7 Aplikasi Kunci Layar Paling Aman untuk HP Android

Aplikasi Kunci Layar Paling Aman – Keamanan menjadi poin penting yang harus diperhatikan pada sebuah HP android. Apalagi bagi kamu yang suka menyimpan berbagai hal penting di dalam sebuah HP android, hal ini menjadi semakin penting untuk diperhatikan. Salah satu cara agar data di dalam HP android aman adalah dengan menguncinya. Mengunci HP android bisa dengan menggunakan PIN atau kata sandi, kunci pola, fingerprint atau juga facelock.

Aplikasi Kunci Layar Paling Aman

HP android umunya sudah dibekali dengan fitur kunci layar atau lock screen dengan beragam mode seperti yang sudah disebutkan tadi. Tetapi, tidak jarang pula beberapa pengguna kurang puas dengan fitur kunci bawaan tersebut. Alasannya kunci layar default android kurang menarik dan fiturnya terbatas. Alternatifnya mereka memilih menggunakan aplikasi kunci layar yang disediakan di Google Play Store.

Baca Juga:

Tidak hanya mampu mengunci layar, beberapa aplikasi tersebut juga menyediakan fitur kunci aplikasi tertentu. Dengan pertahanan berlapis seperti ini tentu saja akan membuat data di dalam HP android sangat aman. Pada artikel kali ini sudah saya rangkumkan beberapa pilihan apliaksi kunci layar paling aman untuk android. Selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Kunci Layar Paling Aman untuk Android

1. CM Locker

Pilihan aplikasi kunci layar paling aman di android yang pertama adalah CM Locker. CM Locker sendiri banyak dipilih karena fitur di dalamnya yang sangat lengkap dan menjaga privasi pengguna secara maksimal. Memiliki fungsi pengunci slide-to-lock, aplikasi ini tidak hanya bisa mengunci layar, melainkan juga foto dan kontak.

CM Locker juga memiliki banyak pilihan tema sehingga membuatnya semakin menarik dengan tampilan yang beda dari lainnya. Satu lagi fitur canggih dari aplikasi ini yakni fitur keamanan khusus yang akan memperingati atau memberi notifikasi kepada pengguna ketika ada orang lain yang mencoba membukanya. CM Locker ini sendiri dibuat oleh Cheetah Mobile dan sudah diinstall lebih dari 100 juta kali di Google Play Store.

2. 3D Lock

Sesuai dengan namanya, aplikasi pengunci layar android bernama 3D Lock memang mampu menampilkan efek 3D yang memukau. Jadi, HP androidmu tidak hanya sekedar aman tetapi juga memiliki tampilan layar yang menarik. Di dalamnya disediakan beragam tema unik yang pastinya mengusung grafis 3D yang memukau. Beberapa contohnya seperti, Stylish Neon Skull, Crystal Aquarium, Coll Graffiti, Lovely Bright Sky, Smart High Tech, dan lain sebagainya.

Menariknya, meskipun HP sudah dikunci kamu tetap bisa menggunakan fitur yang tersedia di menu bar seperti, Wifi Bluetooth, lampu flash, volume dan lain sebagainya. 3D Lock ini sendiri dibuat oleh App Free Studio, ukurannya tidak terlalu besar yakni hanya 4.7MB saja.

3. Gesture Lock Screen

Rekomendasi aplikasi kunci layar paling aman berikutnya ini bisa dibilang sangat unik dan beda dari yang lainnya. Kalau aplikasi umumnya menyediakan metode kunci seperti PIN atau sandi, pola kunci, dan fingerprint, beda lagi untuk Gesture Lock Screen. Di sini kamu bisa membuat gambar sendiri untuk kunci layar HP. Dengan begitu, akan sulit ditiru oleh orang lain sehingga membuat HP menjadi semakin aman.

Kebebasan bagi pengguna untuk mengatur sendiri gesture untuk kunci layar, menjadi salah satu alasan banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Satu lagi fitur menarik dari aplikasi kunci layar besutan Q Locker ini, yakni memungkinkan aplikasi memotret siapa saja pengguna lain yang ingin mencoba membobol kunci smartphone.

4. DynamicNotification

Khusus untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan tampilan lock screen yang mewah dan ramai, aplikasi kunci layar paling aman satu ini bisa dijadikan pilihan. Ya, aplikasi DynamicNotification menyuguhkan tampilan layar yang polos dan sederhana, membuatnya tidak akan menguras baterai.

Notifikasi juga tidak akan ditampilkan jika HP tersimpan di dalam kantong atau tas, hal ini juga dapat menghemat daya baterai. Satu lagi fitur menarik yang disediakan dalam aplikai DynamicNotification, yakni tersedianya mode malam atau night mode. Jika mode ini diaktifkan maka segala notifikasi akan dinonaktifkan. Aplikasi buatan Great Bytes Software ini juga cukup ringan yakni hanya berukuran sebesar 4.8MB saja.

5. Passcode Lock Screen

Passcode Lock Screen juga menjadi salah satu aplikasi kunci layar paling aman di android yang populer digunakan. Hampir sama dengan aplikasi kunci layar sebelumnya, Passcode Lock Screen juga punya tampilan interface yang sederhana sehingga mudah digunakan. Aplikasi buatan 302 Lock Screen juga cukup ringan yakni hanya berkapasitas 4.8MB saja.

Dalam mengamankan perangkat android, aplikasi ini menyediakan kunci layar berupa passcode atau kode angka. Tidak ada metode kunci layar lain seperti pola kunci, fingerprint atau yang lainnya. Aplikasi Passcode Lock Screen juga sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat HP android tampil layaknya iPhone canggih. Sangat menarik bukan?

6. AcDisplay

Rekomendasi aplikasi pengunci layar android paling bagus berikutnya adalah AcDisplay. Aplikasi satu ini dibuat oleh Artem Chepurnoy yang sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna di seluruh dunia. Ukuran aplikasi AcDisplay ini juga tidak terlalu besar yakni hanya 3MB saja sehingga sangat ringan dijalankan.

AcDisplay lebih cocok digunakan oleh kamu yang suka dengan tampilan minimalis di layar android.  Di dalamnya juga tersedia banyak sekali fitur unggulan, salah satunya adalah fitur yang memungkinkan menghentikan aplikasi di latar belakang. Dengan begitu, HP tidak hanya aman, tetapi juga bisa lebih hemat baterai.

7. AppLock

Aplikasi kunci layar paling aman dan terbaik di android yang terakhir adalah AppLock. Aplikasi buatan DoMobile Lab tidak hanya bisa mengunci layar saja, melainkan juga galeri, kontak, SMS, Gmail, Video dan aplikasi apapun yang ingin kamu privasi. Dengan begitu, semua data yang ada di HP android akan semakin aman.

Jika kamu punya foto dan video yang dianggap penting dan tidak boleh diketahui oleh siapapun, aplikasi juga bisa dengan mudah menyembunyikannya dari galeri. Tidak perlu khawatir ketahuan orang lain saat kamu akan membuka PIN atau pola, aplikasi ini memiliki pattern dan keyboard yang tidak terlihat.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi kunci layar paling aman untuk smartphone android bisa kamu gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?