Cara Mengembalikan Aplikasi Hilang Setelah Restart

349
Aplikasi Hilang Setelah Restart
Aplikasi Hilang Setelah Restart

Aplikasi Hilang Setelah Restart – HP android merupakan salah satu jenis perangkat gadget yang paling banyak diminati sekarang ini. Perangkat tersebut terbilang multifungsi, sehingga hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa hampir semua orang memilikinya. Dulunya HP hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi saja. Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi menjadi HP semakin pintar dan memiliki banyak fungsi, khususnya untuk membantu memudahkan berbagai aktivitas harian penggunanya. Ada banyak tipe HP pintar yang ada saat ini, beberapa bahkan dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Aplikasi Hilang Setelah Restart
Aplikasi Hilang Setelah Restart

Seperti yang kita tahu, di HP android terdapat dua jenis aplikasi yang tersedia, yakni aplikasi sistem atau bawaan dan aplikasi dari pihak ketiga. Untuk aplikasi bawaan atau yang sering disebut dengan bloatware, ini merupakan aplikasi yang disediakan secara default oleh vendor HP, bahkan beberapa merupakan aplikasi wajib. Sementara untuk aplikasi pihak ketiga, pengguna bisa mengunduh dan menginstallnya melalui Google Playstore atau situs penyedia aplikasi android lainnya. Ada banyak jenis aplikasi untuk perangkat android yang bisa digunakan, yakni pasti masing-masing aplikasi punya fungsi tersendiri.

Baca Juga:

Berbicara mengenai aplikasi android, terkadang ada masalah error yang sering ditemukan dan dialami oleh pengguna. Salah satunya adalah icon aplikasi yang tiba-tiba hilang saat HP selesai dilakukan restart. Hal semacam ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, yang pasti mengatasi hilangnya aplikasi di HP android tersebut cukup mudah dilakukan. Berikut ini beberapa cara mengembalikan aplikasi hilang setelah restart di HP android yang bisa kamu simak dan terapkan.

Penyebab Aplikasi Hilang Tiba-tiba Setelah HP Direstart

Penyebab Aplikasi Hilang Setelah Restart
Penyebab Aplikasi Hilang Setelah Restart

Sebelum lanjut ke cara untuk memunculkan ikon aplikasi yang hilang setelah restart, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi penyebab utamanya. Mengetahui penyebabnya ini, nantinya kamu akan lebih mudah untuk mengatasinya serta mencegah hal tersebut terulang lagi. Adapun beberapa penyebab aplikasi menghilang saat restart selengkpanya, sebagai berikut:

  • Ikon aplikasi tidak sengaja dipindah ke dalam folder ikon tertentu di layar menu utama. Misalnya saja masuk ke folder ikon Google, Aplikasi Sistem, dan lain sebagainya.
  • Adanya bug atau error pada sistem android sehingga membuat satu atau beberapa ikon aplikasi tidak muncul di layar menu utama.
  • Launcher di HP yang mengalami masalah error atau corrupt, baik itu launcher bawaan atau launcher dari pihak ketiga.
  • Bug atau error pada aplikasi yang ikonnya menghilang dari layar menu utama.

Selain dari beberapa penyebab di atas, bisa juga ada penyebab lain yang mungkin tidak kita ketahui. Yang pasti, untuk mengembalikan lagi ikon aplikasi yang hilang di HP android tersebut sangat mudah, caranya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengembalikan Aplikasi Hilang Setelah Restart

Terdapat beberapa trik atau cara untuk bisa memunculkan lagi ikon aplikasi yang hilang di HP android. Yang pasti cara-cara ini sangat mudah dilakukan, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Adapun cara mudah mengatasi aplikasi hilang setelah restart HP selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP Kembali

Cara yang paling mudah untuk mengembalikan ikon aplikasi yang hilang di HP android yakni dengan merestart ulang HP android. Saat HP sudah selesai direstart untuk yang kedua kalinya, biasanya ikon aplikasi yang hilang sebelumnya tadi akan muncul kembali.

Hal ini bisa jadi karena ada kesalahan pembacaan pada sistem sehingga tidak bisa menampilkan ikon aplikasi secara utuh. Selain itu, melakukan restart HP android ini juga akan membantu mempercepat performa kinerja HP sehingga lebih responsive.

2. Cek Aplikasi di Folder Ikon Aplikasi

Pada HP android pengguna memungkinkan untuk mengelompokkan ikon aplikasi tertentu dan menaruhnya ke dalam satu folder ikon di layar menu utama HP. Hal ini dilakukan untuk mempermudah saat ingin mengaksesnya, serta membuat tampilan layar menu HP terlihat lebih rapi dan ringkas. Misalnya saja folder Google yang berisi aplikasi dan layanan Google, Folder Medsos untuk aplikasi media sosial dan lain sebagainya.

Mungkin saja kamu atau orang lain yang meminjam HP-mu tidak sengaja memasukkan ikon aplikasi tertentu ke folder tersebut dan kamu tidak menyadarinya. Sehingga kamu mengira aplikasi menghilang, dan kebetulan kamu ingin mengakses aplikasi tersebut setelah HP dilakukan restart. Tinggal kamu cek folder ikon aplikasi yang ada dan cari apakah aplikasi yang hilang ikonnya ada di sana atau tidak. Jika memang ada, maka kamu hanya perlu mengeluarkannya dengan menekan dan tahan ikon aplikasi tersebut dan geser ke tepi layar untuk mengeluarkannya kembali.

3. Pastikan Aplikasi Tidak Disembunyikan

Di HP android biasanya terdapat fitur untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah dan aman. Baik disengaja atau tidak, kamu telah menyembunyikan aplikasi tertentu dan lupa dengan apa yang sudah dilakukan tersebut. Dan dalam hal ini kamu mengira aplikasi telah hilang dari HP, khususnya setelah dilakukan restart.

Untuk cara mengembalikannya, kamu tinggal mengecek fitur Sembunyikan Aplikasi atau Hidden App. Biasanya fitur tersebut bisa diakses melalui menu Pengaturan atau Settings. Sementara untuk HP Samsung, kamu bisa menemukan fitur ini dengan menekan dan tahan di area kosong pada layar utama, kemudian masuk ke Pengaturan. Di sana kamu bisa menemukan opsi Sembunyikan Aplikasi, sekaligus untuk menampilkan kembali aplikasi yang telah disembunyikan.

4. Menghapus Cache dan Data Launcher

Seperti yang dijelaskan di atas bahwasannya salah satu penyebab aplikasi hilang di HP android yakni karena launcher yang error atau corrupt. Hal ini bisa terjadi pada launcher bawaan atau launcher yang kamu pasang sendiri melalui Google Playstore. Untuk cara mengatasinya kamu bisa melakukan penghapusan cache dan data dari Launcher tersebut.

Belum tahu cara menghapus cache dan data Launcher di android? Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Masuk ke Aplikasi atau Manajemen Aplikasi / Aplikasi Terinstall (sesuaikan dengan pengaturan di tipe HP-mu).
  • Selanjutnya cari dan pilih Launcher yang digunakan. Untuk pengguna Samsung biasanya bernama Beranda One UI.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Lalu klik tombol Hapus Cache.
  • Lanjutkan dengan klik Hapus Data.
  • Selesai.

5. Menghapus Cache dan Data Aplikasi yang Hilang

Jika masih tetap, kamu bisa melakukan penghapusan cache dan data pada aplikasi yang hilang setelah restart tadi. Umumnya hanya ikon aplikasi saja yang hilang, namun untuk aplikasinya masih bisa diakses melalui Manajemen Aplikasi. Untuk cara melakukannya, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi yang ikonnya hilang atau tidak muncul.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Klik Hapus Cache, lalu klik Hapus Data.
  • Selesai.

6.  Lakukan Factory Reset HP

Sudah melakukan semua cara di atas, namun tetap saja ikon aplikasi yang hilang tidak dapat dikembalikan? Bisa jadi hal ini terjadi karena adanya bug atau error pada sistem android. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan reset HP, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Masuk ke opsi Biometrik dan Keamanan.
  • Klik pada opsi Reset.
  • Klik pada opsi Reset Data Pabrik.
  • Selesai.

7. Lakukan Flashing HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi aplikasi hilang setelah restart yakni dengan melakukan flashing HP android. Cara ini akan mengupdate ROM atau firmware di HP sehingga semua masalah error akan langsung teratasi. Termasuk juga masalah aplikasi yang sering hilang setelah diinstall dan HP dilakukan restart.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengatasi aplikasi hilang setelah restart HP android yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCara Cepat Mengembalikan Postingan Instagram yang di Hapus
Artikel SelanjutnyaBegini! Cara Mencari Arsip Instagram yang Hilang di Tahun 2022
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini