7 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami di Android

196
Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami
Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami

Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami – Dari sekian banyaknya negara di dunia, Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup berpetensi untuk terjadi bencana gempa bumi. Gempa bumi di Indonesia bisa disebabkan oleh dua hal, yakni karena gesekan kerak bumi atau juga karena letusan gunun berapi. Alangkah baiknya sebelum semua itu terjadi kita perlu mempersiapkan diri lebih dini. Salah satu caranya yakni dengan menginstall aplikasi pendeteksi gempa bumi dan juga tsunami.

Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami
Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami

Seperti yang kita tahu, tsunami umumnya menyusul setelah terjadinya gempa bumi. Hal ini terjadi apabila pusat gempa bumi tersebut berada di tengah laut lepas yang cukup dekat dengan daratan. Menginstall aplikasi untuk mendeteksi gempa dan tsunami tersebut, tentunya kita bisa lebih waspada dan mengetahui informasi terkini jika memang ada bencana yang mungkin terjadi.

Baca Juga:

Mengenai aplikasi pendeteksi gempa dan tsunami di HP android ada banyak jenisnya. Kamu bisa memilih salah satu aplikasi yang dianggap paling bagus dan akurat dalam memberikan informasi tentang bencana yang sedang terjadi. Agar tidak salah pilih, berikut ini rekomendasi aplikasi untuk deteksi gempa dan tsunami paling akurat bisa kamu install dan gunakan.

Daftar Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami di Android

1. WRS-BMKG

WRS-BMKG
WRS-BMKG

Pilihan game pendeteksi gempa dan tsunami di smartphone android yang pertama yakni WRS-BMKG. Tidak perlu meragukan soal kinerja dari aplikasi WRS-BMKG ini dalam memberikan informasi terkini mengenai bencana yang terjadi. Pasalnya, aplikasi satu ini dibuat khusus oleh BMKG yang akan memberikan informasi mengenai gempa bumi dan tsunami dengan cepat dan akurat.

Di dalamnya juga sudah disediakan dengan beragam fitur canggih yang berhubungan dengan gempa bumi dan tsunami. Beberapa fitur tersebut, seperti daftar 30 bencana gempa dan tsunami, peta guncangan, peta perkiraan datangnya bencana tsunami dan lain sebagainya. Tampilan antarmuka aplikasi cukup sederhana dan ringan, cocok diinstall di HP spek rendah.

2. MAGMA Indonesia

MAGMA Indonesia
MAGMA Indonesia

Aplikasi berikutnya ini juga tidak kalah menarik untuk kamu gunakan. Pasalnya, MAGMA Indonesia mampu memberikan informasi yang sangat lengkap dan akurat mengenai gempa bumi dan tsunami. Aplikasi MAGMA Indonesia ini sendiri dikembangkan oleh tim developer PNS dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementrian ESDM.

Tidak kalah dengan aplikasi sebelumnya, MAGMA Indonesia juga dibekali dengan beragam fitur canggih. Mulai dari informasi mengenai  letusan dan abu vulkanik untuk penerbangan, informasi mengenai aktivitas gunung berapi, hingga informasi dan tanggapan mengenai gempa bumi dan tsunami. Fiturnya yang sangat lengkap membuat aplikasi ini menjadi yang terbaik dan sudah mendapat dua penghargaan bergengsi di tahun 2016 dan 2017 lalu.

3. Info Gempa Indonesia

Info Gempa Indonesia
Info Gempa Indonesia

Kali ini ada aplikasi untuk deteksi gempa dan tsunami buatan developer Redcircel Apps. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini khusus memberikan informasi mengenai terjadinya gempa bumi dan tsunami khusus untuk wilayah Indonesia. Dibandingkan dengan aplikasi lainnya, Info Gempa Indonesia ini tidak kalah akurat dalam memberikan informasi bencana terkini.

Tidak hanya informasi mengenai gempa terkini, aplikasi satu ini juga menampilkan peta lokasi gempa yang sedang terjadi dan daerah mana saja yang ikut merasakan getarannya. Meskipun bukan merupakan aplikasi resmi dari BMKG, tetapi informasi yang diberikan di aplikasi ini bersumber dari BMKG secara langsung. Jadi, tidak perlu diragukan lagi soal keakuratan informasi yang diberikannya.

4. Volcanoes & Earthquakes

Volcanoes & Earthquakes
Volcanoes & Earthquakes

Jika aplikasi sebelumnya hanya menampilkan informasi gempa di wilayah Indonesia saja, berbeda dengan aplikasi bernama Volcanoes & Earthquakes ini. Aplikasi satu ini mampu memberikan informasi gempa bumi terkini yang terjadi di seluruh dunia. Jadi, kamu bisa tahun negara mana saja yang sedang dilanda bencana gempa bumi tersebut.

Tidak hanya informasi gempa bumi saja, aplikasi Volcanoes & Earthquakes ini juga dilengkapi fitur lain. Mulai dari fitur yang menampilkan informasi mengenai gunung yang sedang mengalami erupsi, fitur untuk laporan terjadinya gempa dan lain sebagainya. Informasi yang ditampilkan di aplikasi ini didapat dari Badan Geologi di masing-masing negara. Jadi, tentunya informasi tersebut sangat akurat.

5. MyShake

MyShake
MyShake

Aplkasi bernama MyShake ini diklaim sebagai aplikasi yang pertama kali memberikan peringatan dini terhadap gempa bumi yang terjadi di seluruh negara bagian. Informasi yang diberikan terbilang akurat, tentunya sangat direkomendasikan untuk kamu install di HP kesayangan.

Cara kerja dari aplikasi MyShake ini yakni denan mengumpulkan data seismograf atau getaran melalui sensor yang tersedia di perangkat HP. Dari sini data akan dikelola oleh sistem kemudian akan dijadikan sebagai pemberitahuan terjadinya gempa bumi. Dari aplikasi ini kamu bakal mengetahui lokasi mana yang berpotensi terhadi gempa. Selain itu, aplikasi MyShake juga bakal memantau lokasi yang baru saja mengalami gempa atau setidaknya 7 hari terakhir.

6.  Earthquake Alert!

Earthquake Alert!
Earthquake Alert!

Aplikasi Earthquake Alert! juga diklaim mampu memberikan informasi terjadinya gempa bumi di seluruh dunia. Informasi gempa yang ditampilkan juga terbilang sangat akurat dan terpercaya. Tidak heran, aplikasi Earthquake Alert! ini mendapatkan banyak respon positif dari para pengguna android.

Didukung pula dengan fitur-fitur canggih lainnya yang semakin membuat pengguna mendapatkan informasi gempa yang akurat. Menariknya lagi, di dalam aplikasi besutan Josh Clemm ini juga disediakan fitur tab News. Melalui fitur ini kamu bisa membaca berita seputar gempa bumi yang sedang terjadi di seluruh dunia.

7. Pelacak Gempa Bumi

Pelacak Gempa Bumi
Pelacak Gempa Bumi

Dan pilihan aplikasi pendeteksi gempa dan tsunami terbaik yang terakhir yakni Pelacak Gempa Bumi. Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi besutan trinitytech.com.tr ini akan memberikan informasi terkini jika terjadi gempa di suatu wilayah. Tidak hanya di wilayah Indonesia saja, aplikasi Pelacak Gempa Bumi ini diklaim mampu memberikan informasi gempa bumi terkini dari seluruh dunia.

Di dalamnya juga dilengkapi dengan beragam fitur menarik, salahs satunya yakni fitur filter. Fitur ini memungkinkan melakukan pencarian berdasarkan ukuran dan jarak gempa. Layaknya aplikasi-aplikasi modern sekarang ini, Pelacak Gempa Bumi juga menyediakan fitur dark mode untuk penggunaan di malam hari.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi pendeteksi gempa dan tsunami paling akurat bisa kamu install dan gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Artikel Sebelumnya7 Game Konyol di Android Paling Seru Dimainkan
Artikel Selanjutnya7 Game Seru yang Tidak Ada di Play Store Wajib Dimainin
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini