7 Aplikasi Virtual Reality di Android Terbaik

Aplikasi Virtual Reality di Android – Dewasa ini dunia teknologi sudah berkembang dengan sangat pesatnya. Berbagai teknologi terbaru sudah dihadirkan, tidak lain untuk mempermudah aktivitas harian manusia. Selain itu, hadirnya alat-alat teknologi juga bisa menjadi sarana hiburan bagi para pengguna. Dari sekian banyaknya perangkat teknologi canggih yang hadir sekarang ini, smartphone tampaknya menjadi salah satu yang paling banyak diminati. Pasalnya, hampir semua orang pasti punya yang namanya perangkat smartphone, khususnya smartphone android.

Aplikasi Virtual Reality di Android
Aplikasi Virtual Reality di Android

Berbicara mengenai HP android, di dalamnya sudah didukung beragam jenis aplikasi dengan fungsinya masing-masing. Aplikasi-aplikasi ini bisa pengguna temukan dengan mudah di Google Play Store, sebagian ada yang freemium dan sebagian lagi berstatu premium alias berbayar. Untuk masalah aplikasi di android, saat ini sudah mulai ramai yang namanya aplikasi yang mendukung fitur VR atau Virtual Reality. Untuk menjalankan aplikasi semacam ini, pastinya kamu perlu HP android yang sudah mendukung fitur VR tersebut.

Baca Juga:

Selain HP dengan fitur Virtual Reality, ada satu alat penting lain yang harus dipunya yakni Headset VR. Headset VR sendiri harganya cukup bervariasi, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Tentunya harga yang dibanderol sudah sesuai dengan kualitas yang dimilikinya. Berikut ini sudah saya rangkumkan beberapa rekomendasi aplikasi Virtual Reality di android paling populer digunakan.

Daftar Aplikasi Virtual Reality di Android Terbaik

1. Youtube VR

Youtube VR
Youtube VR

Youtube sudah menjadi salah satu platform streaming video yang paling populer dan banyak diminati sekarang ini. Tidak seperti di channel TV, Youtube menyediakan banyak sekali video menarik dari berbagai genre. Mulai dari genre komedi, olahraga, horror, film romantis dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menarik semakin banyak peminat, Youtube kini menghadirkan aplikasi bernama Youtube VR. Aplikasi ini memungkinkan kamu menonton video-video di Youtube dengan format Virtual Reality atau VR.

Untuk menikmatinya, kamu butuh headset VR dan HP android yang mendukung fitur VR tersebut. Kamu tinggal mencari video 360 di aplikasi Youtube dan mulailah menikmati video menarik dengan format VR tersebut. Aplikasi garapan Google LLC ini juga cukup ringan, yakni hanya berukuran 18MB saja.

2. VR Thrills: Roller Coaster 360 (Google Cardboard)

VR Thrills: Roller Coaster 360 (Google Cardboard)
VR Thrills: Roller Coaster 360 (Google Cardboard)

Apa kamu salah satu orang yang ingin sekali naik Roller Coaster, tetapi tidak bisa mewujudkannya? Tenang saja, sekarang kamu bisa merasakan bagaimana seru dan tegangnya naik Roller Coaster hanya dari HP androidmu. Tentunya kamu juga butuh headset VR untuk memaksimalkan keseruan naik Roller Coaster digital tersebut. Install saja aplikasi bernama VR Thrills: Roller Coaster 360 (Google Cardboard) yang dibesut oleh Rabbit Mountain ini.

Mulai jalankan aplikasi tersebut dan rasakan pengalaman menaiki Rolloer Coaster yang menegangkan seperti sungguhan. Sekali mencobanya, pasti kamu akan langsung ketagihan sehingga mencobanya lagi dan lagi. Aplikasi satu ini cukup populer digunakan, yang mana sudah ada lebih dari 10 juta pengguna yang menginstall aplikasi ini di smartphone mereka.

3. Google Cardboard

Google Cardboard
Google Cardboard

Kali ini ada aplikasi VR untuk android yang juga merupakan besutan dari raksasa Google LLC. Diberi nama Google Cardboard, aplikasi Virtual Reality satu ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Untuk ukurannya tidak terlalu besar yakni hanya 48MB saja, membuatnya tetap lancar meski dijalankan di HP berspek standar.

Dari aplikasi Google Cardboard ini, kamu bisa mengunduh aplikasi lain yang sudah didukung oleh Google Cardboard tersebut. Selain itu, agar penggunaannya semakin maksimal, sebaiknya kamu gunakan Headset VR Google Cardboard.

4. InCell VR (Cardboard)

InCell VR (Cardboard)
InCell VR (Cardboard)

Pilihan aplikasi Virtual Reality di android berikutnya yang tidak kalah populer digunakan adalah InCell VR. InCell VR merupakan salah satu jenis game yang berisi edukasi mengenai anatomi tubuh manusia. Game ini lebih cocok dimainkan oleh anak-anak sebagai pembelajaran bagi mereka mengenai anatomi tubuh manusia. Dengan memainkan game ini, selain memberi hiburan, anak juga bisa mengenal sedikit demi sedikit anatomi manusia.

Mendukung format VR, game satu ini akan lebih maksimal jika dimainkan menggunakan headset VR. Dalam permainannya, pemain akan berperan sebagai karakter dari masa depan yang mengubah dirinya menjadi kecil dan masuk ke dalam tubuh manusia. Di dalam tubuh karakter bertugas untuk melawan berbagai jenis virus. Aplikasi ini sendiri dibesut oleh Nival, yang mana sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali di Google Play Store.

5. Minos Starfighter VR

Minos Starfighter VR
Minos Starfighter VR

Sama seperti sebelumnya, Minos Starfighter VR juga merupakan salah satu jenis game seru yang mendukung fitur VR. Bedanya, dalam game ini kamu akan berperan sebagai seorang pilot pesawat perang yang ditugaskan untuk melawan alien jahat. Kamu harus bisa mengendalikan pesawat dan segera tembak pesawat musuh sebanyak-banyaknya.

Semakin seru lagi karena game buatan Orange Bridge Studios Inc. ini sudah dibekali dengan tampilan grafis menakjubkan, serta audio seperti peperangan nyata. Gunakan Headset VR terbaik agar permainan game Minos Starfighter VR semakin seru dan tampak realistis.

6. Google Daydream

Google Daydream
Google Daydream

Lagi-lagi datang dari Google LLC, kali ini ada aplikasi Virtual Reality untuk android yang bernama Google Daydream. Aplikasi ini sudah mendukung hampir semua Headset VR yang ada di pasaran sekarang ini. Google Daydream ini sendiri merupakan sebuah portal khusus yang di dalamnya berisi berbagai aplikasi VR dan video VR. Selain itu, melalui Google Daydream ini kamu juga bisa menyetel Headset VR milikmu.

Fungsinya memang hampir sama dengan Google Cardboard, namun Google Daydream didukung dengan fitur yang lebih canggih dan keren. Selain itu, aplikasi ini juga dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan Google Cardboard.

7. Google Ekspedisi

Google Ekspedisi
Google Ekspedisi

Dan aplikasi Virtual Reality di android terbaik terakhir adalah Google Ekspedisi. Dengan adanya aplikasi Google Ekspedisi, memungkinkan kamu mengetahui dunia luar tanpa harus keluar dari rumah. Ya, Google Ekspedisi menyediakan Beragam tur ke berbagai tempat yang ada di dunia, mulai dari pegunungan, museum, dan masih banyak lagi tempat lainnya di seluruh dunia.

Di dalamnya disediakan sekitar 900 tur yang bisa kamu nikmati, tentunya dengan dukungan Headset VR dan HP android dengan fitur VR.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi Virtual Reality di android terbaik bisa kamu gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?