7 Aplikasi Pendingin HP Android Terbaik 2019

Aplikasi Pendingin HP Android – HP android tampaknya sudah menjadi perangkat teknologi yang paling dibutuhkan sekarang ini. Bagaimana tidak? Hampir semua aktivitas harian pengguna bisa dipermudah dengan adanya perangkat satu ini. Tidak lain karena di dalamnya sudah disediakan beragam fitur dan aplikasi pendukung yang punya fungsi atau kegunaan masing-masing. Dampaknya, pengguna semakin tidak bisa lepas dari perangkat HP-nya.

Aplikasi Pendingin HP Android
Aplikasi Pendingin HP Android

Penggunaan yang berlebihan memaksa HP android terus bekerja tanpa henti. Alhasil, hal ini membuat perangkat smartphone suhunya semakin meningkat alias panas. Jika ini dibiarkan secara terus-menerus, nantinya akan membuat HP error. Yang lebih parahnya lagi HP mengalami overheat sehingga memperbesar risiko HP meledak atau paling tidak komponen mengalami kerusakan.

Baca Juga:

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meminimalkan penggunaan HP. Selain itu, agar lebih maksimal kamu bisa memanfaatkan aplikasi pendingan HP android. Aplikasi seperti ini bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi pendingin android paling bagus yang bisa kamu gunakan.

Daftar Aplikasi Pendingin HP Android Paling Bagus

1. CPU Cooler

CPU Cooler
CPU Cooler

Pilihan aplikasi untuk mendinginkan HP di android yang pertama adalah CPU Cooler. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Cleaner & Booster & Security & Weather dan menjadi salah satu aplikasi pendingin CPU paling populer digunakan. Aplikasi CPU Cooler sendiri sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di Google Play Store.

Kemampuan dari aplikasi CPU Cooler dalam menjaga suhu HP sudah tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi ini akan memantau suhu HP agar tetap stabil, tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin. Disediakan fitur notifikasi yang akan memberitahu pengguna untuk melakukan pendinginan jika suhu HP sudah mulai meningkat.

2. Super Cleaner – Antivirus, Booster, Phone Cleaner

Super Cleaner - Antivirus, Booster, Phone Cleaner
Super Cleaner – Antivirus, Booster, Phone Cleaner

Berikutnya ada aplikasi bernama Super Cleaner yang merupakan aplikasi besutan dari Hawk App. Apliaksi satu ini juga punya kemampuan bagus dalam mengatasi HP yang mengalami overheat. Cara kerjanya sangat simple yakni dengan menganalisis penyebab overheating kemudian mengatasinya. Penggunaannya juga sangat mudah yakni hanya dengan 1 klik saja, maka aplikasi secara otomatis melakukan pendinginan.

Tidak hanya sebagai pendingin HP android, di dalam aplikasi ini juga tersedia beragam fitur menarik, seperti Cache File Cleaner, Junk File Cleaner, Phone Booster, Game Booster, Securtiy & Antivirus – Virus Cleaner, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Clean Master

Clean Master
Clean Master

Pilihan aplikasi pendingin HP android terbaik berikutnya adalah Clean Master yang merupakan aplikasi besutan Cheetah Mobile. Selain bisa digunakan untuk membersihkan sampah di RAM, aplikasi ini ternyata juga dibekali fitur CPU Cooler. Fitur satu ini memungkinkan untuk menganalisa penyebab suhu HP meningkat, kemudian menghentikannya.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang akan dihentikan secara paksa, dengan begitu beban kinerja HP lebih ringan dan suhunya pun akan menurun. Tidak hanya itu saja, di dalamnya juga tersedia fitur Battery Saver yang akan membuat baterai HP android menjadi lebih hemat. Aplikasi Clean Master merupakan aplikasi yang paling populer digunakan, di mana sudah ada lebih dari 1 milliar downloader yang menggunakan aplikasi ini.

4. Cooler Master – Clean Booster

Cooler Master - Clean Booster
Cooler Master – Clean Booster

Kali ini ada aplikasi dari developer bernama Mobile Clean System Lab yang berjudul Cooler Master – Clean Booster. Aplikasi satu ini tidak kalah populer dan menarik untuk digunakan. Aplikasi Cooler Master – Clean Booster sendiri sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna android sekarang ini.

Aplikasi Cooler Master – Clean Booster akan memantau suhu HP secara real-time. Ketika suhu HP mulai meningkat, maka aplikasi tersebut akan langsung mendinginkannya dengan cepat. Tidak hanya itu saja, beberapa fitur menarik juga disediakan di dalamnya. Salah satunya adalah fitur Junk Cleaner. Selain ampuh mendinginkan HP, aplikasi Cooler Master ini juga cukup ringan yakni hanya berkapasitas 3.9MB saja.

5. Pendingin Telepon & Penghemat Baterai

Sesuai dengan namanya, aplikasi butan Huy Phong Tech, Inc. satu ini juga bisa bertindak sebagai penghemat daya baterai. Jadi, tidak hanya mampu mendinginkan HP yang mengalami overheating, melainkan juga mampu memperpanjang masa pakai baterai android.

Aplikasi Pendingin Telepon & Penghemat Baterai akan melakukan monitoring secara real-time terhadap HP androidmu. Jika suhu HP mulai meningkat, maka aplikasi akan memberitahu kamu dan hanya dengan 1 klik saja suhu HP menjadi normal kembali.

6. Finally Clean: Booster, CPU Cooler

Finally Clean: Booster, CPU Cooler
Finally Clean: Booster, CPU Cooler

Finally Clean: Booster, CPU Cooler merupakan salah satu aplikasi untuk membersihkan file sampah yang tersimpan di dalam RAM. Selain itu, disediakan pula fitur lain yang tentunya juga sangat dibutuhkan pengguna yakni fitur CPU Cooler. Fitur ini dihadirkan secara khusus untuk menjaga suhu HP agar tetap stabil.

Semua aplikasi yang berjalan di latar belakang akan dihentikan secara otomatis oleh aplikasi ini. Seperti yang kita tahu, aplikasi di background inilah yang sering menyebabkan suhu HP meningkat karena harus terus bekerja tanpa henti meskipun layar dalam keadaan mati sekalipun.

7. GO Speed (Pembersih & Sampah)

GO Speed (Pembersih & Sampah)
GO Speed (Pembersih & Sampah)

Dan aplikasi pendingin HP android paling bagus yang terakhir adalah GO Speed (Pembersih & Sampah). Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Best Free Video Editor & Video Maker Dev yang sudah didownload lebih dari 10 juta kali di Google Play Store.

Meski bisa membuat HP sejuk, fungsi sebenarnya dari aplikasi ini adalah untuk membersihkan sampah di RAM dengan tujuan meningkatkan performa kinerjanya. Aplikasi ini diklaim mampu mempercepat performa HP meningkat hingga 60%.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi HP pendingin HP android terbaik yang bisa kamu gunakan. Install sekarang dan buat HP tetap sejuk meski digunakan secara terus-menerus.