7 Aplikasi Belajar Bahasa Arab di Android Terbaik 2020

Aplikasi Belajar Bahasa Arab di Android – Bagi umat muslim, belajar Bahasa Arab mungkin menjadi hal yang paling dianjurkan atau bahkan bersifat wajib. Memahami Bahasa Arab membuat kita umat muslim mengerti makna saat membaca al-qur’an. Dengan begitu, kita bisa lebih memperdalam lagi kekhusu’-kan saat membaca serta bisa mengamalkan segala isi al-qur’an tersebut. Tetapi, tentunya tidaklah mudah untuk belajar Bahasa Arab tersebut, karena memang kosakatanya sangat berbeda jauh dengan Bahasa Indonesia.

Aplikasi Belajar Bahasa Arab di Android
Aplikasi Belajar Bahasa Arab di Android

Di era modern seperti sekarang ini semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Khususnya untuk belajar Bahasa Arab, kamu juga bisa dengan mudah mempelajarinya dengan cepat dan mudah juga. Tidak lain di sini kamu menggunakan bantuan smartphone android. Di smartphone android kamu memungkinkan menginstall beragam aplikasi hiburan hingga edukasi. Termasuk juga aplikasi untuk belajar Bahasa Arab tersedia di HP android.

Baca Juga:

Berbicara mengenai aplikasi buat belajar Bahasa Arab di android jumlahnya cukup banyak. Semua aplikasi tersebut pastinya memiliki keunggulan tersendiri. Beberapa aplikasi bahkan mengklaim mampu membuat penggunanya lancar berbahasa Arab dalam waktu singkat. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi belajar Bahasa Arab di android paling populer yang bisa kamu gunakan.

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Arab di Android Terbaik 2020

1. Duolingo

Rekomendasi aplikasi belajar Bahasa Arab di HP android yang pertama adalah Duolingo. Aplikasi satu ini memang dikhususkan bagi pengguna yang ingin belajar Bahasa Asing di dunia. Di dalamnya tersedia pula fitur yang memungkinkan penggunanya belajar Bahasa Arab dengan mudah dan cepat. Aplikasi satu ini sangat cocok digunakan oleh pemula yang ingin belajar Bahasa Arab khususnya.

Di sini kamu bisa mempelajari kosakata yang ada dalam Bahasa Arab. Selain itu, tersedia pula fitur pengucapan bahasa dalam bentuk audio, jadi kamu bisa langsung mempraktekkannya. Yang paling menarik lagi, di dalam Duolingo ini juga disediakan permainan-permainan ringan yang tentunya masih berhubungan dengan pembelajaran Bahasa Arab.

2. Kamus Arab Indonesia

Kamus Arab Indonesia
Kamus Arab Indonesia

Yang kedua ada aplikasi Kamus Arab Indonesia yang juga sangat efektif untuk membantu kamu mempelajari Bahasa Arab. Dari kamus ini kamu bisa mempelajari kata dengan kata dalam Bahasa Arab. Hadir dalam bentuk digital, Kamus Arab Indonesia ini memiliki tampilan yang lebih simple dan nyaman digunakan.

Di dalamnya juga sudah disediakan fitur untuk mencari kata-kata dalam Bahasa Arab. Setelah menemukannya, di sana juga akan dijelaskan lebih rinci mengenai kata dalam Bahasa Arab tersebut. Aplikasi Kamus Arab Indonesia ini sendiri sangat cocok untuk semua kalangan, baik pemula ataupun yang sudah mahir berbahasa Arab.

3. Google Translate

Google Translate
Google Translate

Kali ini ada aplikasi terbaik dari Google yang memungkinkan kita menerjemahkan berbagai bahasa yang ada di dunia, termasuk juga Bahasa Arab. Kamu bisa menginstallnya, kemudian langsung mengetikkan kata atau kalimat dalam Bahasa Indonesia untuk diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab. Tampilan antarmuka aplikasi sangat sederhana dan simple sehingga mudah digunakan.

Di dalam apliksi Google Translate ini disediakan beragam fitur menarik yang pastinya sangat berguna bagi penggunanya. Salah satunya adalah fitur memotret tulisan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa lain yang kamu inginkan. Misalnya saja saat jalan-jalan ke arab atau negara dengan mayoritas menggunakan Bahasa Arab. Anda cukup arahkan kamera HP ke tulisan arab yang tidak kamu mengerti melalui aplikasi ini, nantinya Google Translate akan langsung menerjemahkan ke Bahasa Indonesia misalnya.

4. Memrise

Memrise
Memrise

Layaknya aplikasi Duolingo, Memrise juga merupakan aplikasi populer yang menyediakan layanan untuk belajar bahasa asing di dunia. Di dalamnya juga menyediakan fitur untuk belajar Bahasa Arab yang mudah dan nyaman. Belajar Bahasa Arab melalui aplikasi ini memungkinkan kamu mendapatkan pembelajaran dari penutur asli. Pastinya kamu akan lebih mudah memahami apa yang sudah diberikan.

Di aplikasi ini kamu juga berkesempatan untuk menjadi pengisi suara. Menggunakan aplikasi Memrise ini akan membuatmu lebih mudah memahami kosakata dalam Bahasa Arab. Yang menarik lagi, di dalam aplikasi juga disediakan fitur permainan yang temanya masih tidak jauh dari pembelajaran Bahasa Arab.

5. Percakapan Bahasa Arab Lengkap

Percakapan Bahasa Arab Lengkap
Percakapan Bahasa Arab Lengkap

Belajar Bahasa Arab dari sebuah percakapan akan membuatmu lebih cepat memahami bahasa tersebut. Untuk mendapatkan sistem pembelajaran tersebut kamu disarankan untuk menginstall aplikasi bernama Percakapan Bahasa Arab Lengkap. Sesuai dengan namanya, di dalam aplikasi ini berisi berbagai percakapan sehari-hari dalam bentuk Bahasa Arab. Percakapan yang disediakan merupakan percapakan yang sering digunakan sehari-hari dan tentunya mudah untuk dipahami.

Aplikasi Percakapan Bahasa Arab Lengkap ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang masih pemula hingga menengah. Di dalamnya juga disediakan beragam fitur yang pastinya memudahkamu dalam belajar Bahasa Arab.

6. Belajar Bahasa Arab Praktis

Belajar Bahasa Arab Praktis
Belajar Bahasa Arab Praktis

Belajar Bahasa Arab Praktis juga merupakan aplikasi belajar Bahasa Arab di android terbaik dan populer digunakan. Di dalam aplikasi ini tersedia beragam kosakata yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan aplikasi ini memungkinkan kamu belajar tata bahasa arab yang baik dan benar dengan mudah.

Kosakata Bahasa Arab yang disediakan juga dilengkapi dengan gambar, sehingga kamu bisa dengan lebih mudah mengingatnya. Aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang masih pemula.

7. Learn Arabic. Speak Arabic

Learn Arabic. Speak Arabic
Learn Arabic. Speak Arabic

Dan aplikasi belajar Bahasa Arab di smartphone android yang terakhir adalah Learn Arabic. Speak Arabic. Aplikasi satu ini mengusung tampilan yang sederhana serta konsep pembelajaran Bahasa Arab yang menarik dan mudah dimengerti. Menggunakan aplikasi ini akan membuatmu lebih cepat mahir berbahasa Arab.

Di dalamnya disediakan banyak sekali fitur menarik yang pastinya memanjakan para penggunanya. Salah satu fitur menarik di dalamnya yakni fitur percakapan. Di sini kamu akan mengambil bagian untuk terlibat dalam sebuah percakapan dalam Bahasa Arab pastinya. Selain itu, disediakan pula beragam kosakata dan kalimat dalam Bahasa Arab. Dan juga memungkinkan kamu belajar berbicara frasa Bahasa Arab yang mudah.

Penutup

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi belajar Bahasa Arab di android terbaik dan populer digunakan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.