7 Aplikasi Scanner di Android Terbaik 2019

Aplikasi Scanner di Android – Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu keunggulan sistem operasi android adalahnya banyaknya pilihan aplikasi menarik di dalamnya. Aplikasi-aplikasi yang disediakan ini tentu punya kegunaan masing-masing, yang pasti dihadirkan guna untuk mempermudah aktivitas harian pengguna android. Beberapa aplikasi android ada yang disediakan decara gratis dan ada pula yang bersifat berbayar.

Aplikasi Scanner di Android
Aplikasi Scanner di Android

Dari sekian banyaknya pilihan aplikasi yang ada di android, salah satunya yang cukup banyak diminati adalah aplikasi scanner. Sekarang kita tidak perlu lagi menggunakan alat scanner khusus untuk melakukan scanner terhadap dokumen atau objek lain. Hanya berbekal HP android dan aplikasi scanner di android, kamu sudah bisa melakukan scanning dengan mudah.

Baca Juga:

Cara scanning kertas dokumen atau yang lainnya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat jika menggunakan aplikasi semacam ini. Tidak hanya itu, hasil scanningnya juga tidak kalah bagus dibandingkan saat menggunakan alat scan khusus. Adapun rekomendasi aplikasi scanner di android paling bagus bisa kamu simak di bawah ini.

Daftar Aplikasi Scanner di Android Paling Populer

1. Adobe Scan

Adobe Scan
Adobe Scan

Pilihan aplikasi scanner di android paling bagus yang pertama adalah Adobe Scan. Tidak perlu bingung ketika ingin melakukan scanning dokumen fisik menjadi digital jika menggunakan aplikasi ini. Pemindaian dokumen juga bisa lebih cepat dengan aplikasi Adone Scan. Dan hasil scanning pun sangat memuaskan, tidak kalah dengan alat scan fisik. 

Kamu juga bisa menyimpan hasil scan dan mengirimkannya langsung melalui Cloud ataupun Gmail. Tetapi sayangnya, aplikasi Adobe Scan tampaknya hanya dikhususkan untuk HP android dari kelas menengah ke atas. Pasalnya agak cukup berat jika kamu menjalankan aplikasi ini di HP berspesifikasi rendah. Aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh Adobe yang sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store.

2. Scanbot – PDF Document Scanner

Scanbot - PDF Document Scanner
Scanbot – PDF Document Scanner

Berikutnya ada aplikasi bernama Scanbot – PDF Document Scanner yang merupakan aplikasi besutan dari doo GmbH. Aplikasi satu ini juga tidak kalah populer digunakan, di mana sudah lebih dari 1 juta downloader yang menggunakan aplikasi ini. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Scanbot juga bisa kamu gunakan untuk memindai dokumen atau gambar. 

Hasil ekstensi scanning dari aplikasi ini bisa kamu atur sendiri, baik dijadikan file PDF ataupun file JPG. Fitur di dalamnya juga cukup lengkap, salah satunya adalah fitur yang memungkinkan kamu mengedit tulisan langsung pada dokumen hasil scan. Menarik sekali bukan?

3. Easy Scanner

Easy Scanner
Easy Scanner

Aplikasi pemindai dokumen atau gambar di android berikutnya adalah Easy Scanner. Masih sama seperti aplikasi sebelumnya, Easy Scanner juga bisa melakukan scanning dokumen dan mengubahnya ke bentuk JPG ataupun PDF. Bedanya, hasil pemindaian dari aplikasi ini bisa dibilag lebih tajam dan jelas.

Hasil scanningnya yang memuaskan tersebut tidak heran membuat banyak pengguna yang menyukai aplikasi ini. Di Google Play Store, Aplikasi besutan Bfery ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali. Agar lebih maksimal dalam penggunaannya, sebaiknya kamu gunakan HP android berspesifikasi mumpuni dengan kamera bagus.

4. Microsoft Office Lens – PDF Scanner

Microsoft Office Lens - PDF Scanner
Microsoft Office Lens – PDF Scanner

Kali ini ada aplikasi resmi dari Microsoft yang diberi nama Microsoft Office Lens – PDF Scanner. Aplikasi scanner dari Microsoft ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hasil scanning dari aplikasi tersebut terlihat sangat tajam, jelas, serta sangat detail. Fitur-fitur terbaik juga sudah dihadirkan dalam aplikasi sehingga pengguna bakal lebih termanjakan dengan adanya aplikasi ini.

Microsoft Office Lens – PDF Scanner juga sudah mendukung berbagai bahasa di dunia. Tetapi sayangnya, size dari aplikasi ini terbilang besar sehingga kurang cocok jika diinstall dan dijalankan di HP berspesifikasi menengah ke bawah. Meski begitu, sudah ada lebih dari 10 juta pengguna yang menginstall aplikasi ini di smartphone mereka.

5. Simple Scan – Free PDF Scanner App

Simple Scan - Free PDF Scanner App
Simple Scan – Free PDF Scanner App

Aplikasi pemindai dokumen dan gambar terbaik di android berikutnya adalah Simple Scan. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Easy Inc, dan sudah didownload lebih dari 5 juta kali di Google Play Store. Berbeda dengan sebelumnya, aplikasi scanner satu ini dihadirkan khusus untuk smartphone dari kelas menengah ke bawah. Pasalnya, aplikasi Simple Scan ini punya ukuran ringan yakni sebesar 26MB saja.

Di dalamnya juga sudah didukung dengan fitur tambahan yang akan membantu memaksimalkan hasil scnning. Ada 2 pilihan hasil scan yang bisa kamu pilih, yakni file PDF dan JPEG.

6. TurboScan: scan documents & receipts in PDF

TurboScan: scan documents & receipts in PDF
TurboScan: scan documents & receipts in PDF

TurboScan: scan documents & receipts in PDF merupakan salah satu aplikasi untuk men-scan dokumen terbaik di android. Kamu bisa melakukan pemindaian dan menyimpannya dalam bentuk file PDF, JPG ataupun PNG. Hasil scanning dari aplikasi ini juga sangat bagus, terlihat jelas dan tajam.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah proses scanning yang sangat cepat. Selain itu, di dalamnya juga tersedia cukup banyak fitur menarik yang semakin memaksimalkan aktivitas scanning dokumen atau gambar lainnya.

7. Tiny Scanner – PDF Scanner App

Tiny Scanner - PDF Scanner App
Tiny Scanner – PDF Scanner App

Dan aplikasi scanner di android terbaik yang terakhir adalah Tiny Scanner – PDF Scanner App. Aplikasi satu ini memberikan kemudahan bagi penggunanya saat ingin melakukan scanning dokumen atau gambar.

Tampilan antarmuka aplikasi tampak sangat sederhana serta dengan tools simple, sehingga pengguna lebih mudah menggunakannya. Meski begitu, aplikasi buatan Appxy ini mampu menciptakan hasil scanning yang jelas dan tajam.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi scanner di android terbaik yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?