7 Aplikasi Kompres Video Offline Android Terbaik 2019

Aplikasi Kompres Video Offline Android – Selain foto, video biasanya juga menjadi salah satu file koleksi yang disimpan di dalam smartphone android. Banyaknya video yang disimpan, seringkali membuat ruang penyimpanan di smartphone cepat penuh. Tidak heran karena kebanyakan file video memang memiliki ukuran atau kapasitas yang cukup besar dibandingkan jenis file lainnya.

Aplikasi Kompres Video Offline Android
Aplikasi Kompres Video Offline Android

Berbagai cara dilakukan agar ruang memori internal di HP tidak penuh, salah satunya memindahkan file video ke microSD. Tetapi ternyata cara ini dianggap kurang efektif, karena tetap saja pengguna tidak bisa mengoleksi video kesukaan mereka dalam jumlah yang banyak. Sebenarnya masih ada cara lain untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan melakukan kompres video.

Baca Juga:

Melakukan kompres video berarti memperkecil ukurannya tanpa merusak kualitas dari video tersebut. Untuk melakukan kompres video bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa melalui situs khusus atau memanfaatkan aplikasi kompres video. Namun, menggunakan aplikasi compress video diklaim lebih mudah, apalagi bisa juga digunakan secara offline. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi kompres video offline android paling bagus bisa kamu gunakan.

Daftar Aplikasi Kompres Video Offline Android Paling Bagus

1. Video Compress

Video Compress
Video Compress

Rekomendasi aplikasi kompres video offline android yang pertama bisa kamu gunakan adalah Video Compress. Aplikasi satu ini cukup banyak dipilih dikarenakan fungsinya yang cukup maksimal dalam melakukan kompres video. Pengguna bisa memilih sendiri tingkat kompresi video yang diinginkan, mulai dari tingkat tinggi, normal, rendah ataupun custom (sesuaikan sendiri).

Aplikasi Video Compress besutan Mel Studio Apps ini juga sudah mendukung hampir semua format video yang ada saat ini. Dibekali dengan antarmuka sederhana, membuatnya sangat ramah dengan pengguna awam sekalipun. Menggunakan aplikasi Video Compress kamu juga tidak perlu khawatir file video asli akan hilang, pasalnya aplikasi ini menghasilkan salinan file asli.

2. Panda Video Compressor: Movie & Video Resizer

Panda Video Compressor: Movie & Video Resizer
Panda Video Compressor: Movie & Video Resizer

Berikutnya ada aplikasi bernama Panda Video Compressor yang juga bisa digunakan untuk melakukan kompres video. Aplikasi satu ini dibuat oleh developer bernama farluner apps & games yang juga cukup populer digunakan oleh banyak pengguna. Aplikasi satu ini punya ukuran file yang cukup ringan yakni hanya 14MB saja. Meski begitu, hasil kompres video dari aplikasi ini bisa dibilang sangat bagus. Walaupun ukuran video dibuat lebih kecil, namun hal tersebut tidak mempengaruhi kualitasnya.

Aplikasi Panda Video Compressor juga sudah support dengan berbagai format video, mulai dari 3gp, AVI, Mp4, MKV dan masih banyak lagi yang lainnya. Di dalamnya juga tersedia fitur share yang memungkinkan kamu langsung membagikannya ke berbagai platform seperti, Youtube, Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

3. VidCompact

VidCompact
VidCompact

Pilihan aplikasi untuk kompres video tanpa koneksi internet berikutnya adalah VidCompact. Aplikasi ini sendiri dibuat oleh VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker IncAlat dan sudah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna. VidCompact juga tergolong aplikasi ringan karena ukurannya yang hanya sebesar 12MB saja.

Tidak hanya bisa mengompres video, dengan aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk convert video ke Mp3. Selain itu, ada fitur lain yang tidak kalah menarik untuk dicoba seperti fitur untuk memotong atau memangkas video, merotasi video, dan juga fitur share hasil video editing. Tampilan antarmuka aplikasi juga cukup simple sehingga ramah dengan pengguna.

4. Video Dieter 2

Video Dieter 2
Video Dieter 2

Aplikasi kompres video di android berikutnya ini juga tidak kalah populer digunakan. Pasalnya di dalam aplikasi tersebut sudah disediakan fitur yang cukup lengkap dengan hasil kompres video yang memuaskan. Bisa digunakan tanpa harus terhuung ke internet, menjadi salah satu daya tarik aplikasi ini bagi pengguna.

Video Dieter 2 sendiri dikembangkan oleh Outplay Lab Inc dan sudah diinstall lebih dari 1 juta kali di Google Play Store. Ukuran dari aplikasi ini juga sangat kecil yakni hanya 2.4MB saja sehingga tidak akan membebani kinerja smartphone. Untuk melakukan kompres video, pengguna bisa menentukan sendiri kualitas dan juga resolusi dari video. Hasilnya ukuran video akan diperkecil tanpa mengurangi kualitas videonya.

5. Video Compressor – Fast Compress Video & Photo

Video Compressor – Fast Compress Video & Photo
Video Compressor – Fast Compress Video & Photo

Video Compressor besutan MobileIdea Studio ini juga menjadi salah satu aplikasi kompres video offline android yang juga banyak diminati. Terbukti sudah ada lebih dari 1 juta pengguna yang menginstall aplikasi ini di smartphone mereka.

Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, menggunakan aplikasi Video Compressor ini memungkinkan kamu mengatur sendiri tingkat kompresi yang diinginkan. Pilihannya cukup variatif, mulai dari tingkat rendah, normal, hingga tinggi. Tidak hanya video, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk kompres foto agar ukurannya lebih kecil.

6. YouCut

YouCut
YouCut

Dilihat dari namanya, mungkin kamu mengira aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk memotong video saja. Memang benar, tetapi di dalamnya juga disediakan fitur lain yang masih berhubungan dengan pengolahan video. Salah satunya adalah fitur untuk kompres video. Fitur ini bahkan diklaim mampu memperkecil ukuran video hingga 90% tanpa mengurangi kualitasnya.

Selain fitur tersebut, di dalam aplikasi YouCut juga terdapat fitur menarik lain seperti, memotong video, menggabungkan beberapa video, menambahkan efek video dan lain sebagainya. Aplikasi YouCut ini sendiri dikembangkan oleh InShot Inc dan sudah didownload lebih dari 10 juta kali di Google Play Store.

7. Videos & Movies Compressor

Videos & Movies Compressor
Videos & Movies Compressor

Dan yang terkhir adalah Videos & Movies Compressor juga merupakan aplikasi kompresor video offline terbaik saat ini. Dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana membuat aplikasi ini sangat mudah dioperasikan. Ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga cocok diinstall di HP android berukuran standar sekalipun.

Aplikasi besutan SocioSoft ini juga mendukung hampir semua format video yang ada saat ini. Penggunaannya juga sangat maksimal dalam hal mengompres video, di mana ukuran video menjadi lebih kecil dan tetap mempertahankan kualitasnya. Menariknya lagi, aplikasi Videos & Movies Compressor juga bisa berjalan di latar belakang. Jadi, sambil menunggu proses kompres video selesai, kamu bisa menjalankan aplikasi lain di androidmu.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi kompres video offline android yang paling bagus bisa kamu gunakan. Jangan lupa juga share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?