7 Aplikasi Tanda Tangan Online di HP Android

18
Aplikasi Tanda Tangan Online
Aplikasi Tanda Tangan Online

Aplikasi Tanda Tangan Online – Di era digital seperti sekarang ini banyak hal yang bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui perangkat smartphone. Tidak lain karena di perangkat smartphone android khususnya dibekali dengan beragam fitur canggih yang berguna untuk memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna. Misalnya saja memudahkan kita untuk mencari dinformasi di internet melalui browser di smartphone. Atau juga memudahkan kita untuk berbelanja secara online hanya melalui genggaman HP, pembayarannya pun bisa melalui HP juga.

Aplikasi Tanda Tangan Online
Aplikasi Tanda Tangan Online

Bagi pekerja kantoran atau pebisnis, tanda tangan dibutuhkan untuk verifikasi data yang dibuat. Misalnya saja lampiran kerja sama atau kontrak, tanda tangan menjadi bukti kalau kita sudah setuju dengan isi dari lampiran dan siap untuk bertanggung jawab sesuai yang dilampirkan. Berbicara mengenai tanda tangan, melalui HP android kita juga bisa membuatnya dengan mudah. Hasil tanda tangannya sama persis seperti kita membuatnya secara manual di kertas menggunakan pen. Inilah yang disebut dengan tanda tangan digital, di mana sekarang ini sudah menjadi tren baru di dunia bisnis online.

Baca Juga:

FIle dokumen tidak perlu diprint terlebih dahulu untuk nantinya ditandatangani, lalu discan untuk nantinya dikirim ulang. Itu sangat merepotkan, namun dengan adanya platform tanda tangan digital ini sangat membantu untuk menandatangani sebuah dokumen. Kamu bisa memasukkan tanda tangan yang sudah dibuat ke halaman dokumen dari berbagai format, baik itu format PDF, Ms. Word atau ekstensi lainnya. Untuk membuat tanda tangan digital di HP, kita bisa menggunakan aplikasi khusus yang tersedia di Google Playstore. Berikut daftar aplikasi tanda tangan online terbaik yang bisa kamu install di HP android selengkapnya.

Daftar Aplikasi Tanda Tangan Online di HP Android

Ada banyak aplikasi tanda tangan digital yang bisa ditemukan di Google Playstore dan hampir semua aplikasi bisa digunakan secara gratis. Meskipun ada beberapa fitur premium di dalamnya yang hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar saja. Adapun aplikasi tanda tangan online di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Adobe Fill & Sign: Easy PDF Do

Adobe Fill & Sign: Easy PDF Do
Adobe Fill & Sign: Easy PDF Do

Pilihan aplikasi tanda tangan digital terbaik yang pertama bisa kamu gunakan yakni Adobe Fill & Sign: Easy PDF Do. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh developer ternama Adobe yang terkenal dengan aplikasinya yang berkualitas dan kaya fitur. Kali ini mereka menghadirkan aplikasi khusus untuk membuat dan menambahkan tanda tangan pada sebuah dokumen, khususnya yang berekstensi PDF.

Cara kerjanya cukup simpel dan praktis, yakni kamu mengakses file dokumen, kemudian mengisi dan menantanganinya. Lalu kemudian bisa mengirim file yang sudah jadi langsung dari dalam aplikasi Adobe Fill & Sign: Easy PDF Do. Didukung dengan tampilan antarmuka yang sederhana, aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Di Google Playstore, aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 10 juta kali.

2. DocuSign – Upload & Sign Docs

DocuSign - Upload & Sign Docs
DocuSign – Upload & Sign Docs

Berikutnya ada aplikasi bernama DocuSign – Upload & Sign Docs yang fungsinya hampir sama dengan aplikasi di tas. Dengan aplikasi ini kamu memungkinkan untuk menandatangani sebuah dokumen kontrak atau bisnis dengan mudah, kapan pun dan di mana pun. Hanya perlu memasukkan dokumen ke dalam aplikasi, lalu tambahkan tanda tanganmu di area yang diinginkan pada dokumen.

Aplikasi DocuSign – Upload & Sign Docs ini sepenuhnya gratis, untuk menggunakannya kamu perlu membuat akun terlebih dahulu. Aplikasi DocuSign – Upload & Sign Docs ini sendiri dikembangkan oleh DocuSign dan sudah didownload lebih dari 10 juta kali di Google Playstore dengan rating mencapai 4.6 dari 5. Ukuran filenya pun terbilang ringan, yakni sekitar 59MB saja.

3. Privy – Tanda Tangan Digital

Privy - Tanda Tangan Digital
Privy – Tanda Tangan Digital

Privy – Tanda Tangan Digital merupkan pilihan aplikasi tanda tangan digital lainnya yang juga direkomendasikan untuk kamu pilih. Sudah didownload lebih dari 1 juta kali di Google Playstore, aplikasi satu ini tentunya cukup populer digunakan. Dokumen yang kamu tandatangani melalui aplikasi ini dijamin legalitasnya. Ini karena aplikasi tersebut menyandang status sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Aplikasi Privy – Tanda Tangan Digital juga punya banyak fitur canggih di dalamnya yang membuat pengguna merasa nyaman dan aman. Salah satunya adalah layanan customer service yang beroperasi selama 24/7, kamu bisa menghubunginya kapan dan di mana pun. Untuk ukuran dari aplikasi ini hanya sekitar 60MB saja, sehingga cukup ringan dan lancar meskipun dijalankan di perangkat HP dengan spek standar.

4. Electronic Signature Maker

Electronic Signature Maker
Electronic Signature Maker

Kemudian ada aplikasi bernama Electronic Signature Maker yang juga bisa digunakan untuk menandatangani sebuah dokumen. Aplikasi ini sudah kompatibel dengan file PDF, di mana Anda bisa mengakses file dokumen tersebut dan menambahkan tanda tangan digital di dalamnya. Kemudian menyimpan hasil file yang sudah diberi tanda tangan dan mengirimkannya ke platform apa pun yang kamu inginkan. Selain file PDF, aplikasi ini juga kompatibel dengan ekstensi file lainnya, seperti doc/docx, xls/xlsx, jpeg, png, tiff, txt dan lain sebagainya.

Di aplikasi Electronic Signature Maker kamu bisa memilih untuk membuat tanda tangan manual maupun tanda tangan otomatis, dan bisa dimasukkan ke dokumen tertentu. Termasuk salah satu aplikasi tanda tangan terbaik, aplikasi ini sudah didownload lebih dari 500 ribu kali di Google Playstore.

5. Gambar Tanda Tangan Digital

Gambar Tanda Tangan Digital
Gambar Tanda Tangan Digital

Untuk aplikas berikutnya ini agak berbeda dengan aplikasi yang sudah disebutkan di atas. Gambar Tanda Tangan Digital merupakan aplikasi pembuat tanda tangan digital yang nantinya bisa pengguna simpan dalam format gambar, yakni JPEG atau PNG. File tanda tangan yang sudah dibuat akan tersimpan secara otomatis di dalam folder TTD_Digital di memori internal HP. Selanjutnya file tanda tangan bisa kamu tambahkan secara manual ke dalam dokumen yang ingin diberi tanda tangan dengan cara insert image atau tambahkan gambar.

Aplikasi Gambar Tanda Tangan Digital sendiri memungkinkan untuk digunakan secara gratis. Namun, aplikasi membutuhkan beberapa izin akses pada perangkat agar bisa berfungsi dengan baik. Kamu bisa memberikan izin akses tersebut ketika pertama kali membuka aplikasi Gambar Tanda Tangan Digital. Aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh Gulajava Ministudio dan sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Google Playstore.

6. Tanda Tangan Digital

Tanda Tangan Digital
Tanda Tangan Digital

Tanda Tangan Digital besutan dari BE OKE Media ini juga bisa menjadi alternatif lain untuk kamu yang mencari aplikasi pembuatan tanda tangan online. Mirip seperti aplikasi nomor 5 di atas, di sini kamu memungkinkan untuk membuat tanda tangan digital dan disimpan dalam format gambar. File gambar yang merupakan tanda tangan digital nantinya bisa dimasukkan secara manual ke dokumen yang ingin ditandatangani.

Menariknya lagi, kita memungkinkan untuk mengatur warna dari tanda tangan yang dibuat. Baik menjadikannya berwarna hitam, merah, biru, hijau, ungu, abu-abu dan warna pastel. Selain itu, kita juga memungkinkan untuk mengatur ketebalan dari pena untuk hasil tanda tangannya. Serta menyimpan hasil tanda tangan digital dengan background warna putih (JPG) atau tanpa background (PNG). D

7. Signature Maker

Signature Maker
Signature Maker

Dan pilihan aplikasi untuk membuat tanda tangan digital secara online di HP android yang terakhir yakni bernama Signature Maker. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh developer bernama Fair Apps Store dan sudah didownload lebih dari 100 ribu kali di Google Playstore. Ukurannya juga tidak terlalu besar, yakni hanya 52MB saja sehingga tetap ringan dan lancar meskipun dijalankan di HP dengan spek standar.

Melalui aplikasi ini kamu memungkinkan untuk membuat tanda tangan secara manual dengan menggunakan menu Draw. Atau bisa juga menggunakan menu Auto untuk membuat tanda tangan otomatis dengan hasil yang bisa ditentukan sendiri. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik yakni Scan, di mana kamu bisa menggunakannya untuk scanning tanda tangan di kertas untuk dijadikan sebagai tanda tangan digital. Menandatangani sebuah dokumen juga memungkinkan dilakukan di dalam aplikasi Signature Maker ini, yakni melalui menu Sign Document.

Penutup

Itulah tadi beberapa pilihan aplikasi tanda tangan online di HP android gratis yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Panggilan Darurat di HP Android yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Beli Koin Shopee Pakai ShopeePay di HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini