7 Aplikasi Stop Motion Ringan di Android Terbaik

8
Aplikasi Stop Motion Ringan
Aplikasi Stop Motion Ringan

Aplikasi Stop Motion Ringan – Membuat video animasi sekarang sudah bisa lebih mudah menggunakan perangkat smartphone. Dengan fitur kamera yang ada di smartphone memungkinkan kita untuk membuat video animasi dengan teknik stop motion. Cara kerja dalam pembuatan video animasi menggunakan teknik ini sangat simpel, namun butuh kesabaran ekstra. Dalam hal pembuatannya objek akan dipindah sedemikian rupa secara fisik dan direkam dalam satu waktu, serta dijadikan satu frame hingga terbentuklah sebuah video.

Aplikasi Stop Motion Ringan
Aplikasi Stop Motion Ringan

Menggunakan teknik animasi stop motion di perangkat smartphone android, kamu perlu bantuan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak pilihan aplikasi untuk membuat video animasi stop motion tersebut, yang pasti aplikasi-aplikasi ini gratis untuk digunakan. Namun, ada pula beberapa aplikasi yang menyediakan versi berbayarnya, di mana fitur yang disematkan di dalamnya lebih lengkap dan beragam. Untuk kamu yang memiliki dana lebih, disarankan untuk memilih aplikasi stop motion versi premium tersebut. Selain fitur lengkap, membuat video animasi akan lebih mudah dengan aplikasi berbayar tersebut.

Baca Juga:

Untuk perangkat smartphone android, aplikasi pembuat video stop motion ini bisa didownload langsung dari Google Playstore. Ada banyak sekali pilihannya, yang pasti sangat cocok digunakan bagi pemula ataupun profesional. Bisa dibilang penggunaan aplikasi stop motion maker di android ini sangat hemat biaya, jika dibandingkan dengan harus membeli kamera mahal untuk pembuatan animasi stop motion tersebut. Bagi kamu yang sudah tidak sabar ingin menginstall aplikasi tersebut, berikut pilihan aplikasi stop motion ringan terbaik yang bisa dipilih dan gunakan.

Daftar Aplikasi Stop Motion Ringan di Android Terbaik

Dari sekian banyaknya aplikasi stop motion di Google Playstore, hanya beberapa saja yang dianggap paling bagus. Selain karena fiturnya yang lengkap, aplikasi pilihan ini juga memiliki kapasitas yang cukup ringan sehingga tidak akan membuat smartphone nge-lag. Adapun beberapa pilihan aplikasi stop motion ringan di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Stop Motion Studio

Stop Motion Studio
Stop Motion Studio

Pilihan yang pertama ada aplikasi bernama Stop Motion Studio yang hadir dalam dua versi, yakni versi gratis dan berbayar. Untuk Stop Motion Studio versi berbayar, kamu bisa membelinya seharga Rp 72.000,- via Google Playstore. Namun, bagi kamu yang hanya sekedar ingin mencoba bisa memilih aplikasi versi gratisnya. Fitur yang disediakan juga sudah sangat cukup untuk membuat video animasi stop motion lewat perangkat android.

Aplikasi Stop Motion Studio ini sendiri dikembangkan oleh developer bernama Cateater dan sudah sudah unduh lebih dari 10 juta kali. Jumlah unduhannya ini menjadi yang paling banyak di Google Playstore untuk kategori aplikasi pembuat stop motion. Ada banyak fitur yang disediakan, serta hadir dengan tampilan antarmuka sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

2. PicPac Stop Motion & TimeLapse

PicPac Stop Motion & TimeLapse
PicPac Stop Motion & TimeLapse

Berikutnya ada aplikasi bernama PicPac Stop Motion & TimeLapse yang tidak hanya berfungsi untuk membuat video stop motion saja, melainkan juga video time lapse. Aplikasi ini juga hadir dengan dukungan antarmuka yang simpel sehingga mudah untuk digunakan, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Anda bisa mengambil foto dalam satu waktu untuk membuat stop motion, merekam untuk membuat video time lapse dan animasi. Fiturnya cukup lengkap sehingga akan memudahkan kamu dalam pembuatan video.

Sayangnya, aplikasi PicPac Stop Motion & TimeLapse ini menempelkan watermark pada hasil videonya. Jika ingin menghilangkannya, maka kamu harus berlangganan versi berbayar. Untuk versi berbayarnya ini, ada banyak pilihan resolusi video yang bisa dihasilkan hingga maksimal 1080p. Aplikasi ini sendiri dibesut oleh Animative dan sudah didownload lebih dari 1 juta kali di Google Playstore.

3. Stop Motion Maker – KomaDori L

Stop Motion Maker - KomaDori L
Stop Motion Maker – KomaDori L

Kali ini ada aplikasi pembuat video animasi stop motion dari developer bernama Octoroid, yakni Stop Motion Maker – KomaDori L. Aplikasi satu ini cukup populer digunakan dan diklaim mudah digunakan untuk membuat video berhenti gerak atau stop motion. Bahkan tidak hanya digunakan oleh para pemula saja, bahkan juga para profesional. Di Google Playstore, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali. Ukurannya tidak lebih dari 2.3MB sehingga sangat ringan dijalankan.

Untuk mode pemotretan di aplikasi Stop Motion Maker – KomaDori L ini tersedia dalam dua pilihan, yakni mode manual dan mode otomatis. Kamu bisa memilih mode mana yang ingin digunakan dalam pembuatan video stop motion. Sementara file hasil ekspornya bisa dibuat dalam format AVI atau JPEG. Sedangkan untuk format file yang bisa diimpor ke dalam aplikasi, yakni file PNG dan JPEG.

4. Stop Motion Video Maker

Stop Motion Video Maker
Stop Motion Video Maker

Stop Motion Video Maker diklaim sangat mudah digunakan dan disarankan untuk para pemula yang ingin membuat film atau animasi dengan teknik stop motion. Aplikasi satu ini mengusung tampilan antarmuka yang user-friendly, di mana fitur-fiturnya tersebut mudah digunakan. Sementara hasil video yang bisa didapat tidak kalah bagus dengan aplikasi serupa lainnya. Bahkan penggunaannya kamu tidak perlu membayar alias gratis.

Di dalam aplikasi Stop Motion Video Maker ini disediakan video tutorial yang akan mengajari kamu bagaimana cara menciptakan atau membuat video stop motion. Semua fitur di dalamnya tersedia secara gratis, serta tidak akan membatasi seberapa banyak video yang dibuat melalui aplikasi ini.

5. Stop Motion Catoon Maker

Stop Motion Catoon Maker
Stop Motion Catoon Maker

Aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat video animasi dari pengumpulan frame atau file foto, yakni bernama Stop Motion Catoon Maker. Buatlah video dengan objek tanah liat, plastisin, lego, mainan atau yang lainnya dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Yang pasti, aplikasi Stop Motion Catoon Maker tersebut gratis untuk kamu unduh dan install melalui Google Playstore.

Aplikasi Stop Motion Catoon Maker ini sendiri dibuat oleh Whisper Arts dan sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali di Google Playstore. Ukurannya hanya sekitar 4.3MB yang tentunya sangat ringan untuk dijalankan di perangkat HP android spek standar. Sementara untuk mendapatkan pengalaman membuat video stop motion yang lebih nyaman, kamu bisa menggunakan aplikasi Stop Motion Catoon Maker versi Pro atau berbayar.

6. I Can Animate

I Can Animate
I Can Animate

Aplikasi I Can Animate memungkinkan untuk kamu gunakan membuat video animasi layaknya profesional. Video animasi yang bisa dihasilkannya berkualitas bagus dan memuaskan pastinya. Meski demikian, I Can Animate ini menghadirkan tampilan interface yang sederhana sehingga mudah dipahami bahkan oleh para pemula sekali pun.

Untuk segi fungsi dan fitur tidak berbeda jauh dengan aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan di atas. I Can Animate ini sendiri juga terbilang ringan, di mana ukurannya hanya sekitar 59MB saja. Dibesut oleh Kudlian Software Limited, aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali di Google Playstore.

7. GIFMob – Kamera Animasi GIF Mudah

GIFMob - Kamera Animasi GIF Mudah
GIFMob – Kamera Animasi GIF Mudah

Dan pilihan aplikasi pembuat video stop motion yang bagus dan ringan yang terakhir yakni GIFMob – Kamera Animasi GIF Mudah. Meskipun namanya GIFMob, nyatanya aplikasi ini juga memungkinkan untuk digunakan membuat video animasi stop motion dengan format Mp4. Bahkan membuatnya tidak akan ada batasan gambar yang bisa kamu masukkan sebagai frame.

Yang menarik lagi, menggunakan aplikasi GIFMob – Kamera Animasi GIF Mudah ini kamu bisa membuat gambar bergerak dengan format gambar GIF. Saat akan mengambil foto, kamu bisa menggunakan mode superposisi kamera untuk hasil yang lebih bagus dan maksimal.

Penutup

Dari beberapa pilihan aplikasi stop motion ringan untuk HP android di atas, mana yang menurut kamu paling bagus untuk digunakan? Jika sudah menentukan pilihan, selanjutnya kamu bisa langsung mendownload aplikasi tersebut lewat Google Playstore. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosialmu, ya?

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Status WhatsApp Teman Tidak Muncul
Artikel SelanjutnyaCara Mengetahui HP Sudah Di-root atau Belum
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini