7 Aplikasi Jadwal Sholat di Android Paling Populer

Aplikasi Jadwal Sholat di Android – Menunaikan ibadah sholat sudah menjadi salah satu kewajiban bagi seorang muslim. Tidak semestinya kita meninggalkan ibadah sholat apapun itu alasannya. Bahkan dalam keadaan sakit pun kita masih diwajibkan untuk melaksanakan sholat 5 waktu, yakni Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya’, dan Shubuh. Lebih baik lagi jika melengkapinya dengan sholat sunnah.

Aplikasi Jadwal Sholat di Android
Aplikasi Jadwal Sholat di Android

Agar tidak ketinggalan waktu sholat, kita perlu yang namanya pengingat. Meskipun di masjid atau musholla sudah dikumandangkan adzan sebagai pengingat waktu sholat, tetapi terkadang hal tersebut terkadang kurang efektif. Misalnya saat kita berada di dalam kantor atau ruangan yang letaknya jauh dari masjid dan musholla. Atau bisa juga lokasi kita berada sangat bising sehingga tidak terdengar suara adzan sama sekali.

Baca Juga:

Sebagai alternatif pengingat waktu sholat yang paling efektif bisa diterapkan yakni dengan menginstall aplikasi jadwal sholat. Dengan aplikasi ini kamu bisa dengan mudah mengetahui kapan masuknya waktu sholat. Selain sholat wajib, kamu bahkan juga bisa mengatur jadwal sholat sunnah lainnya, seperti Dhuha, Tahajjud dan sholat sunnah lainnya. Adapun rekomendasi aplikasi jadwal sholat di android yang wajib kamu gunakan bisa disimak di bawah ini.

Daftar Aplikasi Jadwal Sholat di Android Paling Populer

1. Muslim Pro

Muslim Pro
Muslim Pro

Pilihan aplikasi jadwal sholat di android terbaik yang pertama yakni Muslim Pro. Aplikasi satu ini akan memberi pengingat kapan masuknya sholat 5 waktu secara akurat dan efektif. Bahkan masuknya waktu sholat tersebut sudah bisa menyesuaikan dengan lokasi kamu sedang berada saat itu. Jadi, sangat mustahil kalau waktu masuknya sholat yang diberikan tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

Tidak hanya menjadi pengingat waktu sholat yang akurat, aplikasi Muslim Pro menyediakan fitur lain. Fitur-fitur tersebut pastinya tidak jauh dengan aktivitas seorang muslim sejati, misalnya saja fitur penentu arah kiblat, fitur al-qur’an, fitur tasbih digital untuk dzikir, dan masih banyak lagi yang lainnya. Menariknya lagi, aplikasi besutan Muslim Pro Limited ini bisa kamu install secara gratis di HP androidmu.

2. Waktu Sholat (Ealim) – Azan Time & Arah Kiblat

Waktu Sholat (Ealim) - Azan Time & Arah Kiblat
Waktu Sholat (Ealim) – Azan Time & Arah Kiblat

Berikutnya ada aplikasi populer yang dikembangkan oleh developer bernama EALIM TECHNOLOGY LIMITED. Aplikasi pengingat waktu sholat satu ini juga hadir dengan banyak fitur menarik, termasuk juga fitur jadwal sholat yang akurat sesuai lokasi pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga terbilang ringan yakni hanya sebesar 20MB saja.

Saat sudah masuk waktu sholat, aplikasi akan memberikan alarm dengan suara adzan. Selain bisa memberi informasi waktu sholat, aplikasi Waktu Sholat (Ealim) – Azan Time & Arah Kiblat ini juga menyediakan fitur untuk menunjukkan arah kiblat. Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang sedang bepergian agar ibadah tetap aman dan berjalan sebagaimana mestinya.

3. Jadwal Sholat dan Imsakiyah

Jadwal Sholat dan Imsakiyah
Jadwal Sholat dan Imsakiyah

Tidak jauh seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi Jadwal Sholat dan Imsakiyah juga menyediakan fitur pengingat masuknya waktu sholat yang akurat sesuai lokasi pengguna. Tidak hanya itu saja, aplikasi besutan Kodelokus Cipta Aplikasi ini juga menghadirkan fitur yang menunjukkan hitungan waktu ke sholat yang berikutnya. Jadi, pengguna bisa memanage waktu dengan lebih baik tanpa harus kelewat waktu sholat.

Tidak hanya fitur jadwal waktu sholat, di dalam aplikasi Jadwal Sholat dan Imsakiyah ini juga disediakan fitur lainnya. Salah satu fitur terbaiknya yakni fitur pengingat masuknya waktu imsak. Selain itu, tersedia pula fitur untuk menunjukkan arah kiblat yang cukup akurat pastinya. Aplikasi Jadwal Sholat dan Imsakiyah ini hanya berukuran 11MB sehingga cukup ringan tentunya.

4. Jadwal Sholat: Kiblat dan Adzan

Jadwal Sholat: Kiblat dan Adzan
Jadwal Sholat: Kiblat dan Adzan

Anda yang sering berpindah-pindah tempat dari kota satu ke kota lainnya, aplikasi satu ini wajib untuk diinstall. Pasalnya, aplikasi bernama Jadwal Sholat: Kiblat dan Adzan ini mampu menentukan jadwal sholat 5 waktu sesuai lokasi pengguna. Di sini kamu bisa mengatur lokasi secara manual ataupun otomatis melalui fitur GPS secara online. Tidak hanya itu saja, di sini kamu juga bisa menambahkan banyak lokasi dengan mudah untuk perjalanan.

Saat masuk waktu sholat kamu akan diberitahu melalui alarm suara adzan yang merdu. Kamu juga bisa mengatur sendiri alarm untuk alarm subuh agar tidak telat bangun kesiangan. Di dalamnya juga disediakan fitur lain, seperti fitur penentu arah kiblat dan juga fitur kalender hijriyah.

5. صلاتك Salatuk (Prayer time)

صلاتك Salatuk (Prayer time)
صلاتك Salatuk (Prayer time)

Kali ini ada aplikasi jadwal sholat terpopuler yang dikembangkan oleh Masarat App. Aplikasi bernama صلاتك Salatuk (Prayer time) ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Ukurannya juga tidak terlalu besar yakni sekitar 30MB, sehingga penggunaannya tetap lancar meski di HP berspesifikasi standar.

Selain bisa memberi informasi waktu sholat, melalui aplikasi ini kamu juga bisa dengan mudah menemukan masjid yang terdekat dengan lokasi kamu sedang berada. Ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang berada dalam perjalanan. Apalagi di dalamnya sudah dilengkapi fitur penentu arah kiblat yang cukup akurat, membuat penggunaannya semakin maksimal.

6. Jadwal Sholat dan Kiblat, Al Quran, Hadis

Jadwal Sholat dan Kiblat, Al Quran, Hadis
Jadwal Sholat dan Kiblat, Al Quran, Hadis

Layaknya aplikasi Muslim Pro, aplikasi bernama Jadwal Sholat dan Kiblat, Al Quran, Hadis ini juga punya fitur yang sangat lengkap. Aplikasi besutan ini The WALi Studio ini akan memberikan informasi waktu sholat dengan sangat akurat sesuai lokasi penggunanya. Selain itu, disediakan pula fitur hitungan mundur hingga waktu sholat tiba. Dan saat sudah masuk waktu sholat, aplikasi ini akan memberi notifikasi dengan suara adzan.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan arah kiblat dengan mudah melalui aplikasi ini. Fitur al-qur’an dan hadis juga sudah disediakan, pastinya akan membuat ibadahmu semakin maksimal.

7. Prayer Times

Prayer Times
Prayer Times

Dan pilihan aplikasi jadwal sholat di android terpopuler yang terakhir yakni Prayer Times. Aplikasi ini akan memberikan informasi waktu sholat dan akhir waktu sholat dengan sangat akurat. Selain itu, mode hening atau mode jamaat yang akan membuat HP diam selama waktu berjamaah berlangsung.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi jadwal sholat di android terbaik dan populer bisa kamu gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi pengguna lain.