7 Aplikasi Pembersih RAM Android yang Ringan 2019

Aplikasi pembersih RAM Android – RAM atau Random Access Memory merupakan penyimpanan data sementara saat sistem android dijalankan. Data yang disimpan di RAM ini berguna untuk mempercepat akses data dari perangkat android. Misalnya saja kita menjalankan suatu aplikasi di android, maka data akses tersebut disimpan di RAM. Dan ketika kita akan membukanya kembali, sistem tidak perlu melakukan pemrosesan dari awal, melainkan memanfaatkan data akses aplikasi sebelumnya. Dengan begitu, proses menjalankan aplikasi menjadi lebih cepat.

Aplikasi Pembersih RAM Android
Aplikasi Pembersih RAM Android yang Ringan 2019

Yang namanya penyimpanan data sementara, pastinya data yang tersimpan bisa saja hilang atau terhapus. Data tersebut akan terhapus secara otomatis ketika perangkat android di restart atau dimatikan dan dihidupkan kembali. Inilah yang menjadi alasan kenapa HP android dengan RAM besar lebih cepat kinerjanya dibandingkan dengan yang ber-RAM kecil.

Baca Juga :

Tapi kamu tidak perlu bingung, HP dengan RAM kecil bisa dipercepat kinerjanya dengan cara rutin menghapus data didalamnya. Penyimpanan RAM yang penuh bisa memperlambat kinerja smartphone. Untuk langkah menghapus atau membersihkan RAM kamu butuh peran dari aplikasi pihak ketiga. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi pembersih RAM android terbaik dan ringan bisa kamu pilih.

Daftar Aplikasi Pembersih RAM Android Terbaik dan Ringan 2019

1. CCleaner

Aplikasi pembersih RAM android yang ringan dan terbaik pertama adalah CCleaner. CCleaner ini juga menjadi aplikasi andalan bagi saya sendiri, baik di PC maupun di android. Alasannya karena aplikasi ini cukup ringan serta ampuh membersihkan cache dan data yang tersimpan di RAM. CCleaner ukurannya hanya sebesar 15MB, dan di dalamnya tersedia beragam fitur menarik.

Salah satu fitur menarik yang disediakan adalah fitur pembersihan RAM secara terjadwal. Kamu bisa mengatur sendiri kapan waktu RAM dibersihkan atau dikosongkan. Bahkan juga dari aplikasi CCleaner kamu bisa meng-uninstall aplikasi yang tidak diperlukan.

2. Clean Master

Sama seperti CCleaner, Clean Master juga merupakan aplikasi pembersih RAM paling populer di PC dan android. Menurut mimin, aplikasi ini menjadi pesaing berat CCleaner. Ukurannya hanya sebesar 18MB, yang pasti Clean Master cukup ringan dijalankan. Selain itu, Clean Master juga punya banyak sekali fitur menarik yang tidak kalah unggul dari CCleaner.

Salah satu fitur menarik dari aplikasi Clean Master adalah fitur penghemat baterai, yang mana daya baterai dibuat bisa bertahan dalam waktu yang lama. Tidak hanya itu, fitur antivirus juga disediakan dalam aplikasi ini. Jadi kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi antivirus yang hanya menyesakkan kapasitas memori android.

3. Nox Cleaner

Jika kamu mencari aplikasi pembersih RAM android terbaik ukuran kecil, Nox Cleaner jawaban yang paling tepat untuk kamu. Kenapa? Karena aplikasi besutan Nox ltd ini hanya punya ukuran sebesar 17MB saja. Ukurannya yang kecil pastinya sangat ringan dijalankan, bahkan di HP dengan spek Standar sekalipun.

Aplikasi Nox Cleaner juga tidak kalah populer dibandingkan kedua aplikasi penghapus RAM di atas. Nox Cleaner sudah diinstall sebanyak lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Ada satu fitur unggulan dari Nox Cleaner, yakni fitur Booster. Fitur satu ini memiliki kemampuan mempercepat kinerja smartphone android. Selain itu, ada pula fitur CPU Cooler, Antivirus, game booster, dan fitur penghemat baterai.

4. AVG Cleaner

Kamu pasti sudah tidak asing dengan nama AVG. Yang AVG sejatinya merupakan aplikasi antivirus yang populer di PC atau laptop. Selain AVG Antivirus, pihak pengembang juga merilis aplikasi terbaru untuk android yang berfungsi untuk membersihkan RAM. Diberi nama AVG Cleaner, aplikasi satu ini sangat ampuh membersihkan RAM dan mempercepat kinerja smartphone android.

AVG Cleaner sendiri sudah diinstall sebanyak lebih dari 50 juta kali di Google Play Store. Alasan kenapa aplikasi ini banyak diminati, karena kemampuan membersihkan file sampah di RAM sangat cepat. Serta juga ukurannya yang cukup ringan yakni hanya sebesar 18MB saja. Ukuran sekecil ini tentu akan tetap lancar meskipun diinstall di HP android berspesifikasi standar.

5. Avast Cleanup & Boost

Sama seperti AVG, Avast juga merupakan aplikasi antivirus paling populer di PC dan android. Selain antivirus, Avast juga menghadirkan aplikasi khusus yang berfungsi untuk membersihkan RAM android. Aplikasi pembersih RAM android dari Avast ini diberi nama Avast Cleanup & Boost.

Sesuai dengan namanya, aplikasi Avast Cleanup & Boost ini tidak hanya memiliki kemampuan membersihkan file sampah RAM saja. Aplikasi ini juga bisa mempercepat kinerja HP android berkat fitur Booster yang dibawanya. Avast Cleanup & Boost juga cukup ringan dijalankan, karena kapasitasnya yang hanya sebesar 18MB saja.

6. Super Cleaner

Super Cleaner menjadi pilihan aplikasi pembersih RAM android yang paling ringan berikutnya. Aplikasi besutan Hawk Up ini punya ukurannya hanya sebesar 19MB saja, sehingga lancar dijalankan di HP low-end sekalipun. Selain bisa membersihkan RAM, Super Cleaner juga memiliki fitur penghemat baterai android juga. Penggunaan baterai bisa lebih dioptimalkan dengan aplikasi satu ini.

Tidak hanya itu saja, Super Cleaner juga bisa dijadikan sebagai antivirus berkat fitur unggulan di dalamnya. Notifikasi yang sering muncul dan mengganggu kegiatan ber-mobile juga bisa diblokir dengan aplikasi ini.

7. Power Clean

Dan aplikasi pembersih RAM di android terbaik dan ringan yang terakhir adalah Power Clean. Aplikasi satu ini dibuat oleh LIONMOBI dan sudah diinstall sebanyak lebih dari 100 juta kali di Google Play Store. Ukurannya juga sangat ringan, yakni hanya 7,3MB saja, sangat pas diinstall di HP android low-end sekalipun.

Selain membersihkan RAM, aplikasi Power Clean juga bisa menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Dengan demikian, daya baterai menjadi lebih awet dan kinerja HP android pun lebih cepat dan responsif. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak pengguna yang suka dengan aplikasi satu ini.

Penutup

Itulah tadi beberapa pilihan aplikasi pembersih RAM android terbaik dan ringan 2019 bisa kamu jadikan pilihan. Install sekarang salah satu aplikasi yang menurutmu paling bagus. Share juga informasi ini ke akun media sosial kamu agar bisa bermanfaat untuk orang lain.