Wajib Punya! Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi di Android

45
Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi
Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi – Memiliki momongan merupakan dambaan bagi banyak pasangan, baik yang baru saja menikah maupun yang sudah lama berumah tangga. Seperti yang kita tahu, tidak jarang pasangan suami istri yang sudah lama menikah, namun belum dikaruniai anak. Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi seperti ini, bisa jadi salah satu dari pasangan tersebut mengalami kemandulan atau kurang subur. Meskipun, sekarang ini sudah ada solusi untuk pasangan suami istri yang belum memiliki anak. Misalnya saja dengan menerapkan program bayi tabung. Akan tetapi, harga yang harus dibayar terbilang cukup mahal, membuat banyak orang mengurungkan niat tersebut.

Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi
Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

Bagi pasangan yang baru saja dikaruniai momongan, mungkin masih bingung bagaimana cara merawat bayi yang benar. Jika masih tinggal dengan orangtua, mungkin beban tersebut sedikit terkurangi. Orangtua biasanya akan mengajari kita dalam merawat bayi yang baik dan benar. Akan tetapi, bagi kita yang memilih untuk hidup berdua dengan pasangan, mungkin akan memiliki kendala tersendiri saat merawat anak. Misalnya saat bayi rewel, beberapa dari kita mungkin akan merasa bingung dikarenakan tidak mengerti apa yang diinginkan oleh bayi sehingga menangis. Biasanya ada beberapa faktor yang membuat bayi menangis, mulai dari tidak nyaman karena popok penuh, perut kembung, lapar, sakit di beberapa bagian tubuhnya, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Namun, sekarang ini para pasangan muda yang baru memiliki bayi sudah tidak perlu khawatir ketika bayi nangis dan tidak mau diam. Ada aplikasi canggih yang dibuat oleh developer untuk pengguna HP android, di mana aplikasi ini dapat menerjemahkan tangisan bayi. Dengan demikian kita bisa tahu apa penyebab bayi nangis dan sesegera mungkin melakukan tindakan untuk membuat bayi lebih tenang dan tidak menangis lagi. Aplikasi untuk menerjemahkan tangisan bayi ini sudah bisa kamu download dan install melalui Google Play Store. Informasi selengkapnya mengenai aplikasi untuk memahami arti tangisan bayi tersebut bisa kalian simak di bawah ini!

Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi yang Wajib Dimiliki Orangtua

Aplikasi yang Bisa Menerjemahkan Tangisan Bayi
Aplikasi yang Bisa Menerjemahkan Tangisan Bayi

Di era serba modern seperti sekarang ini, telah hadir berbagai teknologi baru yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari manusia. Sebut saja smartphone yang bukan hanya sekedar perangkat untuk berkomunikasi saja. Pada perangkat HP android kita dapat menginstall beragam aplikasi penting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing.

Berbicara mengenai aplikasi android, terdapat salah satu aplikasi keren yang sangat membantu dalam merawat bayi. Aplikasi yang dimaksud yakni bernama Madsaz yang dikembangkan oleh Medhanita DewiRenanti. Ia merupakan seorang dosen Manajemen Informatika Sekolah Vokasi IPB (Institut Pertanian Bogor). Aplikasi yang diciptakannya ini telah membantu banyak orangtua baru dalam memahami arti dari tangisan bayinya.

Aplikasi Madsaz Penerjemah Tangisan Bayi ini sendiri tercatat sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Google Play Store. Sementara untuk rating terbaru yang didapatkannya yakni sebesar 3.9 dari 5.0 bintang dengan sekitar 900+ ulasan dari pengguna. Aplikasi satu ini bisa dipasang di semua tipe dan merek HP android, asalkan sudah mengadopsi OS Android v5.0 atau yang lebih baru. Untuk ukurannya sendiri terbilang sangat kecil, yakni hanya berkapasitas 3MB saja sehingga ringan dijalankan di HP spek rendah sekalipun.

Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi, Madsaz ini berfungsi akurat untuk mengenali tangisan bayi, kemudian memberitahukan kepada pengguna apa yang dialami bayi. Misalnya saja bayi sedang lapar, perutnya kembung, ingin sendawa, merasa lelah, hingga kondisi bayi yang merasa tidak nyaman.

Untuk fungsi menerjemahkan tangisan bayi, aplikasi Madsaz ini efektif digunakan pada bayi yang masih berusia 0-3 bulan. Tingkat akurasi arti tangisan bayi yang diberikan terbilang cukup tinggi, yakni sekitar 94%. Bayi yang belum bisa bicara dan mengungkapkan sendiri apa yang dirasakan dan diinginkannya, memang menjadi kendala tersendiri bagi para orangtua.

Cara Menggunakan Aplikasi Madsaz Sebagai Penerjemah Tangisan Bayi

Cara Menggunakan Aplikasi Madsaz Sebagai Penerjemah Tangisan Bayi
Cara Menggunakan Aplikasi Madsaz Sebagai Penerjemah Tangisan Bayi

Beberapa dari kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan aplikasi Madsaz tersebut untuk menerjemahkan tangisan bayi. Sangat mudah sebenarnya, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkannya. Adapun cara menggunakan aplikasi Madsaz di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah pertama kamu download dan install terlebih dahulu aplikasi Madsaz melalui Google Play Store.
  2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut. Jika aplikasi meminta izin akses untuk beberapa fitur di HP, lanjutkan saja dengan klik Izinkan.
  3. Untuk memulai menggunakan aplikasi tersebut, kamu tinggal klik tombol REKAM atau RECORD. Kemudian dekatkan pada bayi yang sedang menangis, maka aplikasi akan mulai melakukan penerjemahan.
  4. Biasanya hanya butuh waktu sekitar 20 detik bagi aplikasi untuk melakukan pengenalan suara tangisan bayi, kemudian hasilnya akan langsung ditampilkan di layar.
  5. Selesai.

Dengan cara ini kamu sebagai orangtua bisa lebih memahami apa yang dirasakan dan diinginkan si kecil saat menangis. Jika hasil di layar HP menunjukkan bayi sedang masuk angin atau perut kembung, maka tindakan yang perlu dilakukan adalah mengatasi perut kembung tersebut. Misalnya saja dengan olahraga bayi, memijat lembut perut bayi dengan minyak telon atau yang lain sebagainya.

5 Jenis Tangisan Bayi yang Dapat Dikenali di Aplikasi Madsaz

5 Jenis Tangisan Bayi yang Dapat Dikenali di Aplikasi Madsaz
5 Jenis Tangisan Bayi yang Dapat Dikenali di Aplikasi Madsaz

Umumnya ada 5 jenis tangisan bayi yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang dirasakannya dan membuat ia menangis. Dan pada aplikasi Madsaz ini diklaim dapat menerjemahkan ke-5 jenis tangisan bayi tersebut dengan cukup akurat. Jenis tangisan bayi yang dimaksud tersebut, antara lain:

1. Bayi Lapar

Jenis tangisan bayi yang pertama yakni “neh neh neh” yang menandakan bayi sedang dalam kondisi lapar. Dikarenakan masih bayi, tentunya tidak sepatutnya untuk kita memberikan bayi baru lahir dengan jenis makanan berat.

Sebelum umum 6 bulan bayi diharuskan untuk diberikan ASI eksklusif, bukan jenis makanan yang lainnya. Jika diaplikasi Madsaz hasilnya menandakan bayi lapar, segera berikan ia ASI.

2. Bayi Mengantuk

Jenis tangisan bayi yang kedua yakni “owh”, di mana jenis tangisan ini menandakan bahwasannya bayi sudah dalam kondisi mengantuk. Bayi baru lahir umumnya memiliki jam tidur yang cukup lama, sekitar 14 hingga 17 jam per hari. Bahkan ada beberapa bayi yang memiliki jam tidur lebih lama, yakni 18-19 jam sehari.

3. Ingin Sendawa

Layaknya orang dewasa, bayi juga perlu bersendawa untuk mengeluarkan angin yang terperangkap di dalam perutnya. Karena reflek tubuhnya yang masih belum mampu mengeluarkan angin tersebut, sehingga bayi akan menangis karena merasa tidak enak pada bagian perutnya. Untuk itu, orangtua perlu membantunya agar ia segera bersendawa.

4. Masuk Angin / Perut Kembung

Sementara untuk kondisi bayi yang sedang masuk angin atau perutnya kembung, biasanya bayi akan menangis dengan mengeluarkan suara “eairh”. Pada aplikasi Madsaz juga dapat mengenali jenis tangisan ini sehingga orangtua bisa sesegera mungkin memberikan bantuan pada bayi untuk mengatasi perut kembungnya tersebut.

5. Bayi Merasa Tidak Nyaman

Dan yang terakhir adalah jenis tangisan bayi dengan suara “heh”, yakni tangisan ini menandakan bayi sedang merasa tidak nyaman. Ada beberapa hal yang biasanya membuat bayi tidak nyaman tersebut, seperti popok yang sudah penuh, suhu dingin, suhu terlalu panas dan gerah, dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi informasi mengenai aplikasi penerjemah tangisan bayi di HP android yang wajib dimiliki oleh orangtua baru yang pertama kali memiliki momongan. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya!

Artikel SebelumnyaKenapa UC Browser Tidak Ada di Play Store? Ini Jawabannya!
Artikel SelanjutnyaKenapa HP Realme Tiba-Tiba Mati dan Cara Mengatasinya
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini