5 Aplikasi Pemindah File Aplikasi ke SDCard

5 Aplikasi Pemindah File Aplikasi ke SDCard – Jika seseorang hendak mau membeli sebuah smartphone baru, pastilah salah satu komponen yang wajib dilihat adalah besar kapasitas memori internal hp tersebut. Sebab dalam aktivitas keseharian kita dalam bermain ponsel sekarang ini sangat lah tinggi apa lagi untuk menampung aplikasi yang banyak. Dan jangan sampai salah pilih juga dalam melakukan pembelian smartphone baru, dimana biasanya hp dijaman sekarang ini mempunyai dua varian besar memori internalnya. Pada masa saat ini setidaknya kamu membutuhkan memori internal berkapasitas 16 GB agar dapat mencukupi kebutuhan penyimpanan dalam penggunaan ponsel sehari-hari.

5 Aplikasi Pemindah File Aplikasi ke SDCard

Tapi tenang, untuk mengatasi masalah ini sudah ada solusinya, yaitu dengan cara memindahkan file sebuah aplikasi kedalam memori eksternal atau biasa juga disebut SDCard. Ada dua cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan hal tadi. Pertama adalah melalui aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi untuk memindahkan data aplikasi dari internal ke memori SDCard. Selanjutnya ialah tanpa menggunakan app tambahan, sebab ada beberapa tipe di merk ponsel android yang sudah mensupport proses transfer data seperti ini secara manual.

Baca Juga:

Sayangnya memang tidak semua merk hp mempunyai fitur tersebut dari pabriknya. Namun menurut saya pribadi walaupun pada suatu ponsel android sudah mengusung fitur transfer data internal to eksternal, bukan berarti apl yang menawarkan fitur serupa menjadi tidak berguna. Nyatanya memang masih terdapat beberapa apl sejenis game dan lain sebagainya yang tidak dapat sembarang dipindahkan filenya ke SDCard. Jadi penggunaan apl jenis ini masih sangat dibutuhkan.

5 Aplikasi Pemindah File Aplikasi ke SDCard

Bagi kalian yang mungkin masih bertanya-tanya apakah menggunakan app jenis ini membutuhkan akses root? Maka jawabannya tergantung dari syarat yang diberikan oleh apl itu sendiri. Jadi, sesuai dengan judul kita kali ini, dimana Bukandroid akan mengulas abis segelintir aplikasi yang menyediakan layanan transfer file app kedalam memori eksternal smartphone android. Tidak perlu lagi bingung dalam menentukan aplikasi mana yang cocok untuk kamu gunakan. Karena dengan membaca ulasan dari Bukandroid dibawah ini akan dapat meyakinkan anda menentukan mau memakai yang mana dari sekian banyak pilihannya pada Google PlayStore.

1.Link2SD

Link2SD

Link2SD adalah salah satu aplikasi terbaik dalam memberikan layanan memindahkan data apl menuju KartuSD, yang di developer oleh Bulent Akpinar. Hal tersebut akan sangat membantu pengelolaan serta penyimpanan bagi para pengguna android 2.0+ menjadi lebih mudah. Selain itu, Link2SD juga dapat berfungsi menguninstall aplikasi bawaan sistem atau biasa disebut dengan Bloatware, yang sekiranya aman di hapus seperti GDrive, Google Movie, dan lain-lain. Pada proses pemakaiannya, kita di anjurkan terlebih dulu melakukan root terhadap android yang hendak digunakan. Dan juga pastikan sudah mempersiapkan dua partisi pada SDCard kalian.

2.Pindah ke kartu SD

Pindah ke kartu SD

Di posisi selanjutnya ada Pindah ke kartu SD. Walaupun apl ini berbahasa Indonesia tapi developernya bukan lah anak bangsa, melainkan berasal dari negara Hongkong. Kualitas yang ditawarkan Pindah ke kartu SD ini tidak lah main-main, kemampuannya bisa kita setarakan sama Link2SD. Hal ini terbukti dari jumlah unduhnya yang sudah melebihi 10 juta kali, rating 3,7 dan dari 348.248 ulasan. Pada layanannya ia memberikan dua opsi pilihan, yaitu versi berbayar dan versi gratis. Dimana kalau anda memilih berbayar maka akan lebih banyak mendapatkan kelebihan ketika memakai apl ini, mulai dari fitur tambahan hingga pengoptimalan lainnya.

Namun, dari pihak developer mereka sendiri menyarankan untuk melakukan izin root terlebih dahulu pada hp para penggunaanya. Supaya jalan kerja dari Pindah ke kartu SD ini bisa dilakukan secara multi-aplikasi dalam satu kali klik saja, dan memungkinkan kita bisa beraktivitas seperti biasa tanpa mengganggu jalan kerjanya. Untuk user non-root jangan kecewa, sebab kalian masih bisa memakai app ini dengan catatan ketika proses pemindahan berlangsung jangan mengeluarkan apl tersebut atau melakukan kegiatan lainnya, agar berjalan dengan baik.

3.App2SD: All in One Tool

App2SD: All in One Tool

Selanjutnya ada App2SD: All in One Tool yang berating 4,0 pada Play Store yang sudah terdownload lebih dari 1 juta kali, sehingga app ini sendiri sudah sangat dapat dipercaya. Alat satu ini memiliki beragam fungsi dalam menunjang kegiatan kamu bermain handphone, sesuai dengan namanya yang mengusung kata all in one tool. Contohnya saja memindahkan data apl ke MicroSD, menyembunyikan sebuah apl, screen recorder, mempartisi MicroSD, dan masih banyak lagi. Tapi sayangnya bagi kamu yang belum mempunyai akses root tidak akan bisa menjalankan App2SD: All in One Tool ini, dan wajib juga sudah memiliki 2 partisi pada SDCard yang hendak mau dipakai.

4.App2SD &App Manager-Save Space

App2SD &App Manager-Save Space

App2SD &App Manager-Save Space merupakan aplikasi yang sudah dipercaya oleh 5 juta pengguna, dengan rating tinggi sebesar 3,8 dari 35ribu ulasan sudah menjadikan apl yang satu ini cukup menjanjikan. Kabar baiknya lagi adalah dalam pemakaiannya tidak dibutuhkan akses root, walau begitu kinerja yang diberikan App2SD &App Manager-Save Space ini tidak lah kalah dari apl lainnya yang biasanya mewajibkan user mereka memiliki akses root. Selain hanya sekedar mentransfer data, App2SD &App Manager-Save Space juga mempunyai fungsi lain seperti menghapus data serta cache aplikasi, dan berbagi aplikasi bersama teman. Dalam pengaplikasiannya kita akan bisa melihat mana aplikasi yang dapat dipindahkan, dan tampilan info app secara rinci.

5.AppMgr III

AppMgr III

Walaupun ada di deretan terakhir, bukan berarti aplikasi ini jelek, melainkan salah satu yang saya pribadi rekomendasikan untuk anda semua. Memiliki rating 4,1 dari 460+ ribu ulasan, dan dengan jumlah unduh sebesar 50 juta lebih di Google PlayStore. Jadi, kamu tidak perlu lagi ragu apabila tertarik sama yang satu ini, apa lagi banyak menghadirkan kelebihan lain. Seperti pencopotan app sekaligus, mengekspor daftar aplikasi, memindahkan app sekaligus pada penyimpanan MicroSD, menyembunyikan apl dari drawer, dan masih banyak kemudahan lainnya yang dapat kalian temukan. AppMgr III ini bisa dipakai oleh user non-root, akan tetapi ada fitur tambahan bagi user akses root, yaitu root freeze, root uninstaller, dan root cache cleaner.

Penutup

Demikianlah rangkuman Bukandroid kali ini, semoga dapat membantu kalian dalam menentukan pilihan terbaik diantara yang terbaik pada sederetan aplikasi pemindah data di atas tadi. Sebelum beranjak meinggalkan artikel ini, alangkah baiknnya untuk anda share terlebih dulu artikel ini kedalam akun sosial media yang kamu punya. Terimakasih sebelumnya, sampai ketemu lagi yaa :D.