Aplikasi Penulis dan Jurnalis Android

276
Aplikasi Penulis dan Jurnalis Android
Aplikasi Penulis dan Jurnalis Android

Aplikasi Penulis dan Jurnalis Android Pada era modern ini dimana banyak penemuan teknologi yang berguna dalam memudahkan aktivitas manusia, telah menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Contoh dasarnya saja seperti smartphone, dimana dulu hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi saja. Sekarang HP sudah memiliki banyak fungsi lainnya yang mana dapat menyelesaikan sebagian kegiatan manusia, misalnya seperti mendukung sekelompok profesi. Bagi sebagian jurnalis, penulis, wartawan dan lain sebagainya menyangkut menulis, kini ponsel pintar telah mampu menjadi perlengkap utama melalui berbagai kegunaannya.

Aplikasi Penulis dan Jurnalis Android

Bayangkan saja dengan memakai ponsel pintar seorang wartawan sekarang sudah mampu untuk merekam suara narasumber secara lebih effisien. Dan juga melalui kamera smartphone yang kini telah jauh berkembang pesat pula. Sudah dapat dipakai dalam memotret gambar yang diperlukan dengan kualitas gambar ciamik, yang tak kalah hasilnya sama kamera manual. Selain itu juga bagi seorang penulis dan sejenis pekerja lainnya, smartphone telah memudahkan pekerjaan mereka. Yang kini tidak perlu repot lagi duduk didepan komputer ataupun laptop dalam menuangkan tulisan mereka yang dapat datang kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga:

Ya ditangan seorang jurnalis, wartawan, penulis dan lainnya HP sudah menjadi sangat luas manfaatnya. Tapi sudah tahukah anda kalau sekarang telah banyak aplikasi yang mampu mempermudah kegiatan menulis dimanapun dengan mudah pada HP Android. Semua aplikasi yang dimaksud tersebut nantinya akan mampu menangani berbagai tujuan , layaknya membuat catatan, jurnal, mengoreksi tata bahasa dan masih banyak lagi. Atau bahkan ketika sedang tiba-tiba mendapatkan inspirasi menulis yang bagus menjadi lebih mudah dilakukan melalui perangkat lunak tersebut. Walaupun rata-rata mempunyai fungsi yang sama, kalian jangan salah menilai dulu. Karena dari semua app itu memiliki keunggulannya tersendiri.

Aplikasi Penulis dan Jurnalis Android

Semua perangkat lunak pendukung jurnalis sudah berhasil saya rangkum didalam artikel kita kali ini yang berjudul Aplikasi Penulis dan Jurnalis Android. Gak usah berlama-lama lagi, mari simak rangkumannya dibawah ini untuk mengetahui semuanya secara jelas.

1. Simplenote

Simplenote

Pada app Simplenote ini kita tidak akan dibatasi dalam panjang ketikan yang kita tulis, mau itu sepanjang apapun yang diinginkan. Akan tetapi Simplenote menyarankan fitur mereka bagi anda yang suka menulis panjang, menjadikan tulisan tersebut menjadi beberapa bagian per Bab. Oh iya hal penting yang harus kamu ketahui kalau Simplenote ini juga tersedia pada platform Windows atau PC,macOS, iOS, Linux dan situs websitenya. Setelah selesai melakukan penulisannya juga pada Simplenote ini kalian akan mampu membagikannya ke web, tautan, dan lain sebagainya. Simplenote juga dapat dibagikan dengan mudah ke situs WordPress melalui penyambungan akun WP milikmu.

2. Wattpad

Wattpad

Seorang yang menggemar menulis pastilah sudah mengetahui dan bahkan sudah ada yang namanya Wattpad di smartphone mereka. Ini terbukti adanya 100 juta lebih pengguna pada perangkat lunak satu ini yang aktif menulis disetiap harinya. Wattpad sendiri merupakan aplikasi yang memberdayakan penulis untuk membagikan tulisan mereka ke jutaan user lainnya di Wattpad. Pada fitur pembagian karangannya di Wattpad ini kamu juga dapat membagikannya secara per bab tanpa mengunggah ceritanya secara keseluruhan. Untuk anda yang masih pemula dalam mengarang cerita tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam memakai Wattpad, antarmuka yang ia sajikan sendiri simple dan mudah di pahami.

3. Novelist – Write your novels

Mungkin kamu sudah bisa menebak dari namanya ya, kalau Novelist ini ditujukan emang kepada kalian yang gemar menulis novel. App yang sangat membantu dalam menuangkan isi ide-ide novel ini dapat kamu gunakan secara gratis sepenuhnya. Artinya tidak akan ada iklan mengganggu, tidak ada biaya awal dalam pemakaiannya, dan tentu tidak ada jenis pembelian apapun didalam Novelist. Nah, gak cukup sampai disitu aja, features yang di usung sama Novelist juga sangat lengkap lho. Misalnya saja seperti fitur yang baru ia hadirkan, ia itu pengguna bisa menulis di website pada browser apapun.

Novelist – Write your novels

Dalam mempercantik novel kamu juga akan mampu untuk membuat dan menggunakan templat saat membuat buku baru. Untuk melengkapi tulisannya juga tersaji editor teks kaya kan format, penghitung, dan penyimpan otomtais. Masukkan dan tinjau komentar dalam teks? Tentu bisa dilakukan di Novelist. Biar gak silau pada saat mengetik di malam hari, Novelist juga menyediakan mode malam yang nyaman. Selain keunggulan yang sudah kita bahas tadi, masih banyak lagi kok keunggulan menarik lainnya. Jadi tunggu apa lagi? Buruan download aplikasinya melalui Play Store secara gratis, atau juga bisa dengan cara klik judul Novelist di atas ya.

4. JotterPad

JotterPad

JotterPad ini sangat sempurna untuk kalian gunakan dalam menulis lirik, buku, novel, draft, esai, dan bahkan skenario. Itu karena JotterPad sangat didesain khusus bagi penulis kreatif, dimana ia merupakan editor teks biasa tanpa gangguan dalam pengolahan katanya. JotterPad juga menyediakan kemungkinan untuk kamu bisa melakukan customisasi terhadap tampilannya. Dimana ia juga menyajikan beragam fitur seperti Quick Preview, Free Distraction Editor, dan Screen Writer Professional. Setelah berhasil menulis, anda juga bisa menyimpan semua teks tersebut kedalam layanan cloud storage mereka, jika diperlukan.

5. Day One Journal

Day One Journal

Konsep dari Day One Journal ialah sebagai aplikasi penjurnalan yang mampu menyimpan segala ide dan ingatan kamu yang muncul setiap harinya. Dialam app ini anda nantinya dapat membuat pengingat berupa kalender dan daftar periksa, yang tentunya berguna dalam mengingatkan untuk melakukan sesuatu. Selain itu juga ia mempunyai berbagai instrumen peformatan didalam teksnya, yang mana memungkinkan anda untuk melakukan banyak hal terhadap tulisan. Tentu juga akan mampu menyelesaikan latar belakang buku dan memakai berbagai font sebagai pencantikannya. Tampilan antarmukany sendiri memiliki berbagai desain yang bisa kamu coba sesuai dengan tingkat kenyamanan anda memakai Day One Journal.

6. Evernote – Notes Organizer & Daily Planner

Evernote – Notes Organizer & Daily Planner

Evernote ini adalah salah satu aplikasi yang terbaik dalam menulis artikel, paper, tugas, diary, dan bahkan jurnal penelitian yang sangat panjang. Evernote akan mampu menyinkronkan datanya ke semua perangkat anda, sehingga akan sangat mudah untuk menangai item disetiap perjalanan kamu. Pemformatan yang mudah digunakan mampu mengekpresikan penggunanya secara jelas didalam tulisan. Selain itu Evernote mempunyai fitur dimana ia bisa mencatat semua ide-ide kreatif anda yang bisa datang kapan saja, melalui suara maupun coretan. Evernote mempunyai bersi basic yang menyediakan 25 MB simpanan setiap catatan kamu buat, dan versi plus 50 MB, lalu versi premium 200 MB.

Penutup

Itu dia tadi Aplikasi Penulis dan Jurnalis Android yang wajib kalain ketahui dalam memenuhi ide kreatif mu sebagai jurnalis maupun konten writer. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini ya, terimakasih.

Artikel SebelumnyaDaftar Pinjaman Online Terpercaya 2020
Artikel SelanjutnyaCara Membuat Link WhatsApp di Android Paling Mudah
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini