada smartphone Huawei, bisa simak tutorialnya di bawah ini:

  1. Buka ponsel pintar Huawei milikmu
  2. Tentukan lokasi mana yang mau kamu tangkap layarnya bebas, seperti pada saat bermain game, membuka youtube, atau bahkan di homescreen sekalipun
  3. Selanjutnya untuk melakukan screenshot cukup tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan
  4. Jika berhasil maka akan terdengar bunyi notifikasi dan layar berkedip
  5. Untuk hasilnya bisa kamu lihat pada galery foto ya.

4. Melalui Quick Menu

Cara yang terakhir akan kita bahas yaitu melalui penggunaan Quick Menu. Metode ini cocok sekali kalain gunakan ketika sedang terburu-buru sedang mau membuka aplikasi tertentu, Quick Menu akan sangat membantu. Kenapa menggunakan Quick Menu? Karena pada menu ini tersedia fitur Screenshot yang bisa di gunakan secara mendadak.

Untuk cara penggunaannya bisa kamu simak di bawah ini:

  1. Pilih bagian layar mana yang mau kamu tangkap layarnya
  2. Jika sudah tinggal usap layar kamu dari atas ke bawah sehingga tampil Quick Menu
  3. Setelah itu usap kembali sebanyak 2x
  4. Lalu tekan ikon Tangkapan Layar. Maka layar akan berkedip dan keluar suara notifikasi yang menandakan kamu berhasil menangkap layar.

Penutup

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini mengenai judul kita Beberapa Cara Screenshot di HP Huawei. Sebelum beranjak jangan lupa untuk share artikel kita terlebih dulu. Sampai jumpa dan terimakasih.

Eren Yeager
Hello people :) Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini