7 Aplikasi Fingerprint di Android Terbaik 2019

Aplikasi Fingerprint di Android – Fitur keamanan dan privasi smartphone menjadi hal paling penting untuk selalu diperhatikan. Pasalnya, kebanyakan pengguna sekarang ini menyimpan berbagai hal penting di dalam sebuah smartphone. Misalnya saja data pribadi, detail login akun penting, percakapan penting dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi beruntungnya, sebagian besar vendor smartphone sudah sangat memperhatikan fitur ini.

Aplikasi Fingerprint di Android
Aplikasi Fingerprint di Android

Beberapa fitur keamanan tercanggih sudah disematkan di dalam sebuah smartphone, mulai dari kunci layar, folder pribadi hingga fitur kunci aplikasi tertentu. Mengenai fitur kunci sendiri, ada beberapa metode yang dihadirkan yakni kunci menggunakan kombinasi kata sandi, pola unik, scan sidik jari atau fingerprint hingga faceID. Dari beberapa metode kunci tersebut mana yang paling bagus dan aman?

Baca Juga:

Untuk masalah keamanan, fitur kunci menggunakan fingerprint dan FaceID bisa dibilang yang paling aman. Hanya saja tidak semua smartphone dibekali dengan fitur kunci seperti ini. Di Google Play Store ada aplikasi khusus yang memungkinkan kamu mengunci layar, folder serta aplikasi menggunakan scan sidik jari. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi fingerprint di android paling bagus yang bisa kamu gunakan. Yuk simak daftarnya di bawah ini!

Daftar Aplikasi Fingerprint di Android Terbaik dan Paling Aman

Deretan aplikasi sidik jari atau fingerprint yang akan dibahas di bawah ini tentu hanya bisa berjalan pada HP yang sudah dibekali fitur fingerprint. Penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi dari fitur sidik jari tersebut. Adapun pilihan aplikasi fingerprint di android paling aman, di antaranya:

1. App Lock: Fingerprint Password

App Lock: Fingerprint Password
App Lock: Fingerprint Password

Pilihan aplikasi fingerprint di android yang paling bagus pertama adalah App Lock: Fingerprint Password. Dengan aplikasi ini memungkinkan kamu mengamankan semua yang ada di dalam HP android agar tidak dibuka oleh sembarang orang. Mulai dari folder pribadi, aplikasi chatting dan sosial media, dan lain sebagainya. 

Aplikasi buatan Keepsafe ini dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana sehingga lebih mudah untuk dipahami. Meski begitu, fitur-fitur yang disediakan di dalamnya sangat lengkap, termasuk dukungan 10 Bahasa yang ada di dunia. Selain menawarkan fitur kunci menggunakan fingerprint, metode kunci lain juga disediakan yakni kunci dengan pattern dan juga kombinasi angka.

2. AppLock – Fingerprint

AppLock – Fingerprint
AppLock – Fingerprint

Berikutnya ada aplikasi fingerprint yang dikembangkan oleh SpSoft yang juga cukup populer digunakan. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan kamu mengunci berbagai aplikasi yang ada di dalam HP android, mulai dari aplikasi chatting, media sosial, galeri, SMS dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi satu ini juga menawarkan fitur khusus untuk mengunci layar HP android dengan fingerprint mode. Tapi sayangnya, aplikasi AppLock – Fingerprint hanya bisa digunakan pada HP android yang sudah berjalan di OS Marshmallow ke atas. Sudah diinstall lebih dari 50 juta kali di Google Play Store, aplikasi ini juga cukup ringan yakni hanya berukuran 3,9 MB saja.

3. App lock – Real Fingerprint, Pattern & Password

App lock - Real Fingerprint, Pattern & Password
App lock – Real Fingerprint, Pattern & Password

Aplikasi sidik jari di android terbaik dan paling bagus berikutnya adalah App lock – Real Fingerprint, Pattern & Password. Aplikasi ini dibesut oleh Kohinoor Apps dan menjadi salah satu aplikasi fingerprint yang paling populer digunakan. Tidak lain karena aplikasi ini dibekali dengan fitur unggulan untuk memaksimalkan keamanan smartphone.

Berbagai jenis aplikasi bisa dikunci dan diamankan menggunakan aplikasi ini, hanya kamulah yang bisa mengakses aplikasi tersebut. Selain handal dalam mengamankan semua aplikasi, aplikasi ini juga cukup ringan yakni berukuran 2,6MB saja. Tampilan interface aplikasi cukup ramah dengan pengguna sehingga lebih mudah digunakan.

4. Fingerprint Lock Screen

Fingerprint Lock Screen
Fingerprint Lock Screen

Jika aplikasi sebelum-sebelumnya hanya bisa digunakan untuk mengunci aplikasi android, berbeda dengan aplikasi Fingerprint Lock Screen ini. Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan Smart Tool ini memungkinkan kamu mengunci layar HP dengan fingerprint atau sidik jari. Layar hanya akan terbuka jika kamu menempelkan sidik jari yang sudah dimasukkan sebelumnya.

Yang menarik lagi dari aplikasi ini adalah di dalamnya juga tersedia berbagai wallpaper unik dan menarik bisa kamu gunakan. Dengan begitu, tidak hanya membuat HP aman dari tangan-tangan jahil, juga bisa membuat tampilan layar kunci menjadi lebih menarik. Aplikasi ini juga sudah didukung dengan 60 Bahasa yang bertujuan untuk memudahkan pengguna saat menggunakannya.

5. Fingerprint Gestures

Fingerprint Gestures
Fingerprint Gestures

Kali ini ada aplikasi fingerprint terbaik di android besutan developer bernama Hue Essential. Diberi nama Fingerprint Gestures, aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengamankan HP dengan cara mengunci menggunakan fingerprint mode. Untuk bisa menggunakan aplikasi Fingerprint Gestures ini, HP androidmu harus sudah mengadopsi minimal OS Android 5.0.

Selain bisa mengamankan HP menggunakan sidik jari, di dalamnya juga disediakan fitur lain yang juga akan memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah mode tap, di mana jika kamu melakukan tap 1 kali pada layar maka akan membuat layar sleep. Sementara untuk 2 kali tap layar bertujuan untuk menghidupkan layar.

6. AppLock Pro: Fingerprint & Pin

AppLock Pro: Fingerprint & Pin
AppLock Pro: Fingerprint & Pin

Jika aplikasi fingerprint sebelum-sebelumnya bisa kamu gunakan secara gratis, beda lagi dengan aplikasi bernama AppLock Pro: Fingerprint & Pin ini. Ya, aplikasi besutan KewlApp ini termasuk aplikasi berbayar, sehingga kamu perlu mengeluarkan sedikit dana untuk bisa menikmati beragam fitur yang ada di dalamnya. Tidak terlalu mahal kok, harganya hanya sebesar Rp 32.000,- saja.

Karena termasuk aplikasi berbayar, sudah pasti dalam penggunaannya tidak akan muncul yang namanya iklan. Selain menggunakan fingerprint, kamu juga bisa menggunakan PIN untuk mengunci HP androidmu.

7. IObit Applock – Pelindung App

IObit Applock - Pelindung App
IObit Applock – Pelindung App

Dan pilihan aplikasi fingerprint paling aman di android yang terakhir adalah IObit Applock – Pelindung App. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh IObit Applock Team dan menjadi salah satu aplikasi dengan fitur keamanan paling bagus. Meggunakan aplikasi ini hanya menjamin keamanan dan privasimu, melainkan juga akan mengamankan sistem dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu keunggulan dari aplikasi IObit Applock – Pelindung App ini adalah kecepatan saat pengguna melakukan lock atau unlock HP android. Ukurannya hanya sebesar 6,1MB sehingga sangat ringan dijalankan.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi fingerprint di android terbaik dan paling aman bisa kamu gunakan. Install sekarang salah satu aplikasi di atas untuk memastikan HP tetap aman dari tangan-tangan jahil dan tidak bertanggung jawab.