4 Aplikasi Penurun Performa HP Android

51
Aplikasi Penurun Performa HP
Aplikasi Penurun Performa HP

Aplikasi Penurun Performa HP – ┬áSeperti yang kita tahu, HP android dilengkapi dengan beragam pilihan aplikasi dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Semua aplikasi android ini sendiri bisa kamu temukan dan install melalui Google Play Store. Beberapa aplikasi tersebut ada yang bisa pengguna install secara gratis dan apa pula yang bersifat premium sehingga perlu melakukan pembelian aplikasi terlebih dahulu. Selain dari Google Play Store, ada pula platform lain yang juga menyediakan koleksi aplikasi android yang bisa digunakan secara gratis oleh pengguna.

Aplikasi Penurun Performa HP
Aplikasi Penurun Performa HP

Dari sekian banyaknya aplikasi android yang tersedia, ternyata ada lho aplikasi yang bisa dibilang tidak terlalu berguna. Selain itu, ada pula beberapa jenis aplikasi yang hanya membuat performa kinerja HP android menurun. Akibatnya, HP akan menjadi lemot bahkan mengalami hang jika terus dipaksakan. Sebaiknya kamu segera hapus atau uninstall aplikasi-aplikasi semacam ini, agar performa kinerja HP menjadi maksimal kembali.

Baca Juga:

Namun sayangnya, tidak semua pengguna mengetahui aplikasi apa saja yang diklaim memberatkan kinerja smartphone android tersebut. Pasalnya, efek ini sedikit tertutupi dengan fungsi utama dari aplikasi tersebut. Salah satu contohnya adalah aplikasi Bloatware atau aplikasi bawaan android. Terkadang pengguna tidak menyadari bahwa aplikasi ini sangat memberatkan kinerja smartphone. Selain itu, masih ada aplikasi lain yang dianggap menjadi penyebab performa HP menurun. Berikut ini daftar aplikasi penurun performa HP android yang sebaiknya kamu hapus atau uninstall.

Daftar Aplikasi Penurun Performa HP Android

Aplikasi Penurun Performa HP Android
Aplikasi Penurun Performa HP Android

1. Aplikasi Bawaan Android atau Bloatware

Jenis aplikasi yang menurunkan performa smartphone android yang pertama adalah aplikasi bloatware. Saat membeli HP baru, pasti di dalamnya sudah terinstall aplikasi bawaan yang jumlahnya bahkan tidak bisa dibilang sedikit. Jumlah aplikasi bawaan dari setiap tipe HP berbeda-beda. Pasalnya, setiap vendor biasanya menyematkan fitur khusus pada produk smartphone android yang diluncurkannya.

Yang pasti aplikasi bawaan di android ini sangat menguras banyak ruang di memori internal dan RAM android. Alhasil, performa kinerja HP akan cukup berat. Apalagi jika di dalamnya sudah diinstall beberapa aplikasi lain.

Sayangnya, aplikasi bloatware atau bawaan android ini tidak bisa dihapus atau diuninstall. Alternatif terbaiknya, kamu bisa menonaktifkan aplikasi bloatware tersebut sehingga tidak lagi memberatkan kinerja HP. Untuk menon-aktifkan aplikasi bawaan di android selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama masuk ke menu Pengaturan HP android.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi bloatware yang ingin dinon-aktifkan.
  • Dan terakhir klik tombol Non-aktifkan.
  • Selesai.

2. Aplikasi untuk Membersihkan Cache Aplikasi

Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis aplikasi satu ini. Ya, aplikasi untuk membersihkan file sampah di android ada banyak sekali jenisnya. Namun demikian, alih-alih ingin menghapus cached data aplikasi secara cepat, hal ini justru semakin memberatkan kinerja HP. HP yang sudah penuh dengan aplikasi, ketika diinstall aplikasi baru pastinya kinerjanya akan semakin berat atau lemot.

Jika hanya semata-mata ingin menghapus data cache aplikasi dan game, sebaiknya kamu lakukan secara manual. Memang cara ini akan menyita lebih banyak waktu, tetapi inilah cara yang dianggap paling baik. Daripada kamu harus mengisntall aplikasi pembersih android, hal ini justru hanya membuat memori HP semakin penuh. Dan yang terjadi adalah performa HP semakin menurun.

Berikut cara menghapus data cache aplikasi dan game secara manual di Android, yakni:

  • Pertama masuk ke menu Pengaturan HP.
  • Selanjutnya pilih opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang ingin dihapus data cache-nya.
  • Klik opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik Hapus Cache.

3. Aplikasi Penambah RAM

Hampir sama kasusnya dengan yang di atas, aplikasi penambah RAM justru bisa menjadi penyebab performa HP menurun aliat lemot. Aplikasi seperti ini umumnya bekerja dengan cara menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Memang betul aplikasi yang terus berjalan di background akan membuat kinerja HP menjadi lemot. Tetapi, jika cara menghentikannya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, hal ini justru akan membuat performa HP semakin menurun.

Saat aplikasi yang berjalan di latar belakang dihentikan, maka harus direstart kembali. Saat merestart ulang aplikasi, hal ini akan menguras lebih banyak daya baterai. Dan jika dilakukan secara berulang-ulang, tentunya ini akan membuat performa HP terus menurun. Sebaiknya, jika ingin menghentikan aplikasi di background lakukanlah secara manual. Atau bisa juga memanfaatkan fitur bawaan yang umumnya sudah disematkan di HP keluaran terbaru.

4. Aplikasi untuk Menghemat Baterai Android

Jenis aplikasi penurun performa HP android berikutnya adalah aplikasi penghemat baterai. Aplikasi semacam ini memang banyak diinstall oleh pengguna android. Tujuannya ingin baterai HP androidnya lebih hemat dari biasanya. Tetapi ternyata, hal ini tidak berjalan dengan yang diinginkan.

Memang benar aplikasi semacam ini bisa mengoptimalkan penggunaan daya baterai. Tetapi, umumnya aplikasi ini juga menguras daya baterai untuk menjalankan fungsinya tersebut. Apalagi jika kamu menginstall aplikasi penghemat baterai yang gratisan, iklan yang muncul semakin memberatkan kinerja HP android.

Kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi semacam ini, pasalnya HP keluaran terbaru dari setiap brand punya fitur yang sama untuk menghemat baterai. Fitur ini diklaim lebih ampuh dan efektif dalam menjaga daya baterai agar tetap hemat. Positifnya, fitur ini tidak akan menampilkan iklan seperti aplikasi gratisan lainnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa jenis aplikasi penurun performa HP android yang sebaiknya kamu hapus atau uninstall. Lebih baik memanfaatkan fitur yang sudah disediakan secara default oleh masing-masing vendor supaya performa HP android tetap terjaga.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi HP Hang dan Nge-Lag Paling Ampuh
Artikel SelanjutnyaCara Sembunyikan Aktivitas di Instagram Paling Mudah
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini