7 Aplikasi Recycle Bin untuk Android Terbaik 2019

Aplikasi Recycle Bin untuk Android – Sebagian dari kalian mungkin mengira aplikasi Recycle Bin hanya tersedia untuk perangkat windows saja. Padahal ternyata di android juga ada aplikasi Recycle Bin, di mana fungsinya juga sama yakni sebagai tempat pembuangan sampah aplikasi atau file lainnya. Aplikasi Recycle Bin di android sendiri tidak tersedia secara default, jadi kamu perlu menginstallnya secara manual.

Aplikasi Recycle Bin untuk Android

Berbicara soal aplikasi Recycle Bin untuk android memang ada banyak sekali jumlahnya. Beberapa aplikasi tersebut ada yang membutuhkan akses root agar bisa digunakan di android. Tetapi, bukan berarti tidak ada aplikasi Recycle Bin di android yang tidak membutuhkan akses root. Hanya saja mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak dan fiturnya pun ada yang tidak cukup lengkap.

Baca Juga:

Aplikasi Recycle Bin dibutuhkan jika pengguna tidak sengaja atau sengaja menghapus sebuah file dan ingin merestore-nya kembali. Tanpa adanya aplikasi Recycle Bin di android, file yang sudah terhapus tidak bisa dikembalikan lagi. Adapun rekomendasi aplikasi Recycle Bin untuk android terbaik tanpa root bisa kalian simak di bawah ini.

Daftar Aplikasi Recycle Bin untuk Android Terbaik Tanpa Root

1. Recycle Bin

Dari namanya saja sudah ketahuan kalau aplikasi ini memang merupakan aplikasi Recycle Bin di android. Aplikasi yang dikembangkan oleh AA-Android Apps ini memiliki cara kerja yang sama dengan recycle bin yang ada di laptop atau PC. Agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu dengan menekan tombol Play. Secara otomatis, file yang dihapus baik secara disengaja atau tidak, maka akan langsung masuk ke tong sampah tersebut.

Yang menarik lagi, aplikasi Recycle Bin mampu memulihkan foto atau video yang terhapus berkualitas tinggi sekalipun. Selain kaya fitur, aplikasi Recycle Bin punya ukuran yang tidak terlalu besar yakni hanya 2.4Mb saja. Aplikasi ini juga cukup populer dengan jumlah unduhannya yang mencapai angka 1 juta kali di Google Play Store.

2. Recycle Master

Pilihan aplikasi Recycle Bin untuk android terbaik dan tanpa akses root selanjutnya adalah Recycle Master. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh DC Mobile Dev Team dan sudah diinstall lebih dari 1 juta kali di Google Play Store. Aplikasi satu ini juga cukup ringan karena kapasitasnya yang hanya sebesar 7.4MB saja. Menginstallnya di HP berspek standar sekalipun tidak akan membuat kinerjanya semakin berat.

Tidak seperti aplikasi sebelumnya, Recycle Master akan langsung mencadangkan semua jenis file secara otomatis ketika pertama kali diinstall di android. Jadi, tidak menunggu file terhapus dulu untuk nantinya dimasukkan ke tong Recycle Master. Selain itu, untuk alasan keamanan pengguna juga bisa mengatur password sendiri untuk aplikasi tersebut. Aplikasi ini nantinya juga akan melakukan penghapusan secara otomatis terhadap file di tong sampah yang tidak dilakukan pemulihan selama jangka waktu tertentu.

3. Dumpster

Hampir sama dengan aplikasi Recycle Bin untuk android lainnya, Dumpster juga akan melakukan pencadangan semua jenis file atau data yang baru saja dihapus oleh pengguna. Nantinya pengguna juga bisa melakukan restore file atau data jika memang masih diperlukan. Ini tentunya bisa menjadi jawaban untuk kamu yang sudah tidak sengaja menghapus foto atau video di perangkat android.

Hampir sama seperti recycle bin di laptop atau PC, untuk mengembalikan file yang terhapus sangat mudah. Kamu hanya perlu masuk ke aplikasi Dumpster lalu pilih file yang ingin direstore atau dipulihkan. Menariknya lagi, tidak hanya file foto dan video saja yang bisa dipulihkan melalui aplikasi ini, melainkan juga aplikasi android yang terhapus. Aplikasi ini sendiri dibuat oleh Baloota yang memiliki ukuran 16MB dan sudah diinstall lebih dari 50 juta kali di Google Play Store.

4. GT Trash

Rekomendasi aplikasi Recycle Bin untuk android terbaik berikutnya adalah GT Trash. Aplikasi yang dibuat oleh d Hangzhou KuaiYi Technology Co., Ltd. ini juga menjadi salah satu aplikasi tong sampah paling populer di Google Play Store. Kapasitasnya hanya sebesar 3.9MB dan sudah diinstall lebih dari 1 juta kali oleh pengguna.

Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, GT Trash juga memungkinkan untuk memulihkan berbagai jenis file yang terhapus dengan sangat cepat dan mudah pastinya. Untuk melakukan pemulihan file sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke dalam aplikasi dan pilih file yang ingin dipulihkan. Tampilan User Interface-nya cukup sederhana sehingga sangat mudah untuk digunakan.

5. DiskDigger Photo Recovery

Dari namanya, mungkin kamu akan berpikir kalau aplikasi ini hanya bisa melakukan pemulihan terhadap file foto yang terhapus saja. Tetapi ternyata, jenis file lain seperti music dan video yang terhapus juga bisa dipulihkan dengan mudah melalui aplikasi ini. Selain mudah, menggunakan aplikasi DiskDigger Photo Recovery juga tidak mengharuskan kamu melakukan rooting smartphone.

Perses pemulihan file melalui aplikasi buatan Defiant Technologies, LLC bisa dibilang sangat cepat dan mudah. Memiliki ukuran hanya sebesar 2.2MB membuatnya sangat ringan dijalankan. Aplikasi ini juga cukup populer digunakan, terbukti dengan jumlah downloadernya yang mencapai angka 50 juta di Google Play Store.

6. Cx File Explorer

Cx File Explorer juga menjadi salah satu aplikasi yang menyediakan fasilitas recycle bin built-in di dalamnya. Jadi, menginstall aplikasi ini akan memungkinkan kamu mengembalikan atau memulihkan semua jenis file yang terhapus dari memori. Pasalnya, file yang terhapus nantinya akan secara otomatis dicadangkan dan disimpan di dalam folder recycle bin.

Menariknya lagi, aplikasi Cx File Explorer juga mengusung tampilan user interface yang cukup mudah dipahami. Aplikasi Cx File Explorer ini sendiri dibuat oleh Cx File Explorer yang memiliki ukuran 4.6MB dan sudah diinstall sebanyak 1 juta kali di Google Play Store.

7. File Commander

Dan rekomendasi aplikasi recycle bin untuk android yang terakhir adalah File Commander yang dibesut oleh MobiSystems. Sejatinya aplikasi File Commander ini merupakan aplikasi file manager di android. Hanya saja di dalamnya juga disediakan fasilitas recycle bin.

Tidak hanya itu, aplikasi File Commander juga memiliki fitur lain yang juga tidak kalah menarik. Salah satunya adalah fitur File Converter yang memungkinkan pengguna melakukan convert atau konversi file dengan mudah dan cepat dalam 1200 format berbeda. Tidak heran aplikasi File Commander ini cukup populer digunakan dengan jumlah downloadernya yang mencapai angka lebih dari 100 juta pengguna.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi recycle bin untuk android terbaik dan bisa digunakan tanpa akses root. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi susah payah melakukan backup data dan file di android yang tentunya membutuhkan waktu lama dan bisa menghabiskan kuota data. Jangan lupa juga share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?