7 Aplikasi Membuat GIF di Android Terbaik 2019

Aplikasi Membuat GIF di Android – GIF merupakan singkatan dari Graphics Interchange Format dan menjadi salah satu format gambar digital yang paling menarik. Bagaimana tidak, berbeda dengan format gambar JPG atau PNG, gambar berformat GIF memiliki animasi di dalamnya. Itu artinya gambar tersebut dapat bergerak seperti layaknya sebuah video. Bedanya, dalam gambar GIF tidak memiliki suara seperti sebuah video.

Aplikasi Membuat GIF di Android
Aplikasi Membuat GIF di Android

Banyak yang penasaran bagaimana cara membuat gambar GIF yang bisa bergerak tersebut. Sebagian besar orang mungkin berpikir membuat GIF sangat rumit dan membutuhkan ilmu khusus. Padahal pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, semua orang bisa membuat gambar berformat GIF dengan mudah bahkan hanya melalui sebuah smartphone.

Baca Juga:

Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi khusus yang memang diciptakan untuk membuat gambar atau foto bergerak alias GIF. Aplikasi-aplikasi tersebut bahkan disediakan secara gratis serta dengan fitur lengkap di dalamnya. Dibekali dengan tampilan antarmuka sederhana, membuat pengguna lebih mudah mengoperasikannya.

Rekomendasi Aplikasi Membuat GIF di Android Paling Bagus

Ada banyak sekali jenis aplikasi pembuat GIF gratis di Google Play Store, bahkan di dalamnya juga sudah dilengkapi fitur-fitur menarik. Hasil gambar GIF-nya juga tidak kalah bagus dibandingkan dengan menggunakan software desain khusus. Adapun rekomendasi aplikasi membuat GIF di android terbaik tersebut, di antaranya:

1. PicsArt Animator

PicsArt Animator
PicsArt Animator

Sebagian dari kita mungkin mengenal PicsArt hanya menyediakan aplikasi untuk mengedit foto saja. Padahal tidak, ada seri aplikasi lain dari PicsArt yang diberi nama PicsArt Animator. Sesuai namanya, aplikasi ini memungkinkan kita menciptakan sebuah animasi menarik berupaka video maupun gambar GIF. Di dalamnya sudah disediakan berbagai fitur menarik yang memungkinkan pengguna menghasilkan animasi terbaik.

Membuat animasi berupa video atau GIF melalui aplikasi ini juga sangatlah mudah. Kamu bisa menambahkan animasi stiker ataupun teks di dalamnya. Selain itu, ada pula pilihan frame menarik yang semakin membuat hasil GIF cantik sempurna. Khusus kamu yang punya jiwa seni, bisa juga membuat sendiri animasi menggunakan fitur Draw yang ada di dalamnya.

2. StickDraw – Animation Maker

StickDraw – Animation Maker
StickDraw – Animation Maker

Berikutnya ada aplikasi bernama StickDraw – Animation Maker yang juga bisa kamu gunakan untuk membuat gambar GIF menarik. Aplikasi satu ini dibuat oleh developer bernama Bingzer LLC dan sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, StickDraw memberikan beberapa fitur yang memudahkan pengguna membuat GIF sendiri. Selain itu, terdapat pula fitur lain yang memungkinkan kamu melakukan convert gambar ke format GIF atau mp4. Tampilan antarmuka dari aplikasi ini juga cukup sederhana sehingga lebih mudah untuk dipahami. Ukurannya juga cukup ringan, cocok dijalankan di smartphone berspesifikasi standar sekalipun.

3. Video2me

Video2me
Video2me

Rekomendasi aplikasi membuat GIF di android paling menarik berikutnya adalah Video2me. Aplikasi yang dibuat oleh 3A2E Studio ini tidak kalah handal dalam menghasilkan gambar berformat GIF. Sudah diinstall sebanyak lebih dari 1 juta kali di Google Play Store, aplikasi ini juga punya kapasitas yang ringan yakni hanya 27MB saja.

Menggunakan aplikasi Video2me ini membuatmu lebih mudah mengkreasikan GIF sesuai inspirasimu sendiri. Agar lebih menarik kamu bisa juga menambahkan sticker unik agar hasil GIF-nya lebih menarik. Tidak hanya itu saja, terdapat juga fitur lain yang memungkinkan kamu melakukan collage atau menggabung beberapa gambar GIF menjadi satu. Asyik sekali bukan?

4. GIF Studio

GIF Studio
GIF Studio

GIF Studio merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar GIF yang masih tergolong baru. Aplikasi buatan Cognitive Droid ini hadir dengan tampilan antarmuka sederhana serta dilengkapi dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Penggunaannya yang sangat mudah, membuat aplikasi satu ini sangat diminati oleh banyak pengguna.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengedit gambar GIF, di aplikasi ini kamu juga bisa menambahkan gambar GIF di gambar lain. Selain itu, menambahkan kredit atau watermark juga bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi ini. Yang paling menarik lagi, di dalam aplikasi juga tersedia fitur Share yang memungkinkan kamu langsung membagikan hasil karya GIF yang kamu buat sebelumnya.

5. GIF Me! Camera – GIF Maker

GIF Me! Camera – GIF Maker
GIF Me! Camera – GIF Maker

Pilihan aplikasi membuat GIF terbaik di android berikutnya adalah GIF Me! Camera – GIF Maker. Aplikasi satu ini juga memudahkan kamu jika ingin membuat animasi GIF dengan durasi cukup panjang. Ya, melalui aplikasi buatan XnView bisa menghasilkan gambar GIF dengan durasi mencapai 14 detik. Durasi tersebut dirasa sudah cukup panjang untuk menceritakan berbagai hal dalam gambar GIF-mu.

Bukan hanya itu saja, di aplikasi GIF Me! Camera – GIF Maker juga disediakan berbagai fitur menarik yang membuat hasil karya GIF semakin berkualitas. Salah satunya adala fitur filter yang terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari efek dramatis hingga yang unik.

6. GIF Maker – GIF Editor

GIF Maker – GIF Editor
GIF Maker – GIF Editor

Aplikasi pembuat GIF di android berikutnya ini diciptakan oleh Kayak Studio dan menjadi salah satu aplikasi paling populer digunakan. Di Google Play Store tercatat aplikasi GIF Maker – GIF Editor sudah diunduh lebih dari 5 juta kali. Tidak heran karena memang aplikasi ini sangat mudah digunakan dalam menciptakan gambar GIF.

Di dalamnya terdapat fitur cut and crop video, di mana bisa kamu gunakan untuk memotong sebuah adegan di video lalu dijadikan sebagai gambar GIF. Tidak hanya itu saja, terdapat fitur lain yang memungkinkan kamu menambahkan berbagai jenis teks dan juga sticker unik untuk membuat gambar GIF semakin menarik.

7. GIF Maker, GIF Editor, Video ke GIF

GIF Maker, GIF Editor, Video ke GIF
GIF Maker, GIF Editor, Video ke GIF

Jika kamu mencari aplikasi untuk membuat GIF di android yang fiturnya lengkap, GIF Maker, GIF Editor, Video ke GIF bisa jadi pilihan paling tepat. Pasalnya, melalui aplikasi ini kamu tidak hanya bisa membuat GIF saja, melainkan juga mengedit GIF dan juga memotong video lalu meng-convertnya ke format GIF.

Selain itu, di dalamnya juga dibekali dengan tools-tools menarik seperti, corp, record, combine, filter, resize, sticker, hand writing, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan aplikasi ini memungkinkan kamu mendapat hasil GIF yang menarik.

Penutup

Itulah tadi beberapa pilihan aplikasi membuat GIF di android paling bagus yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?