7 Aplikasi Pemantau Kinerja Android Terbaik 2020

7 Aplikasi Pemantau Kinerja Android Terbaik 2020 – Kalau memang kalian tipe pemakai hp yang fokus hanya bermain game, tentu kemungkinan besar ingin mengetahui lebih banyak mengenai kinerja dari perangkat Android tersebut secara berkala. Agar nantinya bila terja lag atau sesuatu yang buruk pada saat bermain game tersebut anda dapat mengetahui apa masalah yang sebenarnya terjadi. Kita sebagai pengguna android biasa juga perlu mengetahui bagaimana kinerja dari hardware smartphone yang kita miliki. Apa lagi buat kamu yang sudah memakai hp tersebut sudah cukup lama.

7 Aplikasi Pemantau Kinerja Android Terbaik 2020

Selain itu memang hal ini wajib anda lakukan jika hendak mengecek ponsel bekas sebelum memastikan untuk membelinya. Supaya terhindar dari rasa ketidak puasan ketika sudah pasti mau membeli ponsel tersebut. Terdapat aplikasi khusus memang untuk bisa memantau kinerja dari perangkat android ini, dimana dengan memakai apl itu kalian nantinya akan bisa melihat performance kerja hardware berupa data dan perhitungan yang tepat. Dengan begitu nantinya kita dapat mengetahui jika adanya masalah, mau itu terjadi pada koneksi WiFi, kerja CPU, Chipset, proses berjalannya memori RAM, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Bagi anda yang mungkin bingung dalam memilih aplikasi pemantau kinerja android yang mana kira-kira cocok dalam pemakaian hp anda, tidak perlu khawatir. Sebab dibawah ini sudah saya rangkum tujuh apl terbaik yang bisa kamu ketahui terlebih dahulu kenggunalannya apa saja, dan kemudian nanti kalian bisa memastikan dengan mudah lebih cocok memakai aplikasi yang mana.

7 Aplikasi Pemantau Kinerja Android Terbaik 2020

Beberapa app di Play Store bisa memberi kita rincian seputar proses kerja dari perangkat keras smartphone. Dan bahkan ia akan memberi tahu tentang kemampuan serta masalah yang timbul. Sudah penasaran bukan? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1.TinyCore

TinyCore

TinyCore ini merupakan salah satu perangkat lunak terbaik yang bertugas dalam memonitoring performance hp. Ketika app ini sudah terinstall, ia tidak akan menambahkan widgetnya pada ruang widget layar. Namun dia hanya akan memasang satu sistem berlogo khusus TinyCore secara visual pada bagian bar atas deretan jam dan sinyal. Tampilan minimalis serta inovatif dirancang dengan sistem yang ringan menjadikan TinyCore ini sangat nyaman digunakan. Walaupun ringan, terbungkus beragam fitur gratis pada aplikasi ini, diantaranya seperti pemantauan pemakaian CPU, RAM, tingkat Baterai, Chipset. Ada juga menu customisasi pada warna latar belakang, booting audio, status bar, dan lain-lain.

2.Network Monitor Mini

Network Monitor Mini

Di posisi kedua ini ada Network Monitor Mini, yaitu alat lunak berfungsi untuk menunjukkan keadaan statistik jaringan internet pada layar handphone kamu. Jaringan monitor mini ini akan menampilkan data seperti keadaan bandwidth koneksi, kecepatan upload & download per detik di saat itu juga. Yang mana itu semua akan tertampil pada posisi atas bagian bar layar, serta disesuaikan dengan pengaturan transparansi indikator dan warna. Walaupun sekedar memonitor jaringan internet, Network Monitor Mini ini sudah dilengkapi dengan bermacam fitur lainnya, yaitu custom prefix, adjustable tempat decimal, menormalkan pemakaian VPN, dan sebagainya.

3.Quick System Info PRO

Quick System Info PRO

Pada app Quick System Info PRO sangat cocok bagi anda yang membutuhkan aplikasi pemantauan kinerja lengkap, mulai dari informasi kerja CPU, Memory RAM, SDCard, semua aplikasi yang berjalan, dan status jaringan. Namun sayangnya, untuk sekarang apl ini masih terdapat iklan. Untuk menghilangkannya, anda cuma perlu melakukan sumbangan pada menu yang sudah tersedia. Selain nantinya iklan tidak akan muncul, kalian juga mendapatkan feature tambahan berupa Monitor CPU langsung, jaringan WiFi/2G/3G secara langsung, penampilan informasi perangkat keras lebih komprehensif, dan masih banyak lagi.

4.Elixir 2

Elixir 2

Elixir 2 adalah salah satu perangkat lunak pemantau performance terpopuler berkat ditunjangnya sama banyak kekayaan fitur yang ia tawarkan bagi semua penggunanya. Termasuk diantaranya yaitu memonitor status baterai, jaringan data, pemakaian CPU, RAM, Chipset, penyimpanan, dan masih banyak lagi. Selain itu kita nantinya juga akan dapat mengatur banyak hal yang terdapat dalam smartphone melalui pengaturan sistemnya, menonaktifkan / mengaktifkan sensor perangkat keras, dan mengelola apl yang terinstall. Jika kamu masih merasa kurang puas dengan segala kelebihan yang sudah Elixir 2 ini berikan, sang developers juga sudah menyiapkan berbagai Addon tambahan yang bisa kalian download nantinya.

5.System Monitor

System Monitor

System Monitor memiliki fungsi dalam mengamati semua aspek pada jalan kerja sistem perangkat ponsel. Dimana kamu bisa melihat semua rinciannya melalui tampilan grafik yang ada, mulai dari penggunaan Memori RAM, CPU disetiap frekuensi semua core, dan kinerja GPU. Masing-masing paramater grafik tersebut akan anda amati di dalam halaman yang berbeda, dengan cara cukup menggesernya saja kekiri atau kekanan. Selain itu, terdapat menu drop-down di bagian atas kiri layar yang berguna untuk mengakses setiap parameter tersebut. Tak hanya itu! Karakteristik berbeda juga terjadi dalam app ini, yaitu sebuah pembersih Cache dan Eliminator.

6.DiskUsage

DiskUsage

Berbeda dari semua apl di atas, dalam tampilannya menunjukan besar data yang sedang berjalan, Disk Usage tidak menggunakan grafik, angka, maupun garis sederhana yang mungkin terlalu rumit bagi sebagian orang. Tapi, bagaimana sama tampilan data yang memakai blok besar dalam pemantauan jumlah banyaknya memori yang terpakai disetiap direktori atau file berdsarkan dengan ukuran besar kecilnya dilayar? Sangat sempurna bukan. Itulah yang coba diterapkan pada aplikasi DiskUsage tersebut, memungkinkan para penggunanya untuk melihat pemakaian memori internat ataupun eksternal melalui visual blok dengan ukuran yang proporsional pada layar.

7.OS Monitor

OS Monitor

Di posisi terakhir ada OS Monitor yang mana pada dasarnya perangkat lunak ini berfungsi sebagai monitor semua program yang sedang berjalan di Android. Dengan kata lain jika di Windows ia sama seperti Task Manager. Dalam halaman utamanya kita akan disuguhkan untuk melihat semua aplikasi sedang berjalan dibalik layar. Untuk melihat rincian performance dari apl tertentu kalain cukup mengkliknya saja, kemudian muncul banyak informasi seperti besar memori terpakai, kinerja CPU & GPU. Selain itu anda juga bisa melakukan penghentian paksa pada aplikasi tertentu cukup dengan mengetuknya.

Penutup

Baiklah, itu dia tadi beberapa app untuk memantau jalannya kinerja android terbaik di masa sekarang. Sebelum beranjak, ada baiknya untuk sobat membagikan artikel kita kali ini pada akun sosial media yang kalian punya. Terimakasih, dan sampai jumpa di lain waktu yaa.