7 Aplikasi Buatan Google yang Berbahaya Harus Kamu Tahu

Aplikasi Buatan Google yang Berbahaya – Google merupakan salah satu perusahaan teknologi raksasa yang paling terkenal di dunia. Google sendiri juga menjadi pemilik resmi OS android yang diterapkan kebanyak smartphone. Salah satu alasan banyak vendor HP yang menrapkan OS Android adalah karena sifatnya yang open source. Dengan begitu, siapa pun tentu bisa dengan bebas melalukan modifikasi, mejual atau mendistribusikannya kembali.

Aplikasi Buatan Google yang Berbahaya
Aplikasi Buatan Google yang Berbahaya

Berbicara HP android sekarang ini sudah menjadi favorit bagi banyak orang, mulai dari kalangan anak-anak, remaja bahkan hingga dewasa. Kegunaannya yang multifungsi membuat HP android semakin dicintai oleh banyak pengguna. Di dalamnya juga disediakan banyak sekali fitur canggih yang siap untuk membantu memudahkan aktivitas harian penggunanya. Di dalam HP android biasanya juga sudah terinstall aplikasi default, yang mana hampir semuanya merupakan aplikasi buatan Google sendiri.

Baca Juga:

6 Aplikasi Buatan Google Terbaik yang Baru Saja Dirilis
7 Aplikasi Video Bokeh di Android Terbaik 2020
7 Aplikasi Font Android Terlengkap yang Populer

Hadirnya aplikasi default dari Google pada smartphone android memang memberikan kemudahan dan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Misalnya saja aplikasi Google Chrome, aplikasi browser terpopuler ini akan memudahkan kamu saat browsing internet. Tetapi, ternyata ada beberapa aplikasi buatan Google yang berbahaya bagi penggunanya. Penasaran apa saja aplikasi berbahaya dari Google tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Daftar Aplikasi Buatan Google yang Berbahaya Harus Diwaspadai

Mungkin sebagian dari kalian merasa bingung dan menyimpan banyak tanya, apakah benar aplikasi buatan Google ada yang membahayakan pengguna? Memang benar, beberapa aplikasi Google dianggap berhaya karena secara diam-diam mereka mengumpulkan data pribadi kamu. Hal ini tentunya sangat berbahaya jika sampai dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, beberapa aplikasi akan terus berjalan dan melakukan update untuk mengumpulkan data pribadi pengguna terbaru. Hal ini akan berdampak pada daya baterai HP yang semakin terkuras dengan cepat. Adapun beberapa aplikasi buatan Google yang berbahaya karena mengumpulkan data pribadi penggunanya secara diam-diam selengkapnya, antara lain:

1. Google Chrome

Google Chrome
Google Chrome

Kamu mungkin tidak akan menyangka kalau aplikasi browser terkenal satu ini ternyata cukup membahayakan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Google Chrome juga secara diam-diam membaca dan mengumpulkan semua riwayat browsing kamu di internet. Google akan tahu apa saja situs yang sudah kamu kunjungi melalui browser tersebut.

Sebagian pengguna berpikir dengan menggunakan mode Incognito atau mode penyamaran akan membuat masalah ini selesai. Tidak sama sekali, karena Google Chrome masih bisa dengan mudah membaca aktivitas internetanmu. Agar privasimu tetap terjaga dengan baik, alternatifnya yakni dengan mematikan opsi Usage and Crash Report yang ada di menu Privasi Google Chrome.

2. Google Play Service

Google Play Service
Google Play Service

Untuk aplikasi berikutnya ini biasanya sering berjalan di latar belakang dan tidak mudah untuk dihentikan secara paksa. Fungsi utama dari Google Play Service ini adalah memastikan aplikasi di android berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala. Tapi sayangnya, aplikasi yang terus berjalan di background ini justru menguras cepat daya baterai HP.

Tidak hanya itu saja, Google Play Service juga berusaha untuk terus mengumpulkan data pribadi kamu. Agar hal ini tidak terus dilakukan, maka kamu perlu membatasi Google Play Service dengan mengubah setelan permission.

3. Google Now

Google Now
Google Now

Banyak pengguna yang merasa senang dengan kehadiran aplikasi Google Search canggih satu ini. Bagaimana tidak, pengguna bisa dengan mudah mencari informasi tanpa harus mengetik keyword di kolom pencarian browser. Kamu cukup mengucapkan kalimat “Oke Google”, maka Google Now akan siap mendapatkan perintah pencarian dari pennggunanya.

Tetapi, tanpa disadari Google Now akan mengetahui semua kebiasaanmu dalam menggunakan smartphone melalui perintah-perintah yang kamu berikan. Tidak hanya itu saja, Google Now mendengarkan semua perintah melalui microphone HP. Artinya, selama Google Now ini diaktifkan maka selama itu pula microphone HP terus menyala. Bisa saja semua pembicaraanmu akan direkam oleh microphone tersebut. Sebaiknya, nonaktifkan saja aktivasi OK Google agar ini tidak terjadi.

4. Google Photos

Google Photos
Google Photos

Aplikasi buatan Google yang berbahaya berikutnya yakni Google Photos. Google Photos sejatinya merupakan aplikasi yang menjadi tempat penyimpanan foto agar nantinya bisa kamu akses secara online ataupun melalui perangkat lainnya. Fungsinya memang cukup bagus dan mampu menyimpan foto dengan lebih aman.

Tetapi, Google Photos akan mengumpulkan dan menyimpan wajah yang sudah kamu ambil ke dalam database aplikasi tersebut. Hal ini bisa saja dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aktivitas negatifnya. Kumpulan wajah tersebut bisa saja digunakan untuk mengakali fitur face detection oleh beberapa pihak tersebut.

5. Google Maps

Google Maps
Google Maps

Dengan adanya Google Maps kamu akan lebih mudah menjelajahi berbagai tempat yang bahkan belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Tidak akan ada lagi kata kesasar atau tidak tahu jalan pulang, karena Google Maps akan membantu kamu menemukan jalan yang tepat untuk sampai di tujuan. Selain bisa digunakan secara online, Google Maps juga memungkinkan digunakan tanpa internet dengan mengunduh peta lokasi tertentu terlebih dahulu.

Meskipun sangat berguna, tetapi hal tersebut membuat Google Maps tahu tempat mana saja yang sering kamu kunjungi. Tetapi tenang saja, kamu bisa melakukan pencegahan agar Google Maps tidak lagi mengumpulkan lokasimu. Caranya yakni dengan mematikan history Google Maps melalui menu Setelan.

6. Google Calendar

Google Calendar
Google Calendar

Melalui aplikasi Google Calendar memungkinkan kamu mengatur jadwal dan sekaligus memberi pengingat apa aktivitas yang harus kamu kerjakan hari ini atau besoknya. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi susah payah mengingat aktivitas apa yang harus kamu lakukan setiap harinya.

Tetapi, dengan cara ini tentu akan membuat Google Calendar mengetahui lokasi dan apa yang sedang kamu lakukan. Pasalnya, kamu sudah memasukkan jadwal harian ke dalam aplikasi buatan Google tersebut. Jika dibiarkan tentunya hal ini akan membahayakan keamananmu. Sebaiknya kamu fitur dari aplikasi Google Calendar ini agar tidak lagi mengetahui kegiatanmu.

7. Google Hangouts

Google Hangouts
Google Hangouts

Dan aplikasi Google yang membahayakan pengguna yang terakhir adalah Google Hangouts. Google Hangouts merupakan aplikasi chatting dan telepon yang fungsinya hampir mirip seperti WhatsApp.

Jika kamu salah satu pengguna Hangouts, sebaiknya perlu berhati-hati. Pasalnya bisa saja chat dan teleponmu dihack oleh orang tidak bertanggung jawab. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya matikan opsi Improve Hangouts dari menu setelan.

Penutup

Itulah tadi beberapa aplikasi Buatan Google yang berbahaya bagi pengguna perlu kamu ketahui. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Cara Hapus Channel Youtube Lewat HP Android

Cara Hapus Channel Youtube - Youtube merupakan salah satu platform nonton video yang paling populer sekarang di dunia. Tidak hanya disukai oleh...

7 Aplikasi Translate Bahasa Lampung di Android

Aplikasi Translate Bahasa Lampung - HP android merupakan salah satu perangkat elektronik yang bisa dibilang paling canggih di era sekarang ini. Dibekali...

Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP yang Mudah

Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP - Berbicara soal listrik, PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan yang paling berjasa. PLN sudah lebih...

7 Aplikasi Edit Foto Jadi Video di HP Android Terbaik

Aplikasi Edit Foto Jadi Video - Mengedit foto tidak hanya bisa dilakukan di perangkat PC atau laptop saja. Sekarang ini kamu juga...

Related news

Cara Hapus Channel Youtube Lewat HP Android

Cara Hapus Channel Youtube - Youtube merupakan salah satu platform nonton video yang paling populer sekarang di dunia. Tidak hanya disukai oleh...

7 Aplikasi Translate Bahasa Lampung di Android

Aplikasi Translate Bahasa Lampung - HP android merupakan salah satu perangkat elektronik yang bisa dibilang paling canggih di era sekarang ini. Dibekali...

Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP yang Mudah

Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP - Berbicara soal listrik, PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan yang paling berjasa. PLN sudah lebih...

7 Aplikasi Edit Foto Jadi Video di HP Android Terbaik

Aplikasi Edit Foto Jadi Video - Mengedit foto tidak hanya bisa dilakukan di perangkat PC atau laptop saja. Sekarang ini kamu juga...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini