5 Cara Mengatasi Aplikasi Muncul Sendiri di Android

77
Aplikasi Muncul Sendiri di Android
Aplikasi Muncul Sendiri di Android

Aplikasi Muncul Sendiri di Android – Salah satu kelebihan dari smartphone android dibandingkan sistem operasi mobile lainnya adalah banyaknya aplikasi yang tersedia dan bisa digunakan oleh pengguna secara gratis. Aplikasi-aplikasi ini sendiri bisa kamu download dan install melalui Google Playstore yang merupakan gudangnya aplikasi android legal. Selain itu, kamu juga bisa mendownload aplikasi android dari situs lain yang ada diinternet, bahkan aplikasi yang sudah dimodifikasi. Khusus untuk aplikasi yang sudah dimodifikasi ini biasanya digunakan oleh pengguna yang ingin menggunakan aplikasi premium secara gratis.

Aplikasi Muncul Sendiri di Android
Aplikasi Muncul Sendiri di Android

Aplikasi yang disediakan untuk HP android ini sendiri ada banyak sekali macamnya, di mana masing-masing aplikasi memiliki fungsi tersendiri. Pengguna bisa mengunduh dan menginstall aplikasi android apa saja sesuai kebutuhannya. Meskipun gratis, tetapi biasanya di dalam aplikasi dan game android disediakan item premium yang hanya diperuntukkan bagi pengguna yang sudah berlangganan atau membayar. Selain itu, ada pula beberapa aplikasi berbayar yang mengharuskan penggunanya untuk berlangganan terlebih dahulu agar bisa menggunakannya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai aplikasi android, terkadang ada saja masalah error yang terjadi sehingga mengganggu kenyamanan pengguna. Meskipun hal ini tidak murni disebabkan aplikasi itu sendiri, melainkan juga karena sistem android yang error atau terdapat bug. Salah satu masalah pada smartphone android yang berkaitan dengan aplikasi ini adalah aplikasi yang sering terbuka sendiri. Masalah seperti ini bisa dialami di perangkat HP apa saja, baik Samsung, Xiaomi, OPPO, VIVO, Huawei, Asus dan brand lainnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi aplikasi muncul sendiri di android tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya!

Penyebab Aplikasi Sering Buka Sendiri di Android

Sebelum lanjut, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja faktor yang menyebabkan aplikasi android terbuka sendiri di HP android. Mengetahui penyebabnya tentu akan memudahkan kamu untuk mengatasi masalah error tersebut. Adapun beberapa penyebab aplikasi android muncul sendiri di layar, di antaranya:

  • Aplikasi yang mengalami error atau bug.
  • Tedapat bug pada sistem android.
  • Bagian layar tertentu yang tertekan sehingga membuka aplikasi secara otomatis.
  • Virus dan malware yang masuk ke sistem android, serta menyebabkan error. Misalnya saja Adware yang merupakan virus yang berbentuk aplikasi.
  • Aktivitas rooting HP android dan oprek sistem.

Cara Mengatasi Aplikasi Muncul Sendiri di Android

Aplikasi Buka Sendiri di Android
Aplikasi Buka Sendiri di Android

Sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah aplikasi di HP android yang terbuka sendiri secara tiba-tiba. Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan dan pastinya sangat mudah melakukannya. Adapun cara mudah mengatasi aplikasi muncul sendiri di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Unroot HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah aplikasi yang muncul secara tiba-tiba di layar HP yakni dengan melakukan unroot. Cara ini bisa kamu lakukan jika sebelumnya kamu sudah melakukan root pada HP androidmu. Biasanya melakukan rooting HP dilakukan untuk membebaskan pengguna melakukan oprek pada sistem android. Dan cara melakukannya dengan menggunakan aplikasi rooting yang ada di android.

Sama halnya seperti saat melakukan rooting HP, melakukan unroot juga bisa dilakukan dengan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa menggunakan aplikasi root yang digunakan untuk rooting HP sebelumnya. Biasanya di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur untuk melakukan unroot HP android. Salah satu pilihan aplikasi unroot HP android yang paling populer dan banyak digunakan, yakni Super su Root Checker + Unroot.

2. Menghapus Aplikasi Tertentu

Jika kamu memang tidak melakukan rooting HP android, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Sebelumnya kamu cek dulu apakah ada aplikasi mencurigakan yang terinstall di HP androidmu. Aplikasi mencurigakan maksutnya kamu tidak tahu tentang aplikasi tersebut dan tidak merasa pernah menginstallnya, kecuali aplikasi bawaan yang terinstall secara default di android.

Atau juga ingat-ingat aplikasi apa yang terakhir kamu install sebelum terjadi masalah aplikasi terbuka sendiri ini. Bisa jadi aplikasi tersebut yang menjadi penyebab utamanya, khususnya jika memang kamu menginstall aplikasi tersebut dari luar Google Playstore.

Jika kamu sudah menemukan aplikasi yang disebutkan di atas, segera lakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Cara untuk melakukan penghapusan aplikasi tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang mencurigakan dan ingin kamu hapus.
  • Selanjutnya klik opsi Hapus Instalasi atau Uninstall.
  • Selesai.

Catatan: Alternatif lain untuk melakukan uninstall aplikasi di android yakni dengan tekan dan tahan ikon aplikasi yang ingin dihapus. Kemudian pilih opsi Uninstall atau Hapus Aplikasi pada opsi yang ditampilkan.

3. Melakukan Factory Reset HP Android

Cara lainnya untuk mengatasi masalah aplikasi yang muncul sendiri di HP android yakni dengan melakukan factory reset. Cara ini bisa dilakukan dengan 2 metode, yakni lewat menu Pengaturan dan lewat Recovery Mode. Sebaiknya kamu lakukan pencadangan data terlebih dahulu jika memang ada data penting yang ada di HP android. Untuk melakukan factory reset HP android semua tipe selengkapnya, yakni:

Cara 1 – Reset HP Lewat Pengaturan

  • Buka menu Pengaturan di HP Android.
  • Masuk ke opsi Manajemen Aplikasi.
  • Kemudian klik pada opsi Reset.
  • Dan terakhir pilih Reset Data Pabrik.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai dan HP akan melakukan reboot, kemudian booting. Dan akhirnya HP sudah nyala kembali dan kamu bisa mengoperasikannya seperti biasa.
  • Selesai.

Cara 2 – Reset HP Android Lewat Recovery Mode

  • Matikan HP seperti biasa.
  • Hidupkan lagi dengan cara Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan selama beberapa detik. Kemudian lepaskan tekanan pada tombol ketika muncul tampilan di layar.
  • Di layar akan ditampilan halaman Recovery Mode.
  • Selanjutnya pilih Wipe Data / Factory Reset.
  • Lalu konfirmasi dengan klik Yes, Wipe Data All.
  • Tunggu sampai proses reset selesai, kemudian pilih Reboot System Now.
  • Selesai.

4. Lakukan Flashing HP Android

Bisa jadi aplikasi yang sering buka sendiri seperti ini disebabkan karena penggunaan ROM yang tidak cocok dengan tipe HP atau terdapat bug di dalamnya. Kalau begitu kamu perlu melakukan penggantian ROM atau firmware android sesuai dengan tipe HP androidmu. Pastikan kamu menggunakan file ROM yang sesuai dan mengunduhnya melalui situs resmi brand HP yang kamu gunakan.

Untuk cara melakukannya sendiri sangat mudah, di internet sudah banyak yang membahas cara flash HP android tersebut, baik menggunakan PC atau tanpa PC. Atau untuk lebih lengkapnya kamu baca DI SINI.

5. Cek Layar HP Android

Seperti yang dijelaskan di atas, aplikasi muncul sendiri di android juga bisa diakibatkan karena adanya area pada layar yang terus menekan sehingga akan membuka aplikasi tertentu. Hal ini biasanya sering terjadi pada layar HP yang terdapat retak atau bahkan pecah.

Cobalah untuk menekan secara lembut dan hati-hati pada beberapa area di layar atau yang terdapat retakan atau pecah. Jika memang tetap, maka kamu bisa melakukan penggantian LCD.

Penutup

Itulah tadi cara mengatasi aplikasi muncul sendiri di HP android yang mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya5 Cara Mengatasi Android Process Media Telah Berhenti
Artikel Selanjutnya5 Cara Mengatasi Speaker HP Bunyi Kresek
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini