5 Aplikasi Kompres File PDF di Android Terbaik 2020

Aplikasi Kompres File PDF di Android – Salah satu keunggulan HP android dibandingkan dengan HP OS lain adalah banyaknya fitur canggih yang disematkan di dalamnya. Fitur-fitur terbaru dihadirkan, tidak lain guna untuk memanjakan para penggunanya. Selain fitur canggih, Smartphone android juga didukung dengan banyaknya jenis aplikasi yang punya fungsi masing-masing. Aplikasi-aplikasi ini sendiri tersedia di Google Play Store, beberapa aplikasi ada yang bersifat gratis dan ada pula yang berbayar.

Aplikasi Kompres File PDF di Android
Aplikasi Kompres File PDF di Android

Dari sekian banyaknya jenis aplikasi android, ada salah satu jenis aplikasi yang cukup dibutuhkan banyak pengguna. Aplikasi yang dimaksud tersebut yakni aplikasi kompres file PDF. File PDF umumnya merupakan bentuk praktis dari file berbasis  Word. File PDF juga menjadi salah satu syarat bagi seseorang ketika ingin melakukan pendaftaran secara online. Semua berkas diharuskan sudah dibentuk ke dalam format PDF untuk nantinya dikirim ke pihak perusahaan atau instansi. Misalnya saja saat ingin mendaftar CPNS, yang mana dokumen penting dalam bentuk PDF merupakan salah satu persyaratannya.

Baca Juga:

Namun demikian, file PDF yang sudah dibuat biasanya memiliki ukuran cukup besar. Hal ini tentu akan menguras kuota internet ketika kamu ingin menguploud untuk dikirim secara online. Atau juga ukuran yang besar membuat memori HP cepat penuh. Tidak perlu terlalu bingung, ada salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan melakukan kompres file PDF. Sekarang sudah ada banyak pilihan aplikasi kompres file PDF di android yang bisa kamu manfaatkan. Jadi, tidak perlu perangkat PC atau laptop, mengompres file PDF sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui perangkat android.

Daftar Aplikasi Kompres File PDF di Android Terbaik 2020

1. iLovePDF

iLovePDF
iLovePDF

Pilihan aplikasi kompres file PDF di android paling populer digunakan yang pertama adalah iLovePDF. Dibesut oleh developer dengan nama yang sama yakni iLovePDF, aplikasi ini menjadi salah satu yang paling favorit bagi banyak pengguna. Kamu bisa dengan mudah melakukan kompres file PDF dengan mudah melalui aplikasi ini. Bukan hanya fitur untuk memperkecil ukuran PDF, di dalamnya juga disediakan fitur lain guna untuk mengelola file PDF.

Namun, untuk menikmati semua fitur terbaik yang ada di dalamnya, kamu perlu memayar lisensi aplikasi. Tenang saja, harga lisensi yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Aplikasi iLovePDF juga dilengkapi dengan tampilan antarmuka sederhana, serta mendukung sekitar 25 bahasa di dunia. Selain menyediakan dalam bentuk aplikasi, iLovePDF juga tersedia untuk versi web yang bisa diakses secara online. Ukurannya hanya sebesar 59MB, membuatnya tetap ringan meski dijalankan di HP berspesifikasi standar.

2. All PDF Reader

All PDF Reader
All PDF Reader

Berikutnya ada aplikasi bernama All PDF Reader yang juga sering dijadikan pilihan favorit bagi banyak pengguna. Fungsinya dalam hal mengecilkan ukuran file PDF tidak kalah bagus dibandingkan aplikasi di atas. Meski fungsi utamanya untuk membuka atau membaca file PDF, di dalamnya ternyata disediakan banyak sekali fitur. Salah satunya untuk melakukan kompres file PDF.

Dengan menggunakan aplikasi All PDF Reader memungkinkan kamu memperkecil ukuran file PDF hingga ukuran 100KB. Disediakan secara gratis, kamu bisa menemukan berbagai fitur menarik seperti yang ada di dalam aplikasi PDF berbasis premium alias berbayar. Ditambah lagi dengan user interface yang cukup sederhana, membuatnya mudah digunakan. Aplikasi All PDF Reader ini sendiri dibesut oleh Robert Londo, yang mana sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali di Google Play Store.

3. Compress PDF

Compress PDF
Compress PDF

Compress PDF juga menjadi salah satu aplikasi untuk kompres file PDF terbaik di HP android. Dikembangkan oleh Cometdocs.com Inc, aplikasi satu ini tidak kalah bagus dalam mengecilkan ukuran file PDF. Aplikasi yang sudah didownload lebih dari 500 ribu kali di Google Play Store ini memang diciptakan khusus untuk kompres PDF.

Untuk mengompres file PDF, kamu tidak hanya bisa mengimpor file dari memori HP saja. Melainkan memungkinkan juga bisa kamu hubungkan aplikasi dengan Compress PDF layanan Cloud, seperti Dropbox, GDrive dan lain sebagainya. Kemampuan dalam mengompres file PDF terbilang sangat cepat dan praktis.

4. PDF Utils

PDF Utils
PDF Utils

Jika kamu mencari aplikasi compress file PDF offline, aplikasi PDF Utils ini dijadikan pilihan. Ya, Aplikasi besutan Shash9989 memungkinkan untuk kamu gunakan tanpa harus terhubung ke jaringan internet. Selain itu, aplikasi PDF Utils ini bisa kamu gunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sedikit pun. Kekurangannya, saat ingin mengompres file PDF akan diganggu dengan iklan yang sering muncul.

Meskipun disediakan secara gratis, namun aplikasi PDF Utils ini menyediakan banyak sekali fitur menarik di dalamnya. Tersedia sebanyak 10 fitur utama yang bisa kamu gunakan, yakni menambah teks dan gambar, menghapus halaman PDF, melakukan rotasi dan masih banyak lagi yang lainnya. Aplikasi PDF Utils juga terbilang sangat ringan, ukurannya hanya sebesar 3.1MB saja.

5. PDF Tools

PDF Tools
PDF Tools

Rekomendasi aplikasi kompres file PDF di android terbaik berikutnya adalah PDF Tools. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Neno Tech yang juga cukup baik dalam mengompres file PDF. Ukuran aplikasi PDF Tools ini juga sangat ringan, yakni hanya sebesar 6.4MB saja. 

Aplikasi PDF Tools menyediakan sekitar 20 fitur utama yang bisa digunakan secara gratis oleh para penggunanya. Selain bisa memperkecil file PDF, kamu juga bisa membagi dan memisahkan file PDF, menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu, dan masih banyak lagi fungsi menarik lainnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa pilihan aplikasi kompres file PDF di android terbaik yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar bermanfaat untuk orang lain.