7 Aplikasi Kalibrasi Baterai Android Terbaik

1132
Aplikasi Kalibrasi Baterai Android
Aplikasi Kalibrasi Baterai Android

Aplikasi Kalibrasi Baterai Android – Baterai merupakan salah satu komponen hardware paling penting pada perangkat HP android. Fungsi utama dari baterai tersebut yakni sebagai penyokong daya, yang mana nantinya daya yang ditampung tersebut akan dialirkan ke komponen HP lain sehingga HP bisa dihidupkan dan digunakan seperti biasa. Fungsinya yang sangat krusial hingga diibaratkan komponen baterai tersebut sebagai nyawa dari sebuah perangkat HP. Jika baterai mengalami error bahkan kerusakan, tentunya HP tidak akan bisa digunakan secara maksimal, bahkan tidak bisa dioperasikan sama sekali.

Aplikasi Kalibrasi Baterai Android
Aplikasi Kalibrasi Baterai Android

Setidaknya ada dua tipe baterau untuk perangkat HP android yang ada saat ini, yakni baterai removable dan baterai non-removable. Keduanya dibedakan dari segi penempatannya di perangkat android. Di mana untuk tipe baterai removable kebanyakan digunakan pada HP keluaran lama dan bisa dilepas dengan mudah. Sementara untuk baterai tipe non-ramovable kebanyakan dihadirkan pada HP keluran baru saat ini dan baterai tersebut langsung tertanam di dalam HP. Baterai tipe ini juga lebih slim dan ringkas, sehinggi ini juga membuat bodi HP lebih tipis serta ringan.

Baca Juga:

Berbicara mengenai baterai HP android, terkadang memang ada masalah error yang dialaminya. Misalnya saja error pada indikator baterainya yang tidak sesuai dengan daya yang ditampung di baterai. Indikator baterai menunjukkan daya tersisa 40%, akan tetapi tiba-tiba HP mati karena kehabisan daya. Atau bisa juga indikator baterai yang tidak bisa terisi penuh hingga 100%. Jika masalah seperti ini terjadi, kamu perlu melakukan kalibrasi baterai agar kembali normal. Caranya yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang fungsinya untuk mengkalibrasi baterai. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi kalibrasi baterai android terbaik yang bisa kamu gunakan.

Daftar Aplikasi Kalibrasi Baterai Android Terbaik

Melakukan kalibrasi baterai sebenarnya tidak hanya untuk mengatasi masalah indikator baterai yang tidak normal atau tidak sesuai saja. Melainkan cara ini juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah error lain pada baterai. Yang pasti melakukan kalibrasi baterai akan membuat baterai kembali normal seperti semula. Adapun beberapa rekomendasi aplikasi kalibrasi baterai android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Easy Battery Calibration

Easy Battery Calibration
Easy Battery Calibration

Pilihan aplikasi untuk mengkalibrasi baterai yang pertama yakni bernama Easy Battery Calibration. Aplikasi satu ini dibuat oleh Miguel Fernandez Perez dan menjadi salah satu aplikasi kalibrasi baterai yang paling populer digunakan. Di Google Playstore aplikasi tersebut sudah download lebih dari 500 ribu kali dengan mendapatkan rating sebesar 4.1 dari 5 bintang. Ukurannya juga terbilang kecil, aplikasi tersebut hanya memiliki ukuran sebesar 7.7MB saja.

Menggunakan aplikasi Easy Battery Calibration diklaim bisa mengatasi indikator baterain yang error atau tidak sesuai. Selain itu, penggunaannya juga diklaim bisa membuat daya baterai menjadi lebih hemat dan stabil. Dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana, kamu yang bahkan masih awam pun tidak akan kesulitan untuk mengkalibrasi baterai menggunakan aplikasi ini.

2. Battery Recover 2021

Battery Recover 2021
Battery Recover 2021

Berikutnya ada aplikasi bernama Battery Recover 2021 yang juga menjadi salah satu aplikasi untuk kalibrasi baterai terbaik dan banyak digunakan. Aplikasi tersebut dibesut oleh Mobile S Studio dan sudah mendapatkan jumlah download-an mencapai 1 juta kali di Google Playstore. Dibandingkan dengan aplikasi di atas, Battery Recover 2021 ini bisa dibilang jauh lebih ringan yakni ukurannya hanya sebesar 3.4MB saja. Ukurannya yang kecil tersebut memungkinkan aplikasi ini bisa dijalankan dengan lancar di HP spek rendah.

Penggunaan aplikasi Battery Recover 2021 diklaim mampu mengoptimalkan fungsi dan kondisi baterai HP. Bahkan aplikasi tersebut juga akan lebih menghemat daya baterai dengan cara menonaktifkan jaringan wifi dan data seluler saat layar dimatikan. Serta juga menghentikan aplikasi di latart belakang dengan cara klik tombol Optimalkan. Didukung dengan antarmuka yang sederhana, membuatnya sangat mudah untuk digunakan.

3. Kalibrasi Baterai

Kalibrasi Baterai
Kalibrasi Baterai

Mencari aplikasi kalibrasi baterai yang didukung dengan antarmuka bagus, mudah digunakan dan efektif menjalankan fungsinya? Kalau begitu kamu bisa memilih aplikasi bernama Kalibrasi Baterai ini. Aplikasi yang dibesut oleh Slajed Team ini sangat mudah digunakan, bahkan berfungsi optimal di HP android yang belum diroot. Kamu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan saat menggunakan aplikasi tersebut.

Namun, memang lebih efektif memanfaatkan aplikasi Kalibrasi Baterai ini di HP yang sudah diroot. Aplikasi Kalibrasi Baterai ini cukup banyak diminati, terbukti dengan jumlah downloadernya di Google Playstore yang mencapai angka 100 ribuan. Kapasitas aplikasi tersebut juga terbilang sangat ringan, yakni hanya sebesar 1.3MB saja.

4. NoAd Battery Calibrator [ROOT]

NoAd Battery Calibrator [ROOT]
NoAd Battery Calibrator [ROOT]

Sementara untuk aplikasi untuk kalibrasi baterai berikutnya ini hanya bisa digunakan pada perangkat HP android yang sudah diroot. Menariknya, aplikais NoAd Battery Calibrator [ROOT] bisa kamu gunakan dengan mudah dan nyaman tanpa ada gangguan iklan yang muncul. Kalian pasti sangat terganggu dengan iklan yang secara tiba-tiba muncul di layar dan menutupi seluruh bagiannya. Namun, hal tersebut tidak akan dialami jika menggunakan aplikasi satu ini.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup kamu isi baterai hingga penuh 100%. Kemudian jalankan aplikasi dan klik tombol Kalibrasi untuk memulai kalibrasi baterai. Aplikais ini diklaim sangat efektif untuk menormalkan kembali baterai HP yang error dan mengoptimalkan fungsinya. Aplikasi NoAd Battery Calibrator [ROOT] ini sendiri memiliki kapasitas sebesar 2.3MB dan sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Google Playstore.

5. Battery Calibration Pro 2022

Battery Calibration Pro 2022
Battery Calibration Pro 2022

Meskipun dibelakang namanya terdapat embel-embel PRO, nyatanya aplikasi Battery Calibration Pro 2022 ini memungkinkan untuk digunakan secara gratis. Bahkan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan kalibrasi baterai dengan mudah hanya sekali klik, yakni dengan menekan tombol Calibration. Aplikasi satu ini sangat efektif untuk mengkalibrasi baterai HP yang tidak normal atau HP baru saja diflashing.

Aplikasi Battery Calibration Pro 2022 sendiri hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan stylish. Di sana juga akan ditampilkan informasi mengenai baterai HP-mu secara detail sehingga memudahkan untuk mengetahui kondisinya secara lebih mendalam. Aplikasi ini lebih efekif digunakan pada HP yang sudah diroot.

6. Greenify

Greenify
Greenify

Aplikasi Greenify merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk menghemat baterai dan menjaga suhunya agar tetap stabil. Dengan aplikasi ini kamu bisa dengan mudah menemukan aplikasi yang sering menguras daya baterai dan melakukan hibernasi pada aplikasi tersebut. Selain fungsi tersebut, Greenify juga diklaim sangat efektif untuk digunakan mengkalibrasi baterai HP android.

Aplikasi satu ini dikembangkan oleh developer bernama Oasis Feng dan sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna di Google Playstore. Selain efektif dan optimal, aplikasi Greenify ini juga terbilang ringan sehingga tetap lancar meskipun dijalankan di HP dengan spesifikasi standar.

7. Repair Battery Life Calibrator

Repair Battery Life Calibrator
Repair Battery Life Calibrator

Dan pilihan aplikasi kalibrasi baterai android yang bagus dan optimal yang terakhir yakni bernama Repair Battery Life Calibrator. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh SugusApps dan sudah diunduh lebih dari 10 ribu downloader di Google Playstore. Aplikasi Repair Battery Life Calibrator memiliki kapasitas sebesar 9.9MB sehingga tetap lancar meskipun dijalankan di HP berspek standar.

Penggunaan aplikasi tersebut diklaim sangat efektif untuk memperbaiki fungsi dari baterai. Selain itu, aplikasi Repair Battery Life Calibrator ini juga membuat baterai HP lebih hemat dan tahan lama.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi kalibrasi baterai android yang bagus yang bisa kamu pilih dan gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Melihat ID TikTok Milik Sendiri dan Orang Lain
Artikel SelanjutnyaCara Cepat Mengembalikan Postingan Instagram yang di Hapus
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini