Cara Backup Kontak WhatsApp di HP Android

19
Backup Kontak WhatsApp
Backup Kontak WhatsApp

Backup Kontak WhatsApp – Hampir semua pengguna smartphone android khususnya pasti memiliki aplikasi WhatsApp di perangkat smartphonenya. Tidak heran, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang paling dibutuhkan oleh banyak orang di era modern ini. Dengan WhatsApp pengguna bisa saling berkomunikasi dengan mudah dan praktis, baik melalui chatting, panggilan suara, maupun panggilan video. Yang pasti aplikasi WhatsApp gratis untuk digunakan. Kamu hanya perlu menyambungkan perangkat HP android ke jaringan internet, maka WhatsApp sudah bisa digunakan sesuai fungsinya.

Backup Kontak WhatsApp
Backup Kontak WhatsApp

Terhubung dengan pengguna lain di WhatsApp, kamu perlu menyimpan kontak seseorang yang ingin dihubungi tersebut di akun WhatsApp. Simpan nomor WhatsApp teman atau orang lain di HP, kemudian diberi nama sesuai keinginan. Jika sudah, maka kamu bisa langsung mengirimnya chat ataupun melakukan panggilan suara / video dengannya. Menyimpannya sendiri bisa melalui menu Kontak di HP atau mengakses halaman Tambah Kontak langsung dari aplikasi WhatsApp.

Baca Juga:

Memiliki banyak kontak di aplikasi WhatsApp, ada kalanya kamu perlu melakukan pencadangan atau backup data kontak tersebut. Baik itu untuk mencegah kontak terhapus karena HP direset, ganti HP baru, menghapus data WhatsApp karena hal tertentu atau yang lain sebagainya. Memang penting untuk mencadangkan data kontak WhatsApp di HP android agar tidak hilang. Di bawah ini sudah dijelaskan cara untuk backup kontak WhatsApp yang mudah bisa kamu simak dan terapkan.

Alasan Melakukan Backup Kontak WhatsApp di HP Android

Ada beberapa alasan kenapa kamu perlu bahkan harus melakukan backup data di WhatsApp, termasuk data kontak yang tersimpan di dalamnya. Hal ini penting untuk diketahui agar tidak sampai terjadi kontak yang hilang. Apalagi jika di HP-mu terdapa banyak kontak penting, tentunya akan menjadi masalah tersendiri jika harus kehilangan semua kontak yang ada di dalamnya.

Adapun beberapa alasan kenapa harus melakukan pencadangan kontak di WhatsApp selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Melakukan pencadangan kontak WA karena ingin menghapus aplikasi WhatsApp. Baik itu karena aplikasi WhatsApp error atau terdapat bug, ingin ganti HP baru, dan juga update aplikasi WhatsApp ke versi baru secara manual.
  2. Ingin melakukan factory reset atau mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik. Dalam hal ini semua aplikasi dan data sistem di HP akan dihapus, termasuk kontak yang tersimpan di dalamnya.
  3. Ingin melakukan flashing HP android yang efeknya juga sama dengan reset HP.
  4. Ingin menjual HP dan datanya dipindah ke HP lain atau HP baru.

Selain karena alasan di atas, membackup data kontak juga dilakukan dengan tujuan mencegah risiko terhapus dikarenakan HP error. Misalnya saja HP mati secara tiba-tiba, HP matot, atau hal lainnya yang mengharuskan HP dilakukan reset, flashing atau bahkan penggantian komponen hardware di dalamnya.

Cara Backup Kontak WhatsApp di HP Android

Cara Mencadangkan Kontak WhatsApp
Cara Mencadangkan Kontak WhatsApp

Untuk melakukan backup kontak di WhatsApp sebenarnya sama dengan cara mencadangkan kontak di HP android. Ini karena kontak yang ada di WhatsApp tersinkronisasi secara otomatis dengan data kontak yang ada di HP android. Di WhatsApp sendiri tidak ada fitur khusus untuk menyimpan kontak secara terpisah dengan data kontak di HP. Jadi, data kontak antara keduanya sama, yakni di buku kontak HP maupun WhatsApp.

Setidaknya ada 2 cara mudah yang bisa dilakukan untuk membackup data kontak WA di HP android. Untuk langkah-langkah backup kontak WhatsApp yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Backup Kontak WA Sebagai File .VCF

Cara yang pertama yakni dengan mengekspor data kontak WA di HP menjadi file dalam bentuk VCF. File ini nantinya bisa kamu simpan di penyimpanan, seperti kartu SIM, kartu SD ataupun alat penyimpanan lainnya. File ekstrak dari kontak ini juga memungkinkan untuk diimpor lagi ke HP android lain untuk memudahkan pemindahannya.

Untuk langkah-langkah mencadangkan kontak WA dengan mengekspor ke file VCF tersebut, yakni:

  1. Pertama kamu buka menu Kontak di HP android.
  2. Pada halaman utama Kontak kamu klik ikon Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas tampilan. Kemudian pilih opsi Pengaturan atau Setelan.
  3. Selanjutnya klik pada opsi Impor / Ekspor Kontak.
  4. Pada bagian Ekspor Kontak, kamu pilih salah satu opsi yang tersedia di sana. Baik itu memilih opsi Ekspor ke SIM1, Ekspor ke SIM2, Ekspor ke Memori Internal, ataupun Ekspor ke Memori Eksternal.
  5. Jika sudah dipilih, selanjutnya kamu pilih salah satu data kontak yang ingin diekspor. Dalam hal ini kamu bisa pilih Kontak WhatsApp. Atau jika ingin mengekspor semua kontak di HP, maka pilih opsi Semua Kontak.
  6. Akan muncul tampilan pop up di layar, selanjutnya kamu beri nama file data kontak atau membiarkan namanya secara default.
  7. Untuk mengonfirmasi, kamu klik tombol Ekspor. Maka data kontak akan langsung diekspor dan disimpan dalam bentuk file .vcf pada penyimpanan yang kamu pilih tadi.
  8. Selesai.

Catatan: Cara di atas saya terapkan di HP Realme dengan dukungan OS Android 10. Untuk tipe dan merek HP lain kemungkinan tidak berbeda jauh dengan cara di atas.

Untuk mengembalikan kontak yang sudah dihapus di HP android, kamu bisa memanfaatkan file VCF yang sudah dibuat tadi. Nantinya data kontak yang sama akan dikembalikan sesuai dengan yang disimpan sebelumnya. Caranya cukup mudah, yakni dengan memanfaatkan fitur Impor yang tersedia di HP android. Untuk cara melakukannya, yakni:

  1. Buka menu Kontak di HP android.
  2. Kemudian klik ikon Tiga Titik yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  3. Pilih opsi Setelan atau Pengaturan, lalu pilih Impor / Ekspor Kontak.
  4. Klik opsi Impor dari Penyimpanan.
  5. Kemudian kamu cari dan pilih file .VCF yang sudah disimpan sebelumnya.
  6. Jika sudah, sekarang kamu buka aplikasi WhatsApp.
  7. Kemudian pada halaman Obrolan, kamu klik menu Obrolan Baru di pojok kanan bawah.
  8. Kemudian klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas, lalu pilih opsi Perbarui.
  9. Dengan demikian data kontak WA akan dikembalikan.

2. Backup Kontak WA dengan Sinkronisasi Akun Google

Selain cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan penyimpanan Google untuk menampung data kontak WhatsApp di HP android. Cara ini sangat mudah dilakukan, bahkan menggunakan akun Google kamu bisa menyimpan hingga ribuan kontak dengan aman. Data kontak juga bisa disinkronisasi secara realtime atau sesuai dengan keinginanmu. Untuk melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Akun.
  3. Selanjutnya pilih opsi Google.
  4. Kemudian kamu pilih akun Google yang ingin digunakan untuk mencadangkan kontak WhatsApp.
  5. Selanjutnya pada halaman sinkronisasi, kamu beri tanda centang pada opsi yang ingin dicadangkan ke akun Google tersebut. Dalam hal ini kamu berikan tanda centang pada opsi Kontak.
  6. Jika sudah, selanjutnya klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas, lalu pilih opsi Sinkronkan Sekarang. Tinggal menunggu sampai proses sinkronisasi selesai dilakukan.
  7. Selesai.

Data kontak yang sudah disinkronisasi ke akun Google akan tetap ada dan bisa diakses kapan pun kamu mau. Dengan catatan, pada HP android kamu masuk menggunakan akun Google yang sama dengan yang digunakan untuk pencadangan kontak tersebut. Selain itu, kamu juga perlu mengaktifkan fitur sinkronisasi di HP android agar data kontak bisa diambil dan ditampilkan di WhatsApp.

Penutup

Itulah tadi dua cara backup kontak WhatsApp di smartphone android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Layar Mati WhatsApp Panggilan
Artikel SelanjutnyaCara Logout WhatsApp di HP Android yang Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini