7 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang di Android Terbaik

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang di Android – Hadirnya aplikasi android semakin memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas. Misalnya saja untuk aktivitas belajar, ada banyak sekali jenis aplikasi edukasi di android yang bisa kamu manfaatkan. Salah satunya aplikasi belajar matematika, di Google Play Store kamu bisa menemukan dengan mudah aplikasi tersebut. Isinya cukup lengkap, mulai dari rumus-rumus matematika, contoh soal dan jawabannya, trik berhitung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang di Android
Aplikasi Belajar Bahasa Jepang di Android

Selain itu, ada pula aplikasi edukasi lain yang tidak kalah berguna untuk para pelajar atau bahkan yang sudah lulus sekolah sekalipun. Lain dari itu, apakah kamu salah satu orang yang ingin lancar berbahasa Jepang? Jika iya, sekarang kamu bisa belajar Bahasa Jepang hanya melalui perangkat smartphone. Tidak perlu mengikuti private atau les khusus untuk bisa lancar berbahasa Jepang. Di Smartphone android ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk belajar Bahasa Jepang yang bisa kamu install dan gunakan.

Baca Juga:

Berbicara mengenai aplikasi untuk belajar Bahasa Jepang ini sendiri hampir semuanya disediakan secara gratis. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sekedar belajar berbahasa Jepang tersebut. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi belajar Bahasa Jepang di android yang terbaik bisa kamu install di smartphone androidmu.

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Jepang di Android Terbaik

1. Modul Bahasa Jepang

Modul Bahasa Jepang
Modul Bahasa Jepang

Pilihan aplikasi untuk belajar Bahasa Jepang di HP android yang pertama adalah Modul Bahasa Jepang. Aplikasi satu ini dibuat oleh developer bernama Circlebit Lab yang sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Google Play Store. Aplikasi ini gratis untuk kamu install di smartphone-mu. Ukurannya juga tidak terlalu besar, hanya 4.4MB sehingga cukup ringan untuk dijalankan.

Di dalamnya berisi modul dengan jumlah total 57 judul yang meliputi, perkenalan, partikel MO, ucapan salam, kalimat WA, huruf katana, Bahasa Hiragana dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan menguasai semua judul yang ada di dalam aplikasi ini, nantinya kamu bakal bisa lancar berbahasa Jepang.

2. ColorDict Kamus

ColorDict Kamus
ColorDict Kamus

Berikutnya ada aplikasi bernama ColorDict Kamus yang merupakan aplikasi belajar Bahasa Jepang garapan dari developer bernama Notes. Fungsi dari aplikasi ini sendiri lebih seperti kamus, yang mana bisa kamu gunakan untuk mencari kata atau kalimat yang tidak dimengerti. Jadi, aplikasi ColorDict Kamus dikhususkan untuk kamu yang sudah agak faham dengan Bahasa Jepang sebagai tindak lanjutannya.

Kata-kata atau kalimat Bahasa Jepang yang disediakan dalam aplikasi ini mengambil sumber dari situs-situs besar, seperti Wikipedia, WordNet, dan juga StarDict. Jadi, semua kata yang ada di dalamnya cukup akurat ejaan dan maknanya. Aplikasi ini sendiri sudah diinstall lebih dari 5 juta pengguna di Google Play Store.

3. Drops: Learn Japanese language, kanji and hiragana

Drops: Learn Japanese language, kanji and hiragana
Drops: Learn Japanese language, kanji and hiragana

Ingin belajar Bahasa Jepang dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan? Kalau begitu kamu wajib menginstall aplikasi benama Drops: Learn Japanese language, kanji and hiragana ini. Aplikasi besutan Language Drops ini menyuguhkan fitur permainan yang isinya tidak jauh dari pembelajaran Bahasa Jepang. Jadi, kamu tidak akan pernah bosan belajar Bahasa Jepang dari aplikasi ini.

Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini lebih berfokus pada kosakata dan kalimat dibandingkan tata bahasa. Di dalamnya sudah disediakan sekitar 99 topik dengan 1700 kata dan kalimat.

4. Laern Japanese Offline

Laern Japanese Offline
Laern Japanese Offline

Sesuai dengan namanya, aplikasi belajar Bahasa Jepang di android satu ini bisa kamu jalankan tanpa terhubung ke jaringan internet. Aplikasi buatan ufostudio ini hadir untuk kalian yang ingin belajar Bahasa Jepang sendiri tanpa bimbingan orang lain. Di dalamnya sudah disediakan sekitar 1000 kata dan frasa Bahasa Jepang yang bisa kamu pelajari.

Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi Learn Japanese Offline isinya lebih ke kata ungkapan Bahasa Jepang. Karena itulah, sangat cocok bagi kalian para pelajar atau yang ingin berkunjung ke Jepang sekedar untuk liburan.

5. Belajar Bahasa Jepang 6k Kata

Belajar Bahasa Jepang 6k Kata
Belajar Bahasa Jepang 6k Kata

Aplikasi berikutnya ini juga sangat cocok digunakan bagi kalian yang ingin belajar Bahasa Jepang sendiri. Sesuai dengan judulnya, di dalam aplikasi ini memang disediakan sekitar 6.000 kata Bahasa Jepang yang bisa kamu pelajari. Kata-kata yang disediakan meliputi kata-kata umum yang digunakan sehari-hari.

Menariknya lagi, di dalam aplikasi ini tersedia 3 tingkatan pembelajaran, yakni bagi pemula, menengah dan juga lanjutan. Di dalam aplikasi juga disediakan gambar untuk setiap kata yang disediakan, jadi akan mempermudah kamu dalam menguasainya. Aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh developer bernama FunEasyLearn yang sudah diinstall lebih dari 1 juta kali di Google Play Store.

6. Tandem Language Exchange: Speak & learn languages

Tandem Language Exchange: Speak & learn languages
Tandem Language Exchange: Speak & learn languages

Jika kamu mencari aplikasi untuk belajar Bahasa Jepang yang dilengkapi banyak fitur menarik, aplikasi Tandem bisa kamu jadikan pilihan. Tandem sebenarnya tidak hanya khusus untuk mempelajari Bahasa Jepang saja, melainkan bahasa lain yang ada di dunia. Totalnya ada sekitar 150 bahasa asing dengan 2500 kombinasi bahasa.

Melalui aplikasi ini kamu bisa dengan mudah paham Bahasa Jepang. Pasalnya, aplikasi ini dilengkapi fitur menarik, seperti voice note, video, chat, dan juga pesan yang tersaji dalam bentuk gambar dan audio. Aplikasi Tandem ini sendiri dikembangkan oleh developer bernama Tripod Technology GmbH, yang mana sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store.

7. Belajar Bahasa Jepang: Bicara, Membaca

Belajar Bahasa Jepang: Bicara, Membaca
Belajar Bahasa Jepang: Bicara, Membaca

Dan aplikasi belajar Bahasa Jepang di android yang populer digunakan terakhir adalah Belajar Bahasa Jepang: Bicara, Membaca. Aplikasi besutan LuvLingua ini mengusung konsep tampilan yang lebih fun dan mudah dipahami. Dengan begitu, kamu tidak akan dibuat cepat bosan dengan aplikasi ini.

Untuk mempermudah pemahaman mengenai Bahasa Jepang, aplikasi ini menyediakan 3 elemen pembelajaran yakni gambar, teks dan juga audio. Di dalamnya sudah disediakan sebanyak 200 pelajaran Bahasa Jepang yang harus kamu pahami. Menariknya lagi, ada pula fitur permainan animasi yang membuat aktivitas belajar lebih menyenangkan.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi belajar Bahasa Jepang di smartphone android yang bisa kamu gunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?