7 Aplikasi Ubah Gambar Jadi Teks Terbaik di Android

Aplikasi Ubah Gambar Jadi Teks – Di Google Play Store kita bisa menemukan banyak sekali jenis aplikasi dengan fungsinya masing-masing. Aplikasi-aplikasi tersebut bahkan kebanyakan bisa didonwloadan dan digunakan secara gratis. Namun, terkadang ada beberapa fitur tambahan yang hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar. Selain itu, menjadi pengguna premium kamu juga bisa lebih nyaman menggunakan aplikasi karena tampilannya bebas dari iklan.

Aplikasi Ubah Gambar Jadi Teks
Aplikasi Ubah Gambar Jadi Teks

Dari sekian banyaknya jenis aplikasi di Google Play Store, ada satu jenis aplikasi yang cukup banyak digunakan. Jenis aplikasi yang dimaksud tersebut yakni aplikasi untuk scan gambar dan hasilnya diubah menjadi teks. Jadi, gambar yang dijadikan teks tersebut nantinya bisa kamu edit ulang sesuka hati. Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang malas jika harus menulis dibuku secara manual. Misalnya saja teks yang ada di buku pelajaran, bisa kamu scan menggunakan aplikasi ini dan hasilnya akan berbentuk teks yang bisa diedit.

Baca Juga:

Ada banyak pilihan aplikasi untuk mengubah gambar menjadi teks tersebut di Google Play Store. Pastinya masing-masing aplikasi punya keunggulan dan kekurangan tersendiri, kamu bebas ingin memilih aplikasi yang mana. Namun, jika masih bingung memilihnya, di bawah ini sudah saya pilihkan beberapa aplikasi terbaik dan recommended untuk Anda gunakan. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi ubah gambar jadi teks terbaik dan terpopuler yang bisa Anda gunakan.

Daftar Aplikasi Ubah Gambar Jadi Teks Terbaik di Android

Beberapa aplikasi yang mendukung fitur OCR cukup banyak pilihannya di Google Play Store. Namun, yang saya kumpulkan di bawah ini adalah pilihan terbaik dan recommended untuk kamu gunakan. Adapun pilihan aplikasi ubah gambar jadi teks terbaik selengkapnya, sebagai berikut:

1. Google Lens

Google Lens
Google Lens

Dari namanya kamu pasti sudah paham siapa yang ada dibalik terciptanya aplikasi satu ini. Google Lens merupakan aplikasi andalan dari Google LLC punya fungsi untuk OCR atau scan gambar menjadi teks. Aplikasi Google Lens ini sendiri sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di Google Play Store.

Sebenarnya aplikasi besutan Google LLC ini tidak hanya berfungsi untuk mengubah gambar menjadi teks saja, melainkan lebih dari itu. Beberapa fitur lain sudah disediakan di dalam aplikasi ini, seperti fitur translate bahasa, places, mencari objek pada foto, sopping, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk urusan scan gambar menjadi teks, Anda hanya bisa men-copy teks langsung ke word atau note di HP android.

2. CamScanner

CamScanner
CamScanner

Berikutnya ada aplikasi bernama CamScanner yang juga memungkinkan untuk digunakan men-scan gambar dan diexport ke teks. Tidak hanya tersedia untuk perangkat android saja, CamScanner juga menyediakan versi iOS-nya. Aplikasi ini terbilang sangat populer digunakan, terhitung ada lebih dari 100 juta pengguna yang mengunduh aplikasi CamScanner.

Aplikasi yang dikembangkan oleh INTSIG Information Co. Ltd. juga dibekali dengan banyak sekali fitur keren. Salah satunya fitur untuk melakukan scan buku, di mana nantinya aplikasi ini akan memindah serta memisahkan halaman buku secara otomatis. Sayangnya, untuk bisa menikmati semua fitur dari CamScanner ini kamu perlu berlangganan versi premium. Tenang saja, biasa langganan versi premium dari CamScanner tidak cukup mahal.

3. OCR Text Scanner: Convert an image to text

OCR Text Scanner: Convert an image to text
OCR Text Scanner: Convert an image to text

Kali ini ada aplikasi bernama OCR Text Scanner: Convert an image to text yang juga tidak kalah populer digunakan. Aplikasi diklaim mampu melakukan scan gambar menjadi teks dengan tingkat akurasi mencapai angka 99%.  Jadi, hampir tidak ada kesalahan sama sekali pada teks hasil scanning dari gambar atau buku.

Aplikasi OCR Text Scanner: Convert an image to text hadir dengan dukungan lebih dari 92 bahasa yang ada di dunia, termasuk juga Bahasa Indonesia. Disediakan pula fitur Crop and Enhance Image yang berguna untuk mengatur area mana saja yang tidak ingin kamu pindai atau scan. Yang menarik lagi, aplikasi besutan Rishi Apps ini juga menyediakan fitur translate yang mendukung lebih dari 100 bahasa di dunia.

4. Text Scanner [OCR]

Text Scanner [OCR]
Text Scanner [OCR]

Aplikasi image to text terbaik berikutnya yakni bernama Text Scanner [OCR]. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Peace dan sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Play Store. Sesuai dengan namanya, aplikasi Text Scanner [OCR] ini punya fungsi utama untuk mengubah gambar menjadi teks yang bisa dicopy ke Clip Board, Word atau PDF.

Teks hasil scanner tidak hanya bisa dicopy saja, melainkan juga bisa disimpan ke Google Drive. Melakukan panggilan telepon juga memungkinkan dari aplikasi Text Scanner [OCR]. Memindai teks bisa kamu lakukan dari media apa saja, mulai dari buku, majalah, file dokumen, hingga hasil tulisan tangan.

5. Microsoft Office Lens – PDF Scanner

Microsoft Office Lens - PDF Scanner
Microsoft Office Lens – PDF Scanner

Kali ini ada aplikasi besutan dari brand Microsoft yang juga punya fungsi OCR atau Optical Character Recognition. Aplikasi Microsoft Office Lens – PDF Scanner ini bisa kamu gunakan untuk scan tulisan menjadi bentuk file word dengan hanya berbeda HP android. Yang menarik lagi, hasil scanner tidak hanya bisa diubah ke bentuk word, melainkan juga ke dalam bentuk PowerPoint dan PDF.

Aplikasi Microsoft Office Lens – PDF Scanner ini sendiri sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Terdapat 3 mode untuk mengambil gambar dan diubah menjadi teks, yakni mode Dokumen, mode Papan Tulis, dan juga mode Kartu Nama.

6. Text Fairy (Pemindai Teks OCR)

Text Fairy (Pemindai Teks OCR)
Text Fairy (Pemindai Teks OCR)

Aplikasi untuk mengubah gambar menjadi teks di android terbaik berikutnya yakni bernama Text Fairy (Pemindai Teks OCR). Aplikasi satu ini dikembangkan oleh developer bernama Renard Wellnitz dan sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Play Store. Aplikasi satu ini bisa dipilih jika Anda lebih suka aplikasi pengubah gambar jadi teks yang berbasis offline.

Hasil teks pindaian juga memungkinkan untuk kamu kelola. Mulai dari melakukan pengeditan, penggabungan, dan juga menghapus teks yang tidak diinginkan. Jika sudah dirasa pas, nantinya bisa kamu export langsung ke file PDF.

7. Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator

Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator
Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator

Dan aplikasi ubah gambar jadi teks di android yang terakhir yakni bernama Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator. Aplikasi satu ini dibesut oleh developer kondang, yakni Adobe. Fungsi utama dari aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi-aplikasi di atas.

Teks hasil pindaian dari Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator memungkinkan untuk kamu ekspor ke file PDF atau JPEG. Aplikasi ini terbilang praktis, memungkinkan melakukan scan pada banyak dokumen sekaligus dan menyimpannya dengan hanya satu kali klik.

Penutup

Itu tadi daftar aplikasi ubah gambar jadi teks di smartphone android terbaik yang bisa kamu unduh dan gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini